5 Contoh Tumbuhan Xerofit Beserta Penjelasannya (lengkap)

5 Contoh Tumbuhan Xerofit Beserta Penjelasannya (lengkap)

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Contoh Tumbuhan Xerofit yang banyak ditemukan di daerah panas yang dapat di manfaatkan untuk obat atau bahkan menjadi sebuah makanan.

Dengan banyaknya tumbuhan yang hidup di muka bumi ini maka kamu perlu mengetahui jenis-jenis tumbuhan tersebut termasuk ke dalam jenis tumbuhan apa dan apa manfaatnya ? untuk mengetahui lebih jelas mengenai tumbuhan xerofit simak sampai selesai pada artikel Media Mustakim pada kesempatan kali ini.

Pengertian Tumbuhan Xerofit

Tumbuhan xerofit merupakan tumbuhan yang hidup di daerah kering, panas atau pun tandus seperti daerah gurun atau padang pasir yang hanya memiliki curah hujan yang sedikit.

Dengan dapat hidupnya tumbuhan xerofit pada daerah yang kering dan tandus dengan begitu tumbuhan exerofit adalah tumbuhan yang dapat beradaptasi pada habitat yang kering dengan mekanisme memiliki kemampuan mencegah dan menyimpan air pada batang tubuh.

Tumbuhan xerofit yang memiliki yang khas dan berbeda dari tumbuhan lainnya dapat diketahui dan di lihat dari ciri-ciri dan manfaat dari tumbuhan xerofit tersebut.

Ciri-ciri Tumbuhan Xerofit

Tumbuhan xerofit yang dapat hidup pada daerah yang kering atau tandus sehingga tumbuhan xerofit tersebut akan memiliki ciri-ciri sebagai berikut di bawah ini;

  • Tumbuhan xerofit akan memiliki bagian daun yang kecil
  • Tumbuhan xerofit yang memiliki stomata akan berada pada bagian bawah permukaan daun
  • Tumbuhan xerofit akan memiliki bagian akar yang luas dari batang tubuhnya
  • Tumbuhan xerofit akan memiliki bagian batang tubuh yang besar
  • Batang tubuh tumbuhan xerofit akan memiliki batang besar yang di tutupi lapisan lilin.
  • Tumbuhan xerofit akan memiliki Kutikula yang besar
  • Ada beberapa jenis tumbuhan xerofit yang memiliki stomata yang dapat terutup dan terbuka
  • Tumbuhan xerofit memiliki stomata pada bagian bawah daun yang tidak langsung terkena sinar matahari

Contoh Tumbuhan Xerofit

Ada banyak jenis tumbuhan yang termasuk tumbuhan xerofit yang dapat dimanfaatkan atau bahkan sebagai bunga perhiasan.Untuk jenis-jenis tumbuhan xerofit tersebut perhatikan pada poin-poin yang kami tulis sebagai berikut di bawah ini;

1. Lidah Buaya

Lidah buaya termasuk jenis tumbuhan xerofti karena dapat hidup dan ber adaftasi pada tanah yang kering dan panas. Selain itu lidah buaya juga sering ditemukan pada halaman rumah yang dimanfaatkan oleh manusia sebagai bunga hiasan dan ada juga yang memanfaatkan sebagai bahan obat untuk mempercepat penyembuhan luka.

Selain itu ada banyak manfaat lainnya tumbuhan lidah buaya yang dapat digunakan dan dimanfaatkan oleh manusia selain untuk obat mempercepat penyembuhan luka dan perhiasan yang akan lebih kami jelaskan pada bagian manfaat dari tumbuhan xerofit.

2. Kaktus

Kaktus merupakan jenis tumbuhan yang termasuk tumbuhan xerofit karena kaktus dapat hidup dan sering ditemukan pada daerah yang kering dan panas seperti gurun atau tempat yang kurang dari curah hujan.

Kaktus yang memiliki daun tebal dan lebar serta memiliki stomata yang dapat digunakan untuk adaptasi ditempat yang kering, dan memiliki akar yang panjang yang untuk menyerap air. Selain itu ciri-ciri khusus dari tumbuhan kaktus yaitu dipenuhi dengan duri.

3. Pohon Kurma

Pohon kurma yang sudah tidak asing lagi yang sering kita kenal dari negara kawasan tengah tersebut, pohon kurma merupakan bagian dari tumbuhan jenis xerofit karena pohon kurma mampu beradaptasi hidup pada tempat yang kering maupun sangat tandus, pohon kurma juga termasuk kedalam jenis tumbuhan palem.

Pohon kurma agar hidup dengan optimal membutuhkan musim panas yang lama dengan curah hujan karena iklim tersebut dibutuhkan oleh pohon kurma pada saat penyerbukan bunga sampai musim panen.

4. Adenium

Tumbuhan xerofit yang satu ini sering dimanfaatkan oleh manusia sebagai tanaman hiasan karena memiliki bentuk dan warna bunga yang berbeda, Adenium yang dapat hidup di kawasan yang panas dan kering selain digunakan sebagai tanaman hiasan juga dapat dimanfaatkan sebagai obat.

Adenium yang dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk merawat telapak kaki yang kena jamur atau pecah-pecah, kaki yang terkena jamur yang pecah-pecah tersebut biasanya banyak orang yang sering masuk air atau pun pada saat musim panas, hal tersebut dapat diobati dengan adenium.

Selain dapat digunakan untuk mengobati kaki dan sebagai bunga hiasan masih banyak manfaat lainnya yang dapat dimanfaatkan dari jenis tumbuhan xerofit yang satu ini, yang akan kami jelaskan pada bagian manfaat tumbuhan xerofit.

5. Setawar

Setawar merupakan tumbuhan yang termasuk jenis tumbuhan xerofit karena daun setawar yang tebal serta dapat mengandung air serta di selaputi bahan berlilin untuk menjaga kadar kehilangan air. yang lebih unik dari tumbuhan setawar yaitu dari perkembangbiakannya.

Perkembangbiakan tumbuhan setawar tersebut berbeda dengan jenis tumbuhan xerofit lainnya karena dalam proses perkembangbiakan tumbuhan setawar yaitu menghasilkan anak poko pada tepi daunnya.

Cara Adaptasi Tumbuhan Xerofit

Dalam proses adaptasi tumbuhan xerofit yaitu dengan cara mengembangkan akar ke daerah lebih luas untuk dapat menyerap air lebih banyak ke dalam tubuh tumbuhan tersebut. Selain itu tumbuhan xerofit juga memiliki stomata yang dapat terbuka pada siang hari dan tertutup pada malam hari.

Stomata tumbuhan xerofit yang dapat tertutup pada siang hari yaitu untuk menghemat penguapan air dan akan terbuka pada malam hari yaitu untuk menyerap karbon dioksida. Selain itu stomata tumbuhan xerofit dapat menahan lebih banyak air dalam keadaan kering.

Tujuan Adaftasi Tumbuhan Xerofit

Ketika tumbuhan xerofit yang tinggal pada daerah kering atau tandus akan melakukan adaftasi dengan lingkungannya yaitu bertujuan untuk mengurangi proses penguapan air pada bagian batang atau tubuh tumbuhan xerofit tersebut agar dapat menyimpan air pada bagian tubuh tumbuhan xerofit tersebut.

Oleh karena itu tumbuhan xerofit dapat bertahan hidup di tanah kering atau tandus karena dapat menyesuaikan dengan daerah lingkungannya yang kering dan tandus serta pada bagian bawah daun memiliki stomata yang dapat terutup dan terbuka untuk menjaga dan menyesuaikan hidup tumbuhan xerofit tersebut.

Bentuk Adaftasi Tumbuhan Xerofit

Dalam adaftasi tumbuhan xerofit yang hidup di daerah kering atau panas yaitu bentuk adaftasi tumbuhan xerofit pada bagian daun atau batang pada tumbuhan xerofit tidak akan berbentuk seperti daun tumbuhan yang semestinya melainkan akan berubah yaitu daun akan dipenuhi dengan bertumbuh nya duri.

Dengan berubah bentuknya dalam adaptasi tumbuhan xerofit dengan Daun di penuhi duri yaitu untuk mengurangi proses pengucapan air dan mencegah kehilangan air pada tubuh tumbuhan xerofit tersebut.

Manfaat Tumbuhan Xerofit

Tumbuhan xerofit yang dapat hidup dan mampu beradaptasi pada tempat yang kering dan tandus selain dapat digunakan sebagai hiasan dan makanan juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan obat-obatan.

Obat yang dapat di manfaatkan dari tumbuhan jenis xerofit yang kami bahas pada kesempatan kali ini yaitu sebagai obat penyembuh luka, obat sakit gigi, menjaga konsentrasi, menjaga kesehatan mental, meningkatkan kualitas tidur, perawatan kulit dan masih banyak manfaat yang lainnya.

Namun jika ingin menggunakan atau memanfaatkan tumbuhan xerofit sebagai bahan makanan atau obat-obatan kami menyarankan jangan coba-coba memakan atau digunakan sebagai obat jika belum mengetahui tumbuhan yang sesungguhnya atau pun cara pengobatannya.

Kesimpulan

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai contoh, ciri-ciri dan manfaat dari tumbuhan jenis xerofit yang dapat hidup di daerah kering , panas dan tandus tersebut yang banyak manfaatnya. Sekian kami ucapkan terimakasih karena telah membaca artikel Media Mustakim sampai selesai.

Seorang guru di pelosok Garut yang punya hobi menulis dan coba menuangkannya ke dalam blog. Terimakasih sudah membaca artikel dan tulisan sederhana saya di sini.

Artikel Menarik Lainnya: