FF Bakal Dihapus dari Indonesia? Cek Faktanya di Sini!

FF Bakal Dihapus dari Indonesia

Free Fire merupakan game mobile dengan genre battleground, game ini rilis di Indonesia pada tahun 2017 lalu dan memiliki banyak peminat.

Namun tahukah kamu? Bahwa akhir-akhir ini banyak berita yang beredar bahwa game FF bakal dihapus dari Indonesia. Ya, game ini banyak membuat kontroversial karena beberapa hal yang dikaitkan.

Dengan demikian, apakah benar game Free Fire akan dihapus ataupun diblokir dari Indonesia? Untuk mengetahui jawaban sebenarnya, mari perhatikan pembahasan selengkapnya pada artikel berikut ini.

Apa Benar FF Akan Di Hapus di Indonesia?

Berdasarkan beberapa berita yang saya temukan, memang benar bahwa berita atau rumor game Free Fire tersebut akan diblokir dari Indonesia pada tahun 2021 hingga 2022 dengan berbagai alasan.

Namun Garena selaku developer game Free Fire langsung memberikan klarifikasi mengenai isu atau rumor yang mengatakan Free Fire akan diblokir bahwa itu Hoax dan Free Fire tidak akan dihapus dari Indonesia.

Isu Pemerintah Indonesia Akan Hapus Game FF

Berita atau rumor mengenai game Free Fire akan dihapus di Indonesia ini mulai beredar pada tanggal 18 Mei 2021 karena banyaknya hal atau unsur negatif yang dihasilkan dari game mobile Free Fire tersebut.

Sebelumnya pun pada tahun 2019 Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh membuat fatwa bahwa game mobile battleground Free Fire haram hukumnya untuk dimainkan setiap orang.

Penyebab Munculnya Isu Game FF Bakal Dihapus dari Indonesia

Lantas hal apa saja yang menyebabkan munculnya isu atau rumor bahwa game Free Fire ini akan dihapus dari Indonesia? Berikut ini saya memiliki beberapa faktor dari penyebabnya muncul rumor tersebut.

1. Sangkut Paut Terorisme di Christchurch Selandia Baru

Yang pertama yaitu bersangkutan dengan fatwa yang dikeluarkan oleh Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh di tahun 2019 lalu. Hal ini muncul karena tindakan terorisme di di Christchurch Selandia Baru.

Dengan begitu MPU Aceh menetapkan bahwa game mobile bergenre battleground ini haram dimainkan karena mengandung unsur kekerasan di dalam game seperti saling membunuh setiap pemain.

2. Emoticon Style Push Up Viral di Sosial Media

Selanjutnya yaitu dengan viralnya video dari emoticon style push up di Free Fire yang dipraktekkan oleh anak kecil saat sedang beribadah sholat. Hal ini menjadi salah satu alasan kuat Free Fire akan diblokir.

3. Mengandung Unsur Kekerasan

Game mobile Free Fire pun dituntut untuk diblokir karena menampilkan unsur kekerasan di dalam game. Contohnya seperti saling membunuh setiap pemain dengan berbagai jenis senjata yang disediakan.

4. Keraguan akan Legalitas Free Fire

Keraguan pun muncul dan dipertanyakan oleh berbagai pihak terutama Kominfo. Karena sebelumnya terdapat rumor juga terkait Free Fire belum terdaftar di PSE Kominfo Indonesia.

5. Membuat Anak Malas Belajar

Faktor yang menjadi alasan FF bakal dihapus dari Indonesia yang terakhir yaitu dikarenakan membuat anak-anak malas belajar dan mengutamakan bermain Free Fire.

Mungkinkah Game FF Akan Dihapus dari Indonesia?

Menurut saya sendiri, game Free Fire tidak akan dihapus dari Indonesia dikarenakan munculnya klarifikasi dari Garena sebagai developer Free Fire yang mengatakan jika semua berita itu hanyalah rumor semata.

5 Alasan Kuat Kenapa FF Tidak Akan Dihapus dari Indonesia Versi Saya

Setelah kamu mengetahui bahwa game mobile genre battleground Free Fire tersebut tidak akan dihapus ataupun diblokir. Semua itu dikarenakan Free Fire memiliki beberapa alasan kuat tidak diblokir.

Lalu hal-hal apa saja yang membuat game Free Fire ini tidak akan diblokir? Simak beberapa poin uraian mengenai alasan Free Fire tidak akan dihapus dari Indonesia menurut versi saya di bawah ini:

1. Tim ESport Free Fire Indonesia di 5 Besar FFWS

Alasan kuat yang pertama yaitu pada tahun 2022 lalu tim ESport game Free Fire berhasil masuk ke 5 besar event Free Fire World Series (FFWS). Yang mana hal ini merupakan salah satu kebanggaan untuk Indonesia.

2. Free Fire Memenuhi Regulasi di Indonesia

Kemudian game Free Fire pun sudah memenuhi persyaratan regulasi dasar di Indonesia. Dan juga game tersebut sudah terdaftar di PSE Kominfo. Maka kemungkinan Free Fire diblokir sangatlah kecil.

3. Menjadi Game Nomor 1 di Indonesia

Free Fire pun sempat menduduki kelals teratas menjadi game nomor 1 di Indonesia pada tahun 2021 lalu. Hal ini menjadi alasan kuat pemerintah tidak akan memblokir game Free Fire dari Indonesia.

4. Kolaborasi dengan Aktor Indonesia

Game Free Fire juga pernah berkolaborasi dengan salah satu aktor kelas Internasional asal Indonesia yaitu Joe Taslim. Dan menjadikan Brand Ambassador serta memiliki karakter di game bernama Jota.

5. Memiliki Banyak Event Menarik

Terakhir yaitu Free Fire kerap menghadirkan beberapa event menarik setiap minggu, bulanan. Hal ini tentunya membuat semakin banyak pemainnya di Indonesia.

Gimana Menurut mu? Apakah Game FF Bakal Dihapus dari Indonesia?

Tentu saja game mobile battleground Free Fire ini tidak akan dihapus ataupun diblokir oleh pemerintah Indonesia. Ini dikarenakan Garena sebagai developer pun mengklarifikasi jika Free Fire tidak akan diblokir.

Seperti beberapa informasi yang sudah disebutkan di atas sebelumnya bahwa game mobile Free Fire ini tidak akan diblokir karena memiliki berbagai fakta dan juga alasan kuat bahwa itu hanya sekedar rumor.

Kesimpulan

Dengan informasi pembahasan di atas tadi mengenai game FF bakal dihapus dari Indonesia maka dapat ditarik kesimpulan bahwa game Free Fire tidak akan dihapus karena hal tersebut hanya sekedar Hoax.

Ditambah dengan banyaknya hal positif yang sudah dipenuhi oleh game Free Fire. Maka kemungkinan untuk diblokir dari Indonesia ini sangatlah kecil dan semua informasi terkait dihapus pun tidak benar.

Artikel Menarik Lainnya: