5 Jenis Ketukan Style Pada Drum dan Cara Mainnya

5 Jenis Ketukan Style Pada Drum dan Cara Mainnya

Bagi kamu yang baru mau belajar memainkan alat musik drum, pahami dulu jenis ketukan style pada drum. Alat musik drum sangat penting untuk menciptakan musik lebih hidup dan nyaman di dengar.

Melalui artikel ini, kamu akan mengenal bagian dari alat musik drum, jenis ketukan style pada drum, hingga cara memainkannya.

Mengenal Bagian-Bagian Alat Musik Drum

Sebelum mengenal jenis ketukan style pada drum, kenali dulu beberapa bagian yang ada dalam alat musik tersebut. Berikut ini daftar lengkap mengenai bagian penting di dalam drum.

5 Jenis Ketukan Style Pada Drum dan Cara Mainnya

Sumber http://kabarbaruku.blogspot.com/2015/11/dasar-bermain-drum-teknik-tips-trik.html

1. Cymbal

Cymbal merupakan bagian yang penting di dalam alat musik drum, bentuknya bulat dan terbuat dari logam kuningan. Terdapat 3 jenis cymbal dalam alat musik drum yakni ride cymbal, hit hat cymbal, serta crash cymbal.

2. Bass Drum

Alat perkusi yang berukuran besar di dalam drum set dikenal dengan bass drum. Dalam permainan alat musik, bass drum ini berfungsi untuk membentuk ritme, tempo, serta menjaga tempo.

Bass drum sangat penting terutama dalam membentuk tempo maupun ritme dalam pada musik rock maupun heavy metal.

3.  Tom Tom

Tom tom merupakan salah satu bagian di dalam drum yang bisa membuat ketukan baru seperti fill, fill in, serta roffle. Terdapat beberapa variasi ukuran tom tom mulai dari small, middle, serta large tom atau floor tom.

4. Snare Drum

Berikutnya dikenal dengan snare drum fungsinya sama dengan bass drum. Akan tetapi ukuran snare drum beragam mulai dari biasa, tebal, tipis piccolo, dan tipis  soprano. Bagian ini sangat penting karena basis maupun gitaris bergantung pada ketukan snare drum.

Jenis Ketukan Style pada Drum yang Wajib Diketahui

Setelah mengenal bagian alat musik drum, berikutnya kamu tidak akan terlalu bingung saat memahami jenis ketukan style pada drum. Kamu bisa langsung praktik agar lebih mahir.

1. Style Swing Jazz

5 Jenis Ketukan Style Pada Drum dan Cara Mainnya

Sumber https://tambahpinter.com/ketukan-style-pada-drum/#Style_Swing_Jazz

Untuk menentukan rasa dalam aliran musik jazz, kamu harus mempelajari style ketukan untuk aliran jazz. Jenis ketukan style jazz lebih sering menggunakan ride Cymbal.

Pada hitungan 1 gunakan not 1/4, kemudian hitungan 2 dengan pecahan 1/8 triplet. Triplet atau tiga not dibaca mulai dari one, two tri let, dan seterusnya.

Style jazz menggunakan hitungan two tri plet, cara membacanya one, two let, three, four let. Pola ini harus terus di ulang sampai membentuk style swing jazz.

2. Style Pop Rock

5 Jenis Ketukan Style Pada Drum dan Cara Mainnya

Sumber https://tambahpinter.com/ketukan-style-pada-drum/#Style_Swing_Jazz

Jenis ketukan style pada drum yang satu ini sangat mudah dipahami. Style pop/rock sangat berkaitan dengan aliran musik rock yang menjadi dasar bagi para drummer saat mempelajari alat musik ini.

Untuk ketukan lagu pop menggunakan irama 4/4 dengan hitungan 1 dan 3 pada bass drum. Selain itu, pada snare drum hitungannya pada ke 2 dan 4. Untuk pola hit hat menggunakan not 1/8.

Ketukan style ini cukup variatif, ketika memainkan bass drum pada pecahan 1/8, ketika mengetuk hit hat pun menggunakan not 1/8. Namun, variasi tersebut akan berbeda mengikuti kebutuhan lagu yang dimainkan.

3. Style Reggae

5 Jenis Ketukan Style Pada Drum dan Cara Mainnya

Sumber https://tambahpinter.com/ketukan-style-pada-drum/#Style_Swing_Jazz

Style reggae sangat populer serta unik, musik yang santai dan menenangkan ini sering dijadikan pelengkap saat berkumpul dengan banyak orang. Pada style reggae cukup menekankan ketukan pada snare drum.

Selain menekankan pada snare drum, ketukan ini menggunakan hit hat dengan penggunaan not 1/4. Pada hitungan ke 1, 2, 3, serta 4 kamu harus memainkan satu ketukan hit hat.

Ketukan style ini juga ditandai dengan bass drum yang jatuh pada hitungan ke 3. Sementara itu pada variasi lainnya snare dan crash dijatuhkan pada hitungan ke 1.

4. Style Disco

5 Jenis Ketukan Style Pada Drum dan Cara Mainnya

Sumber https://tambahpinter.com/ketukan-style-pada-drum/#Style_Swing_Jazz

Style disco merupakan salah satu jenis ketukan drum klasik. Ciri khas terlihat pada saat bass drum, snare drum, serta hit hat dimainkan secara bersamaan pada hitungan 2 dan 4.

Perhatikan pada tanda > di atas not, terdapat aksen pada hit hat cymbal setiap hitungan and. Maksudnya, agar permainan lebih kencang sehingga suara dari not dijadikan penekanan.

Ketika bermain style ini, kamu akan melihat tutup maupun buka hit hat menggunakan pedal. Ciri khas lainnya, style menggunakan hitungan 1/8 dengan pola one “and” two “and” three “and” dan seterusnya.

5. Style Latin Bossa Nova

5 Jenis Ketukan Style Pada Drum dan Cara Mainnya

Sumber https://tambahpinter.com/ketukan-style-pada-drum/#Style_Swing_Jazz

Kalau kamu ingin mempelajari style bossa nova maka kenali dulu ciri khasnya. Ciri khas dari ketukan style terletak pada penggunaan not pecahan 1/6. Sementara itu  pola hitungan one “e” “and” “a”, two “e” “and” “a”, dan seterusnya.

Nantinya, bass drum akan jatuh pada one “a”, two “a”, dan terus mengikuti irama. Sementara itu, pola snare drum terdiri dari one “a”, “and”, “and”, dan “e”.

Cara Bermain Drum untuk Pemula

Berikut ini beberapa langkah mudah bagi pemula yang mau mulai bermain drum.

1. Pilih Stick Drum yang Tepat

Langkah pertama, kamu harus memilih stick drum yang tepat agar permainan lebih nyaman. Saat ini, ada beberapa jenis stick drum yang terbuat dari kayu, brush, nylon, mallet, serta bundle.

Beberapa drummer sangat nyaman dengan penggunaan stick mallet walaupun mempunyai ukuran kepala yang lebih besar. Suara yang dihasilkan dari ketukan stick mallet lebih besar.

2. Pahami Teknik Memegang Stick

Kamu dapat memegang stick secara modern grip atau matched grip. Caranya sangat mudah di mana posisi tangan dan kiri berada pada gesture yang sama.

Untuk lebih maksimal, kamu harus memposisikan stick drum seperti di genggam dengan jari telunjuk dan tengah untuk menopang. Sementara itu posisi ibu jari menahan di atas.

3. Pahami Teknik Heel Up dan Heel Down

Tak hanya mengenal jenis ketukan style pada drum, kamu juga harus memahami teknik heel up. Heel up dalam permainan drum merupakan cara kamu menempatkan posisi tumit secara diangkat agar bagian depan kaki menjadi tumpuan.

Selain heel up, kamu juga harus paham heel down yakni menempelkan tumit atau telapak kaki pada pedal. Saat bermain drum, biasanya drummer akan mengganti posisi heel up maupun heel down secara bergantian.

4. Sering Berlatih

Selanjutnya, kamu juga harus menguasai permainan drum dengan berlatih. Pelajari tempo ketukan, style, pahami cara membaca not, dll. Selain itu, kamu disarankan agar berlatih dengan bantuan metronome dan stick.

Kamu bisa berlatih di rumah kalau belum ada drum, dapat menggunakan drum pad. Biasakan diri kamu mengetuk dan mempelajari kecepatannya. Untuk pemula, mulai dengan ketukan 50-60 BPM atau beat per minute.

Akhir Kata

Main drum tidak sekadar asal pukul pada cymbal tapi membutuhkan pemahaman jenis ketukan hingga paham hitungan not. Kamu bisa membuka tutorial dari internet untuk memudahkan ketika berlatih.

Pelajari ketukan style lagu-lagu dasar mulai dari pop, rock, nanti bisa menyesuaikan kalau sudah mahir mengatur tempo.

Artikel Menarik Lainnya: