8 Kerajinan dari Bahan Buatan dan Cara Membuatnya

8 Kerajinan dari Bahan Buatan dan Cara Membuatnya

Membuat kerajinan dari bahan buatan kiranya bisa dilakukan dengan bahan alami, atau bahkan yang persis dibuat oleh manusia. Baik itu menggunakan mesin atau bahkan manual.

Kerajinan yang dibuat biasanya akan memiliki nilai estetika dan tentu jadi memiliki nilai jual. Ada banyak contoh bahan buatan sehingga bisa jadi kerajinan. Kamu bisa memanfaatkan atau melakukannya untuk mengisi waktu luang, bahkan diperjual belikan.

Contoh Kerajinan dari Bahan Buatan yang Mudah Dijumpai

Bila kamu memiliki ketertarikan untuk membuat sebuah kerajinan dari bahan buatan, tentu harus mempersiapkan bahan serta tahu teknik pembuatannya bagaimana. Sehingga kerajinannya bisa bernilai, baik itu secara materi atau bahkan non materi.

1. Bahan Lilin

Lilin merupakan benda yang memiliki manfaat tinggi, pun tentu memiliki nilai guna. Sebelum ada listrik, lilin menjadi salah satu alat penerangan paling utama untuk di banyak wilayah.

Di samping fungsinya yang banyak, ternyata lilin pun dapat dijadikan sebagai bahan untuk membuat sebuah kerajinan. Bahkan kerajinan dari bahan buatan ini terbilang mudah dibuat dan dilakukan.

Kamu perlu mencairkan lilinnya terlebih dahulu, kemudian siapkan cetakan sebagai media untuk mencetak lilinnya tersebut.

Selanjutnya masukkan sumbu lilin ke dalam cetakan, bila proses pemanasan sudah berlangsung dan lilin telah mencair. Maka tuang cairannya ke dalam cetakan, kemudian tunggu hingga lilin kembali mengeras.

2. Bahan Plastik

Plastik ternyata bisa dijadikan sebagai bahan yang dimodifikasi, dan tentu dapat memberikan nilai manfaat tersendiri. Sebab plastik sendiri tergolong bahan yang sulit untuk terurai, sehingga agar jadi nilai manfaat dapat digunakan untuk membuat kerajinan.

Misalnya saja dengan memanfaatkan gelas plastik, botol bekas air mineral, atau bahkan kemasan plastik makanan. Dari bahan buatan tersebut, kamu dapat membuatnya menjadi dompet, bahkan dompet sampai tempat pensil.

3. Sabun Batangan

Benar, ternyata sabun yang biasa kamu gunakan untuk keperluan mandi sehari-hari. Dapat dijadikan sebagai bahan untuk sebuah kerajinan yang unik.

Nanti kamu bisa membuatnya dengan dua teknik pembuatan, yakni teknik ukir serta teknik cetak. Dengan teknik ukir, kamu dapat mengukir sabunnya dengan pola tertentu dan dengan teknik cetak, kamu bisa memarut sabun, kemudian mencampurkannya dengan air bahkan sagu.

4. Gypsum atau Gips

Merupakan bahan mineral yang memiliki sifat tidak gampang larut dalam air. Gypsum sendiri mengandung zat beragam, seperti hidrat kalsium sulfat, nitrat hingga karbonat.

Kerajinan gypsum sangat terkenal, biasanya diminati oleh perajin di Indonesia. Kamu hanya perlu memikirkan bagaimana modelnya, kemudian buat bubur gypsum dengan campuran gips serta air. Perbandingannya 2:1, tuang bubur gips ke dalam cetakan berbahan silikon rubbers. Tunggu sampai bahan gips mengeras, lalu kamu dapat melepaskannya dari cetakan hingga berbentuk sempurna.

5. Kain

Kemudian kerajinan dari bahan buatan selanjutnya adalah kain, memiliki nilai juga dan tentu saja memiliki nilai estetik. Untuk membuat kerajinannya, kamu dapat memanfaatkan kain perca dengan jumlah yang biasanya jauh lebih terjangkau.

Dalam proses pembuatan kerajinan ini, pastikan kamu sudah membuat sketsanya terlebih dahulu. Kemudian potong dan jahit menjadi bentuk sesuai sketsa, hasil kerajinan dari bahan kain ini beragam. Bisa menjadi keset, tas dan tentu saja menjadi nilai guna.

6. Kaca

Contoh kerajinan kaca yang mudah dijumpai, pun bahkan kamu sendiri memilikinya. Adalah akuarium, vas bunga kaca, atau bahkan lampu.

Teknik pembuatannya bervariasi, bisa dilakukan dengan teknik cold working, fusing, hot sclupting, hingga slumping dan flameworking.

7. Clay

Berasal dari bahasa inggris, yang berarti tanah liat. Di Indonesia sendiri banyak pengrajin yang menggunakan tanah liat untuk diubah menjadi nilai jual, yang tentu nilai jualnya sendiri tidak murah.

Para pengrajin, atau kamu sendiri dapat mengubah clay menjadi bentuk yang sesuai keinginan. Misalnya saja menjadikannya berbentuk buah-buahan, hewan atau bahkan bentuk lain yang menjadi nilai guna.

Tidak jarang ditempat pengrajin, bahan tanah liat akan menjadi vas bunga atau bahkan wadah-wadah lainnya.

8. Bubur Kertas

Kiranya kamu saat duduk di bangku sekolah dasar pernah diberikan tugas membuat kerajinan menggunakan bubur kertas. Kerajinan dari bahan buatan ini dibuat dengan teknik penghancuran kertas menggunakan air, sehingga nampak menjadi bubur.

Kebanyakan jenis kertas yang digunakan untuk kerajinan adalah berupa kertas koran. Teknik pembuatannya, pertama kamu harus mempersiapkan koran bekas, lem rajawali, ember, gunting dan juga air.

Gunting kertas menjadi kecil, direndam pada ember yang sudah terisi air dan jika ingin maksimal harus direndam semalam penuh. Keringkan terlebih dahulu kertas dengan menyisakan sedikit air, tambahkan lem dan bentuk sesuai keinginan.

Kesimpulan

Ternyata membuat kerajinan dapat dilakukan dengan memanfaatkan banyak jenis bahan. Bahkan bahan yang memang sengaja disediakan atau bahkan bahan bekas.

Walaupun demikian, kedua kerajinan dari bahan buatan tersebut dapat memberikan manfaat juga nilai tertentu secara khusus. Baik itu dapat menjadi nilai materi, atau bahkan nilai non materi. Di samping hal tersebut, Kamu sendiri dapat melakukannya dengan beragam jenis teknik berbeda, sehingga memberikan hasil bagus.

Artikel Menarik Lainnya: