KUR Bank Nagari: Syarat, Jenis, Biaya, dan Bunganya

KUR Bank Nagari : Syarat, Jenis, Biaya, dan Bunganya

Fasilitas KUR Bank Nagari jadi salah satu alternatif pendanaan yang dapat diperoleh Masyarakat khususnya Sumatera Barat. Sebagai Bank Pembangunan Daerah Sumatera Barat, Bank Nagari ikut berpartisipasi dalam kemajuan wilayah di Sumatera Barat lewat program dan fasilitas keuangannya.

Tahun 2023 ini, Bank Nagari mendapatkan alokasi Kredit Usaha Rakyat atau KUR sebesar 2,5 triliun rupiah. Nilai alokasi anggaran KUR tersebut akan disalurkan untuk beberapa sektor seperti usaha super mikro, usaha mikro, usaha kecil, dan usaha menengah.

Syarat Mendapatkan KUR Bank Nagari

Hadirnya KUR dari Bank Nagari tersebut dapat menjadi salah satu angin segar dalam hal pendanaan di Masyarakat. Para pelaku usaha yang sudah lama ada atau bahkan baru merintis dapat memanfaatkannya untuk lebih mengembangkan usahanya menjadi lebih baik.

1. Ketentuan umum pengajuan KUR dari Bank Nagari

Setiap orang dapat memperoleh KUR dari Bank Nagari tersebut asalkan memenuhi syarat dan ketentuannya. Berikut ini beberapa penjelasan mengenai syarat untuk mendapatkan KUR dari Bank Nagari yang perlu diperhatikan.

  • Tidak adanya pinjaman menunggak atau macet yang tercatat dalam data based Sistem Layanan Informasi Keuangan – Otoritas Jasa Keuangan atau sering disebutkan dengan SLIK-OJK
  • Memiliki KTP yang aktif dan valid
  • Memiliki usaha produksi yang sudah berjalan minimal 6 bulan
  • Sudah memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) atau bisa juga menggunakan surat keterangan usaha dari Wali Nagari/Kelurahan/Instansi yang punya wewenang mengeluarkannya
  • Mengikuti pendampingan dan pelatihan kewirausahaan yang diselenggarakan pemerintah
  • Memiliki anggota keluarga yang telat punya usaha produktif dan layak
  • Melakukan pinjaman KUR secara online lewat web Bank Nagari

2. Syarat Dokumen pengajuan KUR dari Bank Nagari

Selain ketentuan nasabah yang bisa mendapatkan KUR Bank Nagari di atas, ada syarat dokumen yang harus dipersiapkan dengan baik. Beberapa dokumen penting dalam proses pengajuan KUR dari Bank Nagari tersebut, seperti :

  • Form aplikasi yang sudah diisi lengkap
  • Fotocopy KTP pemohon beserta pasangannya
  • Fotocopy Kartu keluarga atau KK
  • Fotocopy Buku Nikah/Cerai
  • Pas foto berwarna baik pasangan maupun pemohon 4×6 sebanyak 2 lembar
  • Foto usaha jaminan minimal sebanyak dua lembar
  • Fotocopy kepemilikan agunan
  • Fotocopy buku tabungan Bank Nagari
  • Surat keterangan usaha yang asli

Syarat dan ketentuan KUR Bank Nagari tersebut dapat dipenuhi sebelum mengajukan. Pertanyaan terkait dengan syarat dan ketentuan KUR tersebut dapat diperoleh lewat cabang Bank Nagari terdekat.

Jenis KUR dari Bank Nagari

Seperti yang disebutkan di atas, KUR yang dimiliki oleh Bank nagari akan disalurkan untuk beberapa jenis pelaku usaha di Sumatera Barat. KUR dari Bank Nagari sendiri memiliki beberapa jenis yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan syaratnya. Berikut ini jenis KUR yang dimiliki oleh Bank Nagari.

1. KUR Reguler

KUR ini merupakan pinjaman dari bank Nagari yang diberikan kepada pelaku usaha UMKM dengan nilai maksimal sebesar 50 juta rupiah. Nilai yang akan diperoleh nasabah tersebut tergantung dari jaminan dalam proses pengajuannya.

Tenor maksimal dari pinjaman KUR Reguler bank Nagari ini maksimal 4 sampai 5 tahun. Dengan jangka waktu yang lama maka dapat membantu para pengusaha dalam mengembangkan usahanya dan menjalankan operasional lebih baik.

2. KUR Super Mikro

KUR yang diberikan dengan nilai plafon ini menyasar pada para pelaku usaha super mikro. KUR Bank Nagari ini maksimal plafonya sebesar Rp. 10.000.000 dengan tenor selama 3 sampai 5 tahun maksimal. KUR Super Mikro ini dibuat lebih fleksibel karena ada layanan pengajuan perpanjangan tenor hingga 7 tahun.

Bunga dan Biaya KUR dari Bank Nagari

Dalam proses pengajuan pinjaman KUR dari Bank Nagari Anda dapat memperoleh informasi lengkap terkait dengan Bunga dan biayanya sebagai pertimbangan. Berikut ini perhitungan jumlah biaya dan bunga dari Bank Nagari untuk pembiayaan KUR.

1. Bunga KUR dari Bank Nagari

Nilai suku bunga yang diberikan oleh Bank Nagari untuk pembiayaan KUR tergantung dari jenisnya. KUR reguler mendapatkan bunga sebesar 6 – 9,75% per tahun. Sedangkan KUR Super Mikro mendapatkan bunga sebesar 6 – 11,75%.

2. Biaya dalam KUR Bank Nagari

Selain denda, akan ada muncul biaya – biaya yang harus ditanggung oleh nasabah pada saat pengajuan KUR dari bank Nagari. Nilai biaya tersebut sama besarnya yakni 0,5 – 1% biaya administrasi dan gratis biaya provisi.

FAQ | Pertanyaan Tentang KUR Bank Nagari

Apakah Bank Nagari Punya Pembiayaan KUR ?

Bank Pembangunan Daerah Sumatera Barat atau yang dikenal dengan Bank Nagari memiliki pembiayaan KUR dengan nilai pagu pada tahun 2023 sebesar 2,5 trilliun dari pemerintah.

Apa saja syarat pengajuan KUR di Bank Nagari ?

Proses pengajuan KUR di Bank Nagari sama seperti KUR bank lain dengan syarat harus sudah memiliki usaha selama 6 bulan dibuktikan dengan surat keterangan usaha, tidak memiliki pinjaman KUR lain, skor kredit yang positif, dan memiliki agunan sebagai jaminan.

Artikel Menarik Lainnya: