Mengenal Alat Musik Saxophone: Sejarah, Bagian, Cara Memainkannya

Mengenal Alat Musik Saxophone: Sejarah, Bagian, Cara Memainkannya

Mengenal Alat Musik Saxophone, Sejarah, Bagian, Cara Memainkannya

Mengenal alat musik saxophone itu jadi bagian penting buat para pemusik yang ingin jadi pro. Adanya alat musik saxophone bisa membuat penampilan band jadi lebih menarik dan ikonik. Dengan memahami alat musik tiup ini, seseorang bisa lebih ahli dalam memainkan musik.

Saxophone memang jadi alat musik tiup yang memang tak sepopuler yang lain macam gitar atau drum. Namun bukan berarti saxophone kurang menarik. Justru saxophone bisa menjadi instrument pembeda. Berikut ini penjelasan tentang alat musik saxophone.

Sejarah dari Alat Musik Saxophone

Saxophone adalah alat musik yang ditemukan oleh pemusik Belgia, Adolphe Sax pada 1840 silam. Nama alat musik itu sendiri diambil dari nama belakang penemunya. Sax bekerja sebagai pembuat instrument musik. Salah satu instrument terbaik yang dihasilkannya adalah saxophone ini.

Sax sendiri berhasil mematenkan temuannya tersebut pada 1846. Setelah Sax meninggal, saxophone mengalami perkembangan yang pesat. Banyak jenis dan variasi dari saxophone yang bermunculan. Mulai dari berbahan yang tak biasa sampai yang bisa keluarkan nada dasar beragam.

Saxophone awalnya digunakan untuk band orchestra musik klasik. Namun seiring perkembang zaman, saxophone juga dipakai pada genre musik lain. Contohnya adalah jazz. Bahkan, sampai sekarang saxophone lebih identik dengan salah satu instrument musik Jazz.

Tak cuma Jazz saja sebenarnya. Penggunaan saxophone bahkan juga sering ditemui pada musik pop dan juga ska punk. Saxophone memang berhasil bertransformasi jadi salah satu instrument musik yang bisa dipakai di berbagai genre.

Mengenal Bagian Alat Musik Saxophone

Kenali terus berbagai bagian dari alat musik saxophone. Alat musik satu ini memang mempunyai sejumlah bagian. Para pemula yang ingin mahir main alat tersebut harus pahami bagian – bagiannya. Ini dia penjelasan tentang beberapa bagian dari alat musik saxophone yang penting untuk dikenali.

1. Body

Bagian pertama adalah body atau badan dari alat musik saxophone. Body ini adalah bagian yang paling berat dan besar di antara yang lain. Sebab, pada body tersebut berisikan bagian – bagian lain pada saxophone. Bobot dari body saxophone sendiri antara 4 sampai 5 kilogram.

2. Neck

Neck atau bagian leher juga terdapat pada salah satu bagian dari alat musik saxophone. Neck berfungsi sebagai pegangan ketika memainkan alat musik saxophone. Fungsi utamanya juga sebagai penghubung beberapa bagian lain.

3. Moutpiece

Mouthpiece adalah bagian berikutnya dari saxophone yang perlu dipahami. Mouthpiece ini adalah bagian yang dimasukkan ke mulut untuk bisa hasilkan suara pada alat musik saxophone. Tanpa adanya mouthpiece, suara tak bisa dihasilkan dengan baik.

4. Ligature

Berikutnya ada bagian dari saxophone yang bernama ligature. Ligature ini terletak di dekat mouthpiece di saxophone. Ligature ini adalah perekat antara mouthpiece dengan body di sebuah saxophone. Perekat ini benar – benar penting fungsinya.

5. Keys

Keys adalah bagian berikutnya dari alat musik saxophone yang penting juga perannya. Keys adalah tempat dari sejumlah tombol yang nantinya akan hasilkan suara pada alat musik saxophone tersebut ditekan atau dipencet.

Cara Memainkan Alat Musik Saxophone

Memainkan alat musik saxophone ini gampang – gampang susah. Memainkannya tak hanya ditiup saja. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan biar alat musik ini bisa hasilkan suara yang indah. Berikut ini cara sederhana dalam memainkan alat musik saxophone.

1. Pasang Strap Saxophone Badan

Pasanglah strap atau tali saxophone terlebih dulu. Kemudian pasangkan strap itu ke bagian punggung. Hal ini dilakukan agar beban untuk membawa saxophone tak bertumpu di tangan melainkan di badan. Sebaiknya hindari pegang langsung saxophone.

2. Masukkan Moutpiece ke Mulut

Langkah berikutnya adalah memasukkan mouthpiece ke mulut. Proses untuk memasukkan mouthpiece ke mulut ini memang jadi bagian penting juga karena tiupan dari mulut inilah yang akan hasilkan suara. Pastikan mouthpiece dalam kondisi yang prima sebelum digunakan.

3. Tekan Tombol Kunci

Proses berikutnya adalah menekan tombol keys atau kunci. Siapkanlah jari – jari pada berbagai tombol keys yang ada. Dengan penekanan tombol kunci atau keys tersebut, akan ada suara yang berbeda – beda dari saxophone itu.

4. Tiup Saxophone via Mouthpiece

Ketika jari sudah siap pada keys tertentu, maka saxophone bisa langsung ditiup. Peniupan tentu melalui mouthpiece yang berada di pada saxophone. Aturlah nafas dengan baik supaya proses meniup saxophone tak cepat capek.

5. Atur Pergerakan Jari di Tombol Kunci

Langkah yang juga harus dilakukan dalam bermain saxophone adalah mengatur pergerakan jari di tombol kunci. Pergerakan jari di tombol kunci memang harus diatur sedemikian rupa. Melalui pengaturan yang tepat, akan ada suara indah yang dihasilkan.

Tips Biar Mahir Main Saxophone

Ketahui dan pahami juga beberapa tips agar bisa mahir dalam memainkan saxophone. Ada sejumlah tips yang bisa diterapkan agar bisa ahli dalam mainkan alat musik tersebut. Berikut ini beberapa tips agar bisa mahir memainkan saxophone.

1. Latihan dengan Rutin

Supaya bisa main dengan ahli dan mahir, maka lakukan latihan saxophone dengan baik. Proses latihan rutin memang bisa meningkatkan kemampuan dalam bermain saxophone. Ini adalah cara yang bisa diterapkan untuk bisa bermain saxophone dengan ahli.

2. Pelajari Sistematika Kunci Nada

Mempelajari sistematika kunci nada juga harus diperhatikan. Kalau paham kunci nada dengan baik, permainan saxophone bisa dilakukan secara lebih mudah. Sehingga, pengetahuan tentang sistematikan kunci nada itu memang sangat penting agar bisa lebih jago main saxophone.

3. Sinkronkan Jari dan Mulut

Latihan sinkroniasai jari dan mulut juga sangat penting. Cobalah untuk memahami bagaimana cara untuk sinkronkan jari dan mulut dengan baik. Ketika cara ini dilakukan secara baik, maka kemampuan dalam memainkan alat musik saxophone.

4. Sering Lihat Video Tutorial

Sering melihat video tutorial dalam bermain saxophone juga bisa dilakukan. Ini adalah tips agar bisa mahir memainkan saxophone. Maka dari itu, sering – seringlah melihat video tutorial tentang cara memainkan alat musik tiup saxophone.

5. Latihan Pernafasan

Melatih pernafasan juga jadi hal penting untuk dilakukan. Dalam bermain saxophone, nafas pemain sangat penting. Ketika memiliki nafas yang panjang dan bagus, permainan saxophone yang dilakukan bisa lebih lancar lagi. Ketika melakukan latihan nafas dengan tepat, semuanya akan jadi lancar.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat dilihat bahwa saxophone adalah alat musik yang menarik untuk dipelajari. Saxophone memang jadi alat musik yang bisa dipelajari dengan baik. Karenanya, pahami terus semua seluk beluk tentang alat musik saxophone.

Alat musik ini memang sangat unik. Ada banyak hal menarik yang bisa dikulik dari alat musik tiup tersebut. Jika mempelajari saxophone dengan baik, akan banyak peluang yang terbuka. Mulai dari pemain orchestra sampai dengan pemain musik jazz ternama.

Penulis bayangan yang suka mengaspal di sepanjang jalan pantura.

Artikel Menarik Lainnya: