Musik Ansambel Adalah, Pengertian Hingga Jenisnya

Musik Ansambel Adalah, Pengertian Hingga Jenisnya

Musik ansambel adalah pementasan alat musik secara bersamaan yang dilakukan oleh sejumlah musisi. Alat musik yang dimainkan pun beragam dan jumlah musisi yang memainkannya 2 orang atau lebih.

Untuk lebih jelasnya, pahami pengertian musik ansambel, jenis musik yang dimainkan, dan informasi lainnya.

Pengertian Musik Ansambel

Dilansir dari Wikipedia, musik ansambel adalah pertunjukan yang melibatkan beberapa alat musik. Pementasan ini menggabungkan beberapa musisi yang memainkan alat musik petik hingga tiup. Secara umum, musik ansambel juga paduan dari 2 jenis alat musik yakni melodis dan ritmis.

Sementara itu menurut KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia, musik ansambel adalah gabungan beberapa musisi yang memainkan alat bersama. Musisi dalam pementasan ansambel tidak sebanyak orkestra.

Jenis Musik Ansambel Secara Umum

Musik ansambel adalah pertunjukan alat musik sejenis seperti gitar maupun alat musik lainnya. Dalam satu kelompok, kadang-kadang semua musisinya memainkan gitar bisa juga memainkan trumpet hingga rekorder.

Berikut jenis musik ansambel yang harus kamu ketahui:

1. Ansambel Sejenis

Sesuai istilahnya, ansambel sejenis artinya memainkan alat musik yang sama. Berikut ini daftarnya:

1.1. Ansambel Perkusi

Ansambel perkusi terdiri dari beberapa musisi yang memainkan alat musik perkusi. Alat musik perkusi terdiri dari marching band, gendang, rampak gendang, rebana, dan lain-lain.

1.2. Ansambel Gesek

Jenis ansambel musik sejenis lainnya adalah musisi yang memainkan alat musik gesek. Contoh alat musik yang dimainkan terdiri dari cello, biola, violin, hingga kontra bass.

1.3. Ansambel Tiup

Pementasan ini juga ada yang menggunakan alat musik tiup seperti rekorder, trombon, french horn, klarinet, flute, oboe, saksofon, hingga trumpet.

French horn merupakan alat musik tiup yang unik, biasanya tak hanya dimainkan dalam ansambel tapi ada juga dalam orkestra klasik.

1.4. Kuartet Gesek

Jenis lainnya terdiri dari kuartet gesek, biasanya kelompok ansambel sejenis ini memadukan permainan 2 biola, 1 violin, serta 1 cello.

2. Ansambel Campuran

Ansambel campuran merupakan gabungan dari beberapa musisi yang memainkan alat musik berbeda-beda. Alat yang digunakan dalam pertunjukan ini terdiri dari ritmis, melodis, serta harmonis.

Nada dihasilkan dari alat musik harmonis serta akord yang membuat pertunjukan jadi menarik. Selain mengiringi musik ansambel, alat musik harmonis juga bisa mengiringi orkestra. 

Dalam permainannya, setiap musisi harus bekerja sama agar harmonisasi yang dihasilkan sangat baik karena memadukan beberapa alat. Dalam pertunjukan dapat memadukan alat musik petik, tiup, gesek, hingga perkusi.

Jenis Musik Ansambel Berdasarkan Cakupan hingga Bunyi

Musik ansambel adalah pertunjukan musik yang terdiri dari beragam cakupan dan bunyi. Berikut ini penampilan musik ansambel berdasarkan cakupan maupun bunyi.

1. Berdasarkan Cakupan

Ansambel terdiri dari beragam cakupan besar maupun kecil berdasarkan musisi yang yang bergabung dalam kelompok tersebut.

1.1. Ansambel kecil

Musisi dalam kelompok ansambel kecil terdiri dari 2-8 orang. Selain itu, alat musik yang digunakan pun diatur sesuai komposisi khusus. Inilah beberapa hal yang termasuk ke dalam alat musik ansambel kecil.

  • Duet menampilkan 2 musisi yang menampilkan pementasan 2 alat musik seperti piano dan biola. Dalam duet ini dapat menampilkan instrumen yang berbeda maupun serupa
  • Trio terdiri dari 3 musisi yang memainkan 3 instrumen misalnya violin, cello, serta biola
  • Kuartet merupakan penampilan 4 musisi yang tampil bersama dengan memainkan 2 biola, 1 cello, serta 1 violin
  • Quintet merupakan pertunjukan 5 musisi menampilkan permainan alat musik piano, cello, violin, biola, serta bass
  • Sextet terdiri 6 musisi biasanya memainkan 2 violin, 2 biola, 2 cello
  • Septet merupakan penampilan 7 musisi dengan memainkan 7 instrumen berbeda seperti violin, horn, double bass, biola, klarinet, cello, serta basson
  • Oktet adalah 8 musisi yang menampilkan 2 cello, 4 biola, serta 2 biola

Disebut sebagai ansambel besar karena terdiri dari kelompok musisi yang lebih besar, bahkan bisa berkisar puluhan hingga ribuan pemain.

1.2. Ansambel Besar

Ansambel besar biasanya dimainkan oleh puluhan maupun ribuan pemain. Berikut ini contoh ansambel besar.

  • Chamber Orkestra merupakan kelompok musik terdiri dari 40 orang biasanya memainkan beberapa jenis alat musik gesek, tiup, drum, hingga keyboard
  • Symphony Orchestra dan Philharmonic Orchestra adalah karya yang terdiri dari 10 orang. Musisi ini menampilkan 3-4 gerakan yang menampilkan puluhan alat musik
  • Concert Band juga salah satu cakupan ansambel yang mempunyai bentuk berbeda. Dalam sebuah pertunjukan concert bank bisa dipimpin oleh konduktor atau mayor drum
  • Instrumen khas biasanya memainkan alat musik tiup, gesek, timpani, hingga perkusi. Salah satu musisinya memainkan seruling hingga klarinet, saksofon, maupun trombon
  • Jazz Band juga salah satu pertunjukan yang menggunakan ritme dari beragam alat musik seperti drum, piano, gitar, trumpet, drum

2. Berdasarkan Sumber Bunyi

Tak hanya dibedakan berdasarkan cakupan, ansambel juga ada yang ditentukan berdasarkan bunyi. Berikut ini contoh ansambel musik berdasarkan sumber bunyi.

  • Kordofon merupakan ansambel yang menggunakan alat musik dawai, tali, maupun senar. Dalam pementasan, musisi biasanya menggunakan sasando, biola, serta gitar
  • Elektrofon merupakan ansambel yang menggunakan alat musik listrik sebagai sumber bunyinya seperti gitar listrik
  • Akrofon merupakan ansambel yang menggunakan pianika dan trumpet sebagai sumber bunyinya
  • Membranofon adalah alat musik yang menggunakan gendang atau drum sebagai sumber bunyi
  • Idiofon merupakan ansambel musik yang memanfaatkan gong atau angklung sebagai sumber bunyinya

Jenis Musik Ansambel Berdasarkan Fungsinya

Musik ansambel adalah pementasan yang melibatkan alat musik harmonis, ritmis, dan melodis, berikut ini jenis-jenisnya:

1. Melodis

Ada beberapa jenis alat musik melodis yang digunakan untuk menciptakan melodi pada musik ansambel. Kalau kamu mau memainkan musik ansambel bisa menggunakan pianika, gitar, harmonika, terompet, dan kecapi.

2. Ritmis

Ritmis merupakan alat musik yang fungsinya untuk mengatur irama lagu. Alat musik yang digunakan antara lain drum, tamborin, triangle, gong, kastanyet, dll.

3. Harmonis

Harmonis dibutuhkan untuk mengiringi lagu dalam musik ansambel. Biasanya, musisi menggunakan harpa, piano, sasando, hingga keyboard sebagai alat musik pendukung.

Ciri-ciri Musik Ansambel

Dikutip dari buku Seni Budaya Musik Paket B SMP/MTS IX, musik ansambel memiliki beberapa ciri-ciri.

  1. Umumnya terdiri dari alat musik sejenis maupun campuran yang dimainkan bersama-sama
  2. Menghasilkan bunyi yang harmoni karena gabungan beberapa alat musik yang dimainkan
  3. Pementasan musik ansambel dimainkan di ruang indoor sehingga banyak orang menyebutnya sebagai musik kamar
  4. Jenis lagu yang dimainkan lebih pendek, liriknya sedikit, karena di aransemen secara sederhana
  5. Pemain musik ansambel tetap dan tidak berubah-ubah

Akhir Kata

Berbeda dengan orkestra, musik ansambel adalah pertunjukan alat musik yang biasanya dimainkan oleh 40 musisi atau lebih. Musik ansambel juga terdiri dari beberapa jenis mulai dari sejenis, campuran, hingga ditentukan berdasarkan bunyi.

Selain dimainkan banyak orang, musik ansambel juga terdiri dari beragam jenis alat musik yang dimainkan secara bersamaan. Ada banyak contoh musik ansambel salah satunya concert band, paduan suara, marching band, dll.

Artikel Menarik Lainnya: