Pengertian Cerita Inspiratif, Ciri dan Cara Menyusunnya

Gambar dibuat dengan Canva Pro (Premium)

Bagi kamu yang sedang mencari tahu mengenai cerita inspiratif yang menggugah pembacanya untuk menjadi lebih baik melalui pengalaman inspiratif yang dibawakan kamu bisa simak artikel ini sampai selesai.

Dalam artikel ini akan kami jelaskan secara lengkap mulai dari pengertian cerita inspiratif, ciri-cirinya, struk, kaidah kebahasaan hingga tahapan cara membuat cerita inspiratif untuk lebih jelasnya kamu bisa simak artikel sampai selesai ya!

Pengertian Cerita Inspiratif

Jadi, pengertian cerita inspiratif ini merupakan teks berisi cerita fiksi maupun pengalaman yang benar-benar terjadi, yang mampu menggugah inspirasi dan semangat seseorang yang membacanya.

Dan berdasarkan cerita inspiratif ialah untuk menambah dan menggugah motivasi, semangat dan rasa percaya diri untuk menghadapi semua tantangan.

Cerita yang di sajikan di cerita inspiratif biasanya berasal dari kisah hidup seseorang rekaan atau kisah-kisah yang dapat diambil dari perilaku binatang di kehidupannya nyata.

Cara Menyusun Teks Cerita Inspiratif

Nah, setelah kamu memahami apa itu pengertian cerita inspiratif selanjutnya mari kita simak cara menyusun teks cerita inspiratif. Diantaranya adalah:

  1. tentukan tema dan amanat yang akan disampaikan
  2. tetapkan sasaran pembaca
  3. rancang peristiwa-peristiwa utama yang akan ditampilkan dalam bentuk skema alur
  4. bagi peristiwa utama itu ke dalam bagian awal, perkembangan dan akhir cerita
  5. perincian peristiwa-peristiwa utama ke dalam detail-detail sebagai pendukung
  6. susun tokoh dan perwatakan, latar dan sudut pandang
  7. mengerti aturan tanda bacanya dalam kalimat tersebut

Ciri-Ciri Cerita Inspiratif

Selain mengetahui struktur dalam cerita inspiratif kamu juga perlu memahami ciri-ciri dari cerita inspiratif itu sendiri dan berikut penjelasan lengkapnya.

  • Pertama teks cerita inspiratif ini biasanya memiliki tema tertentu yang dapat dikembangkan menjadi sebuah kisah yang menarik
  • Selama tema, teks cerita inspiratif memiliki laur cerita tertentu hingga pembaca dapat memahami cerita yang disajikan serta pesan yag terkandung di dalamnya
  • Cerita inspiratif merupakan bentuk narasi yang lebih bertujua memberi inspirasi kebaikan kepada banyak orang
  • Selanjutnya kisah inspiratif yang baik dapat menggugah perasaan, memberi kesan yag mendalam bahkan dalam tingkat yang lebih tinggi mampu membuat seseorang berjanji pada dirinya untuk menjadi seperti yang dibacanya
  • Cerita inspiratif adalah teks yang menginspirasi seseorang untuk bisa berbuat lebih baik, lebih peduli, dan juga lebih berempati terhadap orang lain

Kaidah Kebahasaan Teks Cerita Inspiratif

Selain mengetahui pengertian cerita inspiratif kamu juga perlu mengetahui kaidah kebahasaan cerita inspiratif dan berikut penjelasannya:

  • Menggunakan kalimat yang bermakna lampau
  • Banyak menggunakan kata yang menyatakan urutan waktu atau biasa disebut dengan konjungsi kronologis
  • Banyak memakai kata kerja yang menggambarkan suatu tindakan
  • Menggunakan kata kerja yang menunjukan kalimat langsung sebagai cara menceritakan tuturan seorang tokoh yang dibawakan oleh penulis
  • Banyak memakai kata kerja yang menyarankan sesuatu yang dipikirkan atau dirasakan oleh tokoh (kata kerja mental)
  • Selanjutnya kebanyakan penulis berperan langsung sebagai orang pertama dan terlibat dalam cerita yang bersangkutan sehingga akan banyak menggunakan atau orang pertama dalam menyampaikan ceritanya, seperti aku, saya dan kami
  • Dan sebaliknya, bisa jadi penulis hanya menjadi orang ketiga sehingga berperan sebagai pengamat oleh karena itu, teks yang banyak memuat kata ganti orang ketiga seperti dia dan mereka

Struktur Teks Cerita Inspiratif

Sama seperti teks lainnya, cerita inspiratif ini juga memiliki struktur loh dan berikut penjelasan mengenai struktur cerita inspiratif yang perlu kamu ketahui, diantaranya adalah:

1. Abstraksi

Abstraksi ini merupakan gambaran tentang isi teks bagian pertama ini bersifat opsional, yang artinya pembaca boleh menulisnya atau pun tidak. Tapi, pada umumnya bagian ini seringkali ditulis.

2. Orientasi

Struktur cerita inspiratif selanjutnya adalah orientasi bagian ini berisi pengenalan tokoh dan latar, baik latar waktu, tempat, dan suasana, biasanya pengenalan tokoh terdapat pada paragraf pertama, sedangkan latar digambarkan paragraf ke satu dan dua.

3. Komplikasi

Selanjutnya komplikasi dipahami sebagai tahap pemunculan berbagai masala. Dalam teks inspirasi sendiri, komplikasi berkaitan dengan hal-hal problematik yang dialami atau di lalui oleh tokoh.

Adapun permasalahan yang seringkali dimunculkan berkaitan dengan perekonomian, seperti kemiskinan atau pengangguran.

4. Resolusi

Setiap tokoh isnpiratif tentu saja memiliki beragam cara untuk menyelesaikan permasalahan yang sedang dihadapinya. Hal ini dikategorikan sebagai resolusi, yaitu tahap penyelesaian masalah dan koflik.

5. Koda

Koda adalah tahap akhir dalam teks inspiratif yang berisi kesimpulan dari keseluruhan peristiwa termasuk konflik yang terjadi. Sehingga pada bagian ini pembaca dapat memetik nilai-nilai atau pesan moral untuk diteladani.

Dan tentunya nantinya dapat direalisasikan dalam kehidupan dan bagian koda ini biasanya terdapat pada paragraf terakhir.

Jenis-Jenis Tes Cerita Inspirasi

Jenis cerita inspirasi dapat kamu bedakan berdasarkan sifat peristiwa dan berdasarkan tokoh peristiwa, berikut pembahasannya:

1. Berdasarkan Sifat Peristiwa

Ada dua jenis teks cerita inspiratif menutrut sifat peristiwanya, yaitu:

  • Jenis teks cerita inspirasi non fiksi (nyata) yaitu jenis teks yang menceritakan peristiwa nyata tokoh dengan latar sebenarnya contohnya seperti biografi, esai, atau karya ilmiah.
  • Jenis teks cerita inspiratif fiksi atau (tidak nyata) yaitu jenis teks yang menggunakan latar dan tokoh rekaan atau sesuai imajinasi penulis. Contohnya novel, cerpen, legenda, dan lainnya
  • Jenis berdasarkan tokoh peristiwa

2. Jenis Berdasarkan Sifat Tokoh Peristiwa

  • Jenis teks cerita orang terkenal mengisahkan tokoh terkenal
  • Jenis teks cerita inspirasi sufi menceritakan tokoh-tokoh sufi atau ahli agama
  • Jenis teks cerita inspirasi binatang diwujudkan dalam bentuk cerita binatang atau fabel

Contoh Cerita Inspiratif

“Belajar dari Sebuah Kepompong”

1. Abstrak

Seorang anak sedang bermain dan menemukan kempompong kupu-kupu di sebuah dahan yang rendah. Diambilnya kepompong tersebut dan tampak ada lubang kecil di sana.

2. Orientasi

Anak itu tertegun dan mengamati lubang kecil tersebut dan terlihat ada seekor kupu-kupu yang sedang berjuang untuk keluar membebaskan diri melalui lubang tersebut. Lalu tampaklah kupu-kupu berhenti mencoba.

Dia kelihatan sudah berusaha semampunya dan nampaknya sia-sia untuk keluar melalui lubang kecil di ujung kepompongnya. Anak kecil tadi merasa kasihan ia pun menggunting kepompong tersebut agar kupu-kupu bisa keluar.

3. Komplikasi

Begitu kepompong terbuka, kupu-kupun pun keluar dengan mudah, akan tetapi ia masih memiliki tubuh gembung dan kecil dan sayap-sayapnya nampak berkerut dan anak itu terus mengamati.

4. Resolusi

Namun, harapan tinggal harapan apa yang di tunggu kupu-kupu tersebut menghabiskan sisa hidupnya dengan merangkak karena tidak memiliki sayap sempurna.

5. Koda

Si anak rupanya tidak mengerti bahwa kupu-kupu perlu berjuang dengan usahanya sendiri untuk membebaskan diri dari kepompong dan lubang kecil itu akan memaksakan cairan dari tubuh kupu-kupu masuk ke dalam sayap-sayapnya hingga ia siap terbang.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai pengertian cerita inspiratif secara lengkap mulai dari ciri, jenis hingga contohnya semoga bermanfaat ya!

Artikel Menarik Lainnya: