Rekomendasi Warna Masjid yang Bagus Agar Semakin Indah

Gambar Mesjid dan halamannya dibuat dengan Canva pro

Sebuah tempat peribadahan akan terlihat bagus dan Indah jika menggunakan warna yang tepat, seperti membuat warna masjid yang bagus. Dan sangat berpengaruh sekali warna untuk melihat bentuk mesjid yang semakin megah dan Indah.

Untuk itu dibawah ini beberapa warna mesjid yang mungkin sudah tidak asing lagi jika dilihat namun kamu juga bisa mencoba menggunakan warna – warna dibawah ini untuk memperindah mesjid yang ada di lingkungan kalian.

Fungsi Warna

Secara umum fungsi dari warna adalah untuk memberikan kesan tertentu dalam mengambarkan suatu hal. Seperti pada contoh penggunaan warna cerah yaitu meerupakan simbol keceriaan, hingga kemasan warna merah padaa kemasan makanan dapat menggugah selera makan.

Namun selin fungsi di atas juga terdapat beberapa fungs warna yang di urai menurut desian grafis yaitu:

  • Meningkatkan daya tarik visual, sebab dengan adanya perpaduan warma yang menarik akan berdampak pada penglihatan manusia. Dan tentunya akan memberikan kesan dan juga pesan yang dimaksud
  • Membuat Hierarki Visual, dengan warna yang bagus tenntunya akan memberikan kesan kontras dan terlihat jelas dan indah pada pandangan
  • Bemberikan kesan yang sulit untuk dilupakan dan tampak takjub saat mengingatnya.
  • Menanamkan kesan tersendiri yang mungkin saja akan mudah menjelaskan pada orang lain mengenai mesjid yang indah dengan warna yang tepat.

Warna Mesjid Yang Bagus

Pada dasarnya semua warna bagus, namun akan lebih bernilai dan bermaksa serat memberikan pesan tertentu jika penggunaan warna yang tepat di terapkan atau mengidentifikasi daya dukung saat akan menggunakan warna yang sesuai.

Selain itu juga warna bisa memberikan kesan Identitas lingkungan tersebut, apalgi jika warna tersebut diterapkan pada tempat ibadah, tentunya akan memberikan pesan yang memang disampaikan dengan waran tersebut.

Namun kamu juga bisa gunakan warna mesjid yang indah yang Media Mustakim rekomendasikan, yang di antaranya:

1. Warna Putih

Warna puti memang menjadi warna yang digunakan untuk mesjid pada umumnya di berbagai daerah, namun memang warna putih menunjukan kesederhanaan namun elegan. Dan untuk zaman sekaran dalam memperindah selalu menggunakan polesan dengan warna lain, seperti kuning emas atau hitam.

Dan memang jika menggunakan warna dasar putih sangat mudah dan selalu masuk saat warna lain di kombinasika.

2. Warna Hijau

Selain warna putih warna hijau juga bisa kamu gunakan sebagai warna dasar pada mesjid di daerah kamu. Karena warna ini memberikan suasana mesjit terlihat asri dan elegan. Selain daripada itu warna hijau melambangkan pertumbuhan, keharmonisan, kesegaran, keamanan, dan kesuburan wilayah nya.

3. Warna Hijau Putih

Jika kamu ingin memadukan dua warna dasar untuk mejid maka kamu bisa padukan antara warna hijau dan Putih, dan yang menggunakan perpaduan warna ini yaitu seperti mesjid Nabawi. Dan jika di gunakan di mesjid kita maka akan sangat elegan meski membuat mesjid minimalis

4. Warna Abu

Untuk kamu yang menginginkan warna mesjid dengan warna modern, maka warna abu bisa kamu gunakan sebagai bahan dasar warna di mesjid dilingkungan kamu dengan perpaduan warna coklat pada bagian bagian tertentu.

Dan warna abu – abu adalah warna yang terbilang netral karena tindak gelap dan juga tidak terlalu putih. sehingga warna mesjid sejuk dilihat

5. Putih Dan Hitam/ monokrom

Selanjutnya inspirasi warna yang bisa di gunakan untuk mesjid yaitu dengan memadukan warna putih dan hitam. Dengan menggunakan perpaduan warna ini mesjid akan terlihat elegan dan berkelas. Kesan bersih dengan dipadukan hitam pekat akan membuat nyaman di dalam mesjid

6. Biru

Dikutip dari halaman jamdigital.co.id warna yang menggunakan latar biru seperti mesjid Sultan Ahmad yang berada di turki. Dan merupakan mesjid yang terkenal di turki karena keindahannya.

Mesjid biru ini tampil dengan dominasi ornamen berwarna biru. dan warna yang digunakan mulai dari ubin hingga desain interior lainnya. Dan warna biru memang memberikan kesan sejuk dan tentram sehingga dapat menambah kekhusyuan ketika beribadah

7. Ungu

Rekomendasi warna selanjutnya kamu juga bisa gunakan warna ungu yang memberikesan lugu namun berwibawa. Ditambah dengan kubah berwana hijau tua atau dengan menggunakan warna lainnya tentunya akan masuk.

Dengan perpaduan warna yang tepat maka akan sangat nyaman di gunakan untuk beribadah. Dan juga warna ini bisa digunakan juga untuk mesjid minimalis yang akan kelihatan modern saat dipandang.

8. Pink dan Merah Muda

Jika kau menyukai warna – warna yang keren maka warna pink bisa jadi inspirasi warna mesjid yang ada dilingkungan kamu, dan warna ini seperti pada warna mesjid Taj-ul di India yang terkenal dengan desain interior megahnya berdominasi wa

Dan warna ini juga digunakan di berbagai daerah seperti Masjid Nasir Al-Mulk Irak, Mesjid Purta Malaysia, Mesjid Dimaukom Filipina dan Mesjid Raya An-Nur Indonesia.

9. Cream

Jika kamu menginginkan warna yang teduh maka cocok kamu gunakan warna Crame sebagai warna dasar untuk mesjid yang ada di wilayah kamu. Dan warnanya akan sangat cantik jika dipadukan dengan warna lainnya.

Konsep yang bisa kamu gunakan yaitu kubah dinding bisa didominasi dengan warna krem dan akan terasa halus, dan ubin mesjid bisa kamu gunakan warna yang serasi seperti menggunakan warna merah muda. Dan ini bisa membuat mesjid menjadi lebih cantik

FAQ | Pertanyaan Seputar Warna Mesjid Yang Bagus

Apa Hukum menghias mesjid?

Makruh jika menggunakan ukiran dengan bahan emas dan perak, dan ini merupakan kesepakatan ulama 2 mazhab sebelumnya, yaitu Hanafi dan Maliki. Apalagi di simpan di bagian mihrab (Pengimaman).

Artikel Menarik Lainnya: