Resensi Film Sewu Dino; Identitas, Sinopsis, Intrinsik

Gambar dibuat dengan Canva Pro (Premium)

Resensi film Sewu Dino akan kami jelaskan secara lengkap pada artikel ini mulai dari identitas novel, sinopsis, intrinsik, ekstrinsik hingga pesan moral yang terkandung di dalam novel tersebut.

Sewu Dino atau santet 1000 hari ini merupakan karya Simpleman yang cukup populer dan mulai di rilis pada 19 April 2023 untuk lebih jelasnya kamu bisa simak resensi film Sewu Dino ini di bawah ya!

Identitas Film Sewu Dino

Judul FilmSewu Dino
ProduserManoj Punjabi
SutradaraKimo Stamboel
Pemain FilmMika Tembayong, Gisellma Firmansyah, Rio Dewanto. Marthino Lio, Givina Lukita Dewi, Agla Artalidia, Pritt Timothy. Karina Suwandi
Tanggal Rilis19 April 2023
Durasi121 Menit
Penulis NaskahSimpleMan
Perusahaan ProduksiMD Pictures

Sewu Dino adalah sebuah film hantu atau horor dari Indonesia tahun 2023 yang disutradarai oleh Kimo Stamboel yang diangkat berdasarkan kisah viral yang berjudul sama karya dari SimpleMan.

Film ini ditayangkan di bioskop Indonesia pada 19 April 2023 dan dibintangi sederet artis terkenal seperti Mikha Tembayong, Gisellma Firmansyah, Rio Dewanto, Marthino Lio, Givina Lukita Dewi dan masih banyak lagi lainnya.

Sinopsis Film Sewu Dino

Dalam resensi film Sewu Dino ini akan kami jelaskan sinopsisnya secara lengkap. Dimana sinopsis ini akan membantu kamu untuk lebih memahami isi dari film ini secara garis besar dan berikut penjelasan lengkapnya.

Film ini mengisahkan Sri Rahayu yang harus bekerja demi pengobatan bapaknya yang sakit dan Sri ini berasal dari Jawa Timur. Dan ia melamar ke keluarga Atmojo karena tergiur upah yang cukup besar.

Sri langsung di terima karena memiliki hari lahir di jumat kliwon, bersama Erna dan Dini dan langsung diantarkan ke sebuah gubuk di tengah hutan.

Di sana, mereka bertemu dengan Mbah Tamin dukun yang bekerja untuk keluarga Atmojo dan ia memberitahukan untuk menjaga susu Atmojo yang bernama Della Atmojo yang terkena santet Sewu Dino.

Della kerasukan arwah Sengarturih dan hanay bisa ditenangkan oleh ritual Basuh Sedo dan ini hanya penangkal sementara dan agar terbebas dari santet tersebut melakukan ritual khusus pada hari ke 1000 dan hari ini sudah hari ke 996.

Dan mereka memerlukan empat hari untuk menenangkan Della. Dan Dini yang sudah pernah bekerja di Atmojo segera memimpin dan menuturkan Sri dan Erna bagaimana cara pembasuhan.

Dan Mbah Tamim memperingatkan bahwa pekarangan gubuk sudah dipagari secara mistis untuk mencegah Sengarturih kabur. Karena Sri, Erna dan Dini sudah terikat secara rohani dengan Mbah Karsa juga tidak bisa melampaui pagar tersebut.

Dan hari-hari berikutnya ke tiga orang ini bergantian untuk membasuh. Dan Sri selalu memimpikan Della sedang dijaga seseorang di ladang jagung dan Sri selalu di hadang lelaki tersebut.

Dan di hari 999 Sugik berkunjung sebentar untuk menggali liang lahat di depan gubuk, membuat Erna berpikir bahwa keluarga Atmojo berencana untuk menumbalkan mereka agar Della bisa kembali.

Pada hari ke 1000 ember yang digunakan untuk basuh bocor dan ketika mencari penggantinya Sri Della sudah kabur dari gubuk dan terjadi perkelahian antara Erna dan Dini. Dan mereka telah tewas.

Saat Sri ingin pergi Della berusaha membujuk Sri dan Mbah Tamin menjelaskan apa yang selama ini seperti mimpi itu bukanlah mimpi melainkan alam sukma dan Sri berhasil memasukinya.

Dan dia alam sukma tersebut Sri berhadapan langsung dengan Sabdo dan Atmojo menyerang duluan dan berhasil membebaskan Della sedangkan di dunia nyata Sabdo di serang oleh Sengarturih saat meratapi kegagalan santetnya.

Lantas apa yang akan terjadi selanjutnya? apakah Sri dapat keluar dari keluarga Atmojo? Yuk, simak langsung di film Sewu Dino secara langsung ya!

Unsur Intrinsik Film Sewu Dino

Dalam resensi film Sewu Dino ini akan kami jelaskan juga unsur intrinsik di dalamnya dan berikut penjelasan lengkapnya:

1.Tema

Tema yang diangkat dalam film ini adalah tentang santet 1000 hari yang menyerang keluarga Atmojo.

2. Tokoh dan Penokohan

  • Sri, ia diperankan oleh Mika Tembayong yang memiliki sikap pekerja keras dan juga pemberani
  • Della, di perankan oleh Gisella Firmansyah, yang merupakan gadis baik yang terkena santet
  • Sugik, ini diperankan oleh Rio Dewanto seorang pemuda yang baik dan selalu membantu Sri
  • Erna, diperankan oleh Givina Lukita Dewi yang merupakan teman Sri yang penakut dan menyabotase basuh sedo
  • Dini, diperankan oleh Agla Artalidia seorang yang penakut dan sudah muak ingin keluar dari keluarga Atmojo
  • Dan masih banyak peran lainnya

3. Alur

Alur yang digunaakn dalam film Sewu Deno ini yaitu menggunakan alur maju.

4. Latar Tempat

Latar tempat yang digunakan dalam film ini ada di Jawa Timur di sebuah gubuk di tengah hutan yang cukup angker dan mistis.

5. Latar Waktu

Latar waktu yang digunakan dalam film ini kebanyakan malam hari ada juga siang hari.

6. Latar Suasana

Latar suasana yang tergambar dalam film ini yaitu menegangkan, menyeramkan, mencekam dan juga menakutkan.

7. Gaya Bahasa

Gaya bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia dan beberapa bahasa Jawa.

8. Amanat

Amanat yang terkandung dalam film ini adalah jangan mudah tergiur dengan uang yang cukup banyak dalam sebuah pekerjaan karena pasti ada hal yang tidak beres nantinya.

Unsur Ekstrinsik Film Sewu Dino

Dalam resensi film Sewu Dino ini akan kami jelaskan juga unsur ekstrinsik di dalam film tersebut dan berikut penjelasan lengkapnya.

1. Nilai Sosial

Nilai sosial yang terkandung dalam film ini adalah sikap Sugik yang memberitahu Sri untuk tidak menerima uang dari keluarga Atmojo agar tidak terikat hubungan dengan keluarga mereka.

2. Nilai Moral

Sikap Erna yang egois dan ingin menang sendiri dan ingin menyelamatkan diri sendiri tanpa memikirkan orang lain itu adalah sikap yang tidak baik.

Kelebihan Film Sewu Dino

Berikut beberapa kelebihan yang terdapat dalam film Sewu Dino, diantaranya adalah:

  • Kelebihan pertama adalah cerita ini cukup menarik dan cukup menegangkan cerita juga mengalir dan lancar tidak membosankan
  • Visual yang cukup unik dan ada budaya desa Jawa yang cukup kental
  • Akting dari para pemain cukup baik

Kekurangan Film Sewu Dino

Selain kelebihan film ini juga memiliki kekurangan yaitu:

  • Jumscare yang terlalus ering sehingga membuat penonton merasa lelah dan tidak efektif
  • Akhir cerita yang terburu-buru plot cerita tidak terjelaskan dengan baik

Pesan Moral Film Sewu Dino

Pesan moral yang terkandung yaitu jangan pernah tergiur dengan bayaran yang mahal dan jangan mudah di iming-imingi dengan kesenangan karena pasti ada sesuatu di baliknya yang tidak kita tahu.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai resensi film Sewu Dino film ini cukup unik dan wajib di tonton bagi kamu pecinta film horor Indonesia.

Artikel Menarik Lainnya: