Resensi Novel 7 Prajurit Bapak; Sinopsis, Intrinsik, Pesan Moral

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Resensi novel 7 prajurit bapak akan kami jelaskan di artikel ini secara lengkap mulai dari identitas, sinopsis, hingga kelebihan dan juga kekurangannya dan kamu bisa simak artikel ini sampai selesai.

Novel ini mengisahkan tentang sebuah kelurga yang merupakan seorang mantan tentara dan mendidik ke 7 putranya dengan gaya tentara. Yuk simak penjelasan lengkap nove ini di bawah ya!

Identitas Novel 7 Prajurit Bapak

Judul Novel7 Prajurit Bapak
PenulisWulan Nurmalia
PenerbitMediakita
Jumlah Halaman440 Halaman
Ukuran Buku13×19 cm
KategoriFiksi
Tahun Terbit2022
Harga BukuRp.89.500,-

Novel 7 prajurit bapak ini mulai diterbitkan pada tahun 2022 oleh Mediakita. Novel ini berkisah seorang ayah yang menginginkan anaknya ada yang meneruskan profesinya menjadi tentara apakah cita-cita sang ayah akan terwujud?

Untuk lebih jelasnya kamu bisa simak sinopsis singkat dari resensi novel 7 prajurit bapak di bawah ini akan dijelaskan alur dan sedikit isi dari ceritanya sehingga kamu memiliki gambaran mengenai novel ini menceritakan apa.

Sinopsis Novel 7 Prajurit Bapak

Novel 7 prajurit bapak ini menceritakan 7 anak laki-laki yang merupakan anak dari seorang pensiunan tentara bernama Pak Cahyo. Dava Bahari, merupakan si sulung yang sekarang bekerja sebagai pelaut.

Bapa, dari dulu sempat menentang keinginan bapak menjadi seorang pelaut namun berkat mama yang dapat meyakinkan bahwa setiap anak memiliki mimpinya masing-masing. Akhirnya Dava diberi izin untuk melanjutkan mimpinya.

Sedangkan anak kedua, Rendi Firmansyah ia memiliki tubuh mungil sejak kecil karena gampang sakit dan sekarang Rendi mengambil kuliah jurusan ekonomi dan bekerja sebagai pegawai bank.

Lalu anak ketiga, bernama Raga Isnawan. Lelaki yang memiliki perawakan tegap, tinggi dan tampan ini selalu berlatih fisik dari pagi hingga senja. Dan Bapak sangat percaya jika Raga dapat lolos seleksi tentara.

Namun, dipertengahan jalan membelotkan niatnya dan malah mendaftarkan diri menjadi seorang polisi. Dan hal itu membuat bapak marah namun, lama kelamaan bapak juga menerima hal tersebut.

Dan selanjutnya harapan bapak di anak ke empat bernama Yoga dia memiliki kriteria menjadi abdi negara tapi Yoga sama sekali tidak berminat, karena Yoga ini memiliki hobi menulis makanya saat kuliah ia mengambil jurusan sastra.

Untuk kesekian kalinya harapan bapak dipatahkan karena anak ke limanya yaitu Iqbal ia merupakan sosok lelaki yang lemah lembut dan bercita-cita sebagai dokter dan ia lolos di saat SNMPTN dan sekarang kuliah jurusan keperawatan.

Dan yang terakhir ada Rai dan Putra mereka berdua masih duduk di bangku SMA dan menjadi harapan bapak berikutnya untuk bisa menjadi seorang tentara. Di banding Rai, Putra yang lebih manja dan sering menangis karena di jahili keenam abangnya.

Dan setiap pagi bunyi peluit akan terdengar hingga memekakan telinga, bapak akan mengajak ke tujuh prajuritnya untuk berlari mengelilingi komplek dan pulangnya mama sudah menyiapkan minuman dan makanan ringan untuk melepas dahaga.

Bapak merupakan sosok yang dijadikan panutan oleh ke 7 anaknya bapak sangat berwibawa walaupun usianya kini sudah tak muda bapak selalu tenang dalam mengatasi segala permasalahan yang ada.

Jika ditanya perempuan mana yang paling Yoga cintai tentu yang pertama ia menjawab Mama dan kedua Mei Liana. Gadis yang akrab dipanggil Lia itu merupakan pujaan hati Yoga.

Cita-cita Yoga yang ingin menjadi penulis selalu mendapatkan cibiran dari berbagai pihak namun Yoga tetap bersikukuh untuk mewujudkan cita-citanya.

Bapak mulai merasa kecewa karena dari ke lima anaknya belum ada yang menjadi tentara karena menjadi abdi negara ini seperti sudah menjadi tradisi turun temurun dari keluarga. Sehingga jika berkumpul keluarga bapak selalu jadi cibiran.

Dan hari pun kian berganti suatu saat Bapak harus pergi karena sebuah kecelakaan dan meninggal sehingga membuat ke tujuh anaknya bersedih sehinngga yang terkahir harapan dari mereka yaitu Putra.

Ia harus bisa menjadi seorang tentara. Agar bapak tidak kecewa banyak permasalahan yang harus mereka hadapi karena ternyata kematian bapak bukan hanya murni kecelakaan saja tapi ada hal tersembunyi di baliknya.

Lantas apakah ke 7 anak bisa mengungkap pembunuhan tersebut? Lalu apakah Putra bisa berhasil mencapai keinginan bapak untuk bisa menjadi tentara? Yuk, simak lengkap di novel 7 prajurit bapak ya!

Unsur Intrinsik Novel 7 Prajurit Bapak

Dalam resensi novel 7 prajurit bapak kita akan bahas juga unsur intrinsik dalam novel tersebut. Dan berikut penjelasan lengkapnya:

1.Tema

Tema yang diangkat dalam novel ini adalah tentang perjuangan sebuah keluarga mewujudkan cita-cita terakhir bapak.

2. Tokoh dan Penokohan

  • Dava, ia memiliki sikap yang pemberani dan menyukai kelautan
  • Rendi, ia pemuda yang suka dengan kegiatan ekonomi
  • Raga, ia merupakan pemuda tampan, gagah dan juga bijaksana
  • Yoga, ia merupakan pemuda tampan yang suka dengan syair dan juga kepenulisan
  • Iqbal, pemuda yang lemah lembut dan bercita-cita ingin menjadi seorang dokter dan ia sangat pintar
  • Rai, ia merupakan adik dari 5 kakanya yang pemberani
  • Putra, cengeng tapi pemberani dan juga tegar
  • Bapak, tegas, penyayang dan bijaksana

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel ini adalah alur campuran terdapat alur maju dan alur mundur yang terdapat dalam novel.

4. Sudut Pandang

Menggunakan sudut padang orang ketiga yang serba tahu.

5. Latar Tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel ini adalah di rumah, di kamar, di konplek, di jalan dan masih banyak latar tempat lainnya.

6. Latar Waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel ini adalah pagi hari, siang hari dan juga malam hari.

7. Gaya Bahasa

Gaya bahasa yang digunakan yaitu bahasa yang ringan dan mudah dipahami.

8. Amanat

Kehidupan akan terus berjalan yang pergi tak akan kembali dan yang ditinggalkan akan terus merasa luka. Namun, kita tidak bisa berlarut-larut karena kehidupan terus berlanjut tugas kita harus menjadi manusia yang lebih baik lagi.

Unsur Ekstrinsik Novel 7 Prajurit Bapak

Dalam resensi novel 7 prajurit bapak juga akan diceritakan unsur ekstrinsik novel, yaitu:

1.Nilai Sosial

Sikap Yoga yang mau membantu Lia saat sedang dalam masalah itu merupakan sikap yang patut di contoh karena menolong sesama.

2. Nilai Moral

Sikap bapak yang tegas terhadap anak-anaknya memberikan efek yang cukup bagus dan membuat mereka menjadi manusia berguna untuk bangsa dan negara

Kelebihan dan Kekurangan Novel

Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan novel 7 prajurit bapak, yaitu:

1. Kelebihan

  • Ceritanya unik dan tidak bertele-tele
  • Banyak pesan moral di dalamnya
  • Alur tidak membosankan
  • Bahasa yang ringan dan mudah dipahami

2. Kekurangan

  • Endingnya mudah di tebak
  • Ada beberapa tyfo

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai resensi novel 7 prajurit bapak mulai dari identitas novel, sinopsis, intrinsik, ekstrinsik hingga kelebihan dan juga kekurangannya semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat ya!

Artikel Menarik Lainnya: