Resensi Novel 70 Mil; Sinopsis, Intrinsik Dan Pesan Moral

Resensi Novel 70 Mil; Sinopsis, Intrinsik dan Pesan Moral

Gambar dibuat dengan Canva Pro (Premium)

Kamu suka dengan kisah percintaan yang begitu dipermainkan dengan takdir? Kamu akan menemukannya dalam sebuah novel yang berjudul 70 Mil. Di sana dikisahkan seorang pemuda yang menjalin cinta dengan adiknya tapi malah harus menikah dengan kakaknya.

Di artikel ini kami akan membahas mengenai resensi novel 70 Mil dimana di sini akan dijelaskan secara lengkap mulai dari identitas novel, sinopsis, unsur intrinsik, ekstrinsik hingga kelebihan dan juga kekurangannya. Simak sampai akhir ya!

Identitas Novel 70 Mil

Judul Novel70 Mil
PenulisAnastasya
PenerbitKatadepan
Ukuran Buku13×18,5 cm
Jumlah Halaman344 Halaman
KategoriFiksi Romance
Tahun Terbit2021
Harga BukuRp.99.000,-

Novel 70 Mil ini pertama kali di terbitkan di sebuah aplikasi twetter dan memiliki banyak pengunjung sehingga novel ini diterbitkan pada tahun 2021 novel fiksi romantis ini memang bisa membuat kamu merasakan apa yang sebenarnya mereka rasakan.

Kisah percintaan Javio dan Primrose yang harus terpisah karena suatu hal dan tentunya mereka seperti dipermainkan oleh takdir.

Sinopsis Novel 70 Mil

Dalam resensi novel 70 mil ini kami juga akan jelaskan sedikit tentang sinopsis novel. Dimana sinopsis ini memberikan gambaran sedikit tentang isi cerita dari novel ini.

Novel ini mengisahkan Javio yang masih berusia lima belas tahun ketika ia menyadari bahwa selama ini ia menyukai Primrose Charlotte Navari gadis manis yang bertubuh mungil dan memiliki mata berwarna hazel.

Gadis yang ia temui sepuluh tahun lalu ditengah padang bunga, dan menjadi sahabat karibnya hingga sekarang. Javio dan Primrose bagaikan anak kembar yang tidak terpisahkan. Dan mereka berdua selalu bersama-sama.

Javio dan Primrose sama-sama berasal dari keluarga terpandang dan kaya bahkan keluarganya sudah menganggap mereka anak masing-masing dan mereka juga pergi sekolah bersama.

Javio selalu menjadi pelindung Primrose serta mencintai dan juga menyayanginya. Hingga Javio berusia 18 tahun dan berani mengungkapkan perasaannya kepada gadis itu hingga ia memberikan cincin di saksikan oleh teman-temannya.

Dan Primrose pun menerima cinta Javio tersebut dan mereka resmi berhubungan dan hubungan mereka terlihat lancar-lancar saja. hingga suatu saat masalah terjadi dimana terjadi masalah perusahaan keluarga mereka dan mempengaruhi hubungan mereka berdua.

Diantara Primrose atau kakaknya harus segera menikah. Maka dari itu, Primrose harus mengambil tanggung jawab menikah dengan Javio supaya perusahaan Javip dapat bergabung dengan perusahaan keluarganya.

Sebab Primrose atau kakaknya tidak ada yang mau mengambil alih perusahaan. Dan akhirnya mereka menyiapkan pernikahan namun Primrose gusar dan takut karena ia menyembunyikan rahasia yang sangat besar dari Javio.

Pada suatu hari, hubungan mereka berdua seketika kandas begitu saja. Primrose membatalkan rencana pernikahan dengan Javio karena Primrose mengidap penyakit parah, tetapi ia tak mampu memberitahukan kenyataan kepada Javio.

Primrose mengakhiri hubungan tanpa kejelasan sekeras apa pun Javio mencoba meminta penjelasan dan untuk kesekian kalinya Javio di paksa untuk menikah dengan keluarga Primrose dan akhirnya ia harus menikahi Lilyan Charlotte Navari kakak dari Primrose.

Javio masih mencintai tapi ia tidak bisa berbuat apa pun ia hanya bisa menerima segalanya meski di lubuk hatinya yang paling dalam ia masih sangat berharap. Apakah Javio akan mengetahui alasan Primrose mengakhiri hubungan mereka?

Atau Primrose akan terus menutupi rahasia tersebut hingga akhir hayatnya? Untuk bisa menyimak secara lengkap cerita cinta mereka kamu bisa simak novel 70 Mil ini di bukunya secara langsung ya!

Unsur Intrinsik Novel 70 Mil

Dalam resensi novel 70 Mil ini kamu juga perlu memahami unsur intrinsik dalam novel dan berikut unsur intrinsik dalam novel 70 Mil, diantaranya dalah:

1. Tema

Tema yang diangkat dalam novel ini adalah tentang sebuah kisah percintaan romantis dan keluarga.

2. Tokoh dan Penokohan

Berikut beberapa tokoh yang terdapat dalam novel 70 mil diantaranya adalah:

  • Javio, ia merupakan seorang pemuda yang tampan, baik dan sangat penyayang
  • Primrose, ia wanita baik, lembut dan sangat mencintai kekasihnya
  • Lylian, ia merupakan kakak Primrose yang baik
  • Dan masih banyak lagi tokoh lainnya

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel 70 Mil ini menggunakan alur campuan dimana didalamnya terdapat alur maju atau alur mundur.

4. Latar Waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel ini seperti pada umumnya yaitu pagi, siang dan juga malam hari.

5. Latar Tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel ini ada di taman bunga, di rumah Javio, rumah Primrose, sekolah, di kelas dan masih banyak lagi tempat lainnya.

6. Sudut Pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel 70 mil ini menggunakan sudut pandang orang ketiga yang serba tahu.

7. Gaya Bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam novel 70 mil ini menggunakan gaya bahasa yang ringan dan mudah dipahami oleh semua kalangan.

8. Amanat

Amanat yang terkandung dalam novel 70 mil ini adalah berhati-hatilah dalam mengambil sebuah keputusan dan pikirkanlah secara matang agar kamu tidak pernah menyesal dengan keputusan yang kamu ambil hanya karena sebuah emosi hati.

Unsur Ekstrinsik Novel 70 Mil

Selain unsur intrinsik atau unsur dalam novel sekarang kita bahas juga unsur ekstrinsik dimana dalam unsur ekstrinsik ini terdapat dalam novel 70 Mil dan berikut penjelasannya.

1.Nilai Sosial

Nilai sosial yang terdapat dalam novel ini adalah sikap Primrose yang tidak ingin melihat kekasihnya harus menderita hingga lebih memilih merahasiakan penyakitnya sehingga menjadi salah paham.

2. Nilai Moral

Sikap ketidak jujuran dari Primrose ternyata membuat lebih terlukan banyak orang termasuk orang yang ia cintai maka dari itu kamu perlu mengambil keputusan dnegan matang agar tidak ada yang terluka.

Kelebihan Novel 70 Mil

Dalam novel 70 Mil ini terdapat beberapa kelebihan yang perlu kamu ketahui, dan berikut penjelasannya:

  • Konflik disajikan secara tidak biasa dan realistis
  • Alur maju mundurnya tidak membuat bingung pembaca
  • Gaya bahasa yang santai dan enak di baca
  • Suasana dalam novel juga tergambar cukup jelas
  • Pengolahan emosi dalam cerita juga sangat mengena kepada pembaca

Kekurangan Novel 70 Mil

Selain kelebihan novel ini juga memiliki kekurangan dan berikut beberapa kekurangannya adalah:

  • Alur cerita terkesan lambat dan sedikit membosankan
  • Kesulitan dalam menyesuaikan imajinasinya mengenai tokoh-tokoh
  • Ada beberapa kesalahan kata atau tyfo

Pesan Moral Novel 70 Mil

Lama hubunganmu dengan pasanganmu belum bisa menjadi jaminan dia adalah jodohmu terkadang hal-hal yang memang tidak ditakdirkan, seperti menemukan orang yang tepat tetapi di waktu yang salah.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai resensi novel 70 mil mulai dari identitas novel, sinopsis novel, kelebihan dan juga kekurangannya hingga pesan moral semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat ya!

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: