Resensi Novel Alaska Nisaafatm; Sinopsis, Intrinsik, Ekstrinsik

Gambar dibuat dengan Canva Pro (Premium)

Novel Alaska ini merupakan sebuah novel yang mengisahkan tokoh Alaska yang merupakan seorang berandalan tapi ia memiliki otak yang sangat cerdas dan wajah yang cukup sempurna.

Dalam artikel ini kami akan bahas mengenai resensi novel Alaska Nisaafatm mulai dari identitasnya, sinopsis, intrinsik, ekstrinsik hingga pesan moral yang terdapat dalam novel dan berikut penjelasan lengkapnya.

Identitas Novel Alaska Nisaafatm

Judul NovelAlaska
PenulisNisaafatm
PenerbitBentang Media
Ukuran Buku14×20 cm
Jumlah Halaman404 Halaman
Tahun Terbit2019
KategoriFiksi
Harga BukuRp.89.000,-

Novel Alaska ini mulai diterbitkan pada tahun 2019 oleh PT. Bentang Media dimana novel ini memiliki lebar buku 14 cm dan juga panjang 20 cm. Kamu juga bisa mendapatkan buku ini dengan harga yang lumayan yaitu Rp.89.000,-.

Kisah percintaan romantis yang di ukir di novel ini mengisahkan Alaska dan juga Alana dengan karakter dan keunikan masing-masing dan bagaimana kisah lengkapnya yuk simak sinopsisnya dulu di bawah ini.

Sinopsis Novel Alaska Nisaafatm

Dalam resensi novel Alaska Nisaafatm ini kami juga akan jelaskan sedikit tentang sinopsis novel. Sinopsis novel ini adalah gambaran besar mengenai isi cerita dari buku Alaska ini dan tentunya hal ini bisa membantu kamu lebih memahaminya.

Alaska Tahta Wardana ia merupakan cowok jangkung yang berwajah tampan dan mempesona. Pandai dalam hal adu fisik maupun otak karena ia memiliki otak yang sangat cerdas.

Namun, dari semua kelebihan di atas tadi sayangnya ia merupakan berandalan dan terkenal badboy tapi meskipun demikian ia masih tetap menjadi kesayangan para guru.

Ia seorang cowok yang pelit ekspresi dan dingin. Dan ia menjabat sebagai ketua geng besar di sekolahnya. Dan ia sangat cuek kepada cewek termasuk Alana.

Alana Juwanda ia merupakan seorang cewek populer di sekolah karena terkenal dengan deretan para mantannya. Dia memiliki wajah yang sangat cantik dan juga body yang sangat bagus dan mendukung.

Namun, ia sedikit troublemaker hingga beberapa guru membencinya. Mayoritas yang insaf dari menjadi playgirls karena termakan pesonanya Alaska. Dan Alana merupakan seorang yang ambisius yang ingin memiliki Alaska seutuhnya.

“Kamu boleh menjauh dan lari ke mana pun yang kamu mau. Tapi kalau tulang rusuk kamu ada di sini. Ya mau bagaimanapun kamu bakal balik ke aku lagi” kata Alana.

“Gue Cuma mau bilang, ditampar kenyataan itu menyakitkan” Alaska

Dua sejoli ini dipertemukan dalam kisah cinta yang penuh lika liku lantas bagaimana kisah kelanjutan dari Alaska dan Alana? Apakah mereka akan saling jatuh cinta seperti yang Alana katakan?

Lantas apakah sikap Alaska akan berubah setelah bersama Alana? Atau malah sebaliknya? Dan jika kamu ingin mengetahui jawaban dari semua pertanyaan di atas kamu bisa simak secara langsung di bukunya ya!

Unsur Intrinsik Novel Alaska Nisaafatm

Dalam resensi novel Alaska Nisaafatm ini kami juga akan menjelaskan sedikit mengenai unsur intrinsik novel. Dimana novel ini juga memiliki unsur intrinsik di dalamnya, diantaranya adalah:

1. Tema

Tema yang diangkat dalam novel Alaska ini adalah tentang kisah percintaan romantis di masa putih abu.

2. Tokoh dan penokohan

  • Alaska, ia merupakan sosok cowok yang tampan dan juga memiliki otak yang sangat cerdas hanya saja ia merupakan badboy dan suka berkelahi
  • Alana, ia merupakan seorang wanita yang cantik dan memiliki body yang sangat bagus selain itu dia merupakan playgirl yang sangat menginginkan Alaska menjadi miliknya seutuhnya
  • Dan masih banyak lagi tokoh lainnya

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel Alaska Nisaafatm ini menggunakan alur campuran dimana terdapat alur maju dan juga alur mundur dalam novel ini.

4. Latar waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel ini adalah hampir sama dengan novel pada umumnya yaitu di pagi hari, siang hari, sore hari dan juga malam hari.

5. Latar tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel Alaska Nisaafatm ini menggunakan latar tempat di sekolah, di rumah Alaska, di rumah Alana, di kantin dan masih banyak lagi latar tempat lainnya.

6. Sudut pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel Alaska Nisaafatm ini menggunakan sudut pandang orang ketiga yang serba tahu.

7. Gaya bahasa

Gaya bahasa yang digunkan dalam novel Alaska Nisaafatm ini menggunakan gaya bahasa remaja yang digunakan pada umumnya seperti bahasa gaul dan mudah dipahami remaja pada umumnya.

8. Amanat

Amanat yang terkandung dalam novel ini adalah jika berusaha keras dan meyakini apa yang bisa kamu dapatkan pastinya kamu akan bisa mendapatkannya dengan mudah dan berjuanglah untuk bisa menggapai apa yang kamu inginkan.

Unsur Ekstrinsik Novel Alaska Nisaafatm

Dalam sebuah novel tentunya kamu akan menemukan unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik nah, selanjutnya mari kita bahas unsur ekstrinsik dari resensi novel Alaska Nisaafatm ini, berikut penjelasan lengkapnya:

1. Nilai Sosial

Nilai sosial yang terdapat dalam novel ini adalah sikap Alana yang selalu berusaha mendekati Alaska karena ia sangat menyukai Alaska meski harus melewati beberapa perjuangan.

2. Nilai Moral

Meskipun Alaska anak yang sangat cerdas tapi kelakuan dia yang seorang berandalan itu merupakan bukan hal yang patut di contoh karena tidak baik dan berkelahi akan sangat merugikan diri sendiri dan juga orang lain.

Kelebihan Novel Alaska Niasaafatm

Kita perlu ketahui bahwa setiap karya tentunya akan menemukan kelebihan dan kekuranganya. Dan berikut kami sajikan beberapa kelebihan yang terdapat dalam novel Alaska Nisaafatm, diantaranya adalah:

  • Kelebihan pertama dalam novel ini adalah gaya bahasa yang mudah dipahami oleh semua kalangan
  • Alur yang digunakan juga mudah dipahami dan tidak membuat pusing pembaca
  • Cocok menjadi bacaan para remaja dan dewasa tapi tidak untuk anak-anak
  • Ada pesan moral yang terdapat dalam novel ini yaitu jangan pantang menyerah sebelum mendapatkan sesuatu
  • Latas suasana yang digambarkan begitu jelas
  • Cover buku cukup menarik

Kekurangan Novel Alaska Nisaaftm

Selain kelebihan novel Alaska ini tentunya juga memiliki kekurangan dan berikut beberapa kekurangan yang novel ini miliki yaitu:

  • Cerita dalam novel ini terlalu klasik dan banyak penulis lain yang menuliskan cerita yang sama mirip dengan kisah ini hanya berbeda sedikit
  • Masih ditemukannya tyfo atau salah cetak

Pesan Moral Novel Alaska Nisaafatm

Novel ini mengajarkan kita untuk tidak menyerah terhadap apa yang kamu impikan dan ingin dapatkan termasuk cinta dan kasih sayang itu perlu perjuangan dan pengorbanan dan tidak berputus asa ketika terasa sulit.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai resensi novel Alaska Nisaafatm mulai dari identitas novel, sinopsis, unsur intrinsik, ekstrinsik hingga kelebihan dan kekurangan juga pesan moralnya semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat ya!

Artikel Menarik Lainnya: