Resensi Novel Cinta Paling Rumit Lengkap

Gambar dibuat dengan Canva Pro (Premium)

Bagi kamu yang sedang patah hati, sedang bosan dan butuh hiburan. Butuh pemikiran baru, butuh pembaruan wawasan seputar politik dan idealisme, bahkan yang butuh analis mendalam seputar buku cinta kamu bisa baca novel cinta paling rumit.

Dalam kesempatan kali ini kami akan membahas resensi novel cinta paling rumit mulai dari identitas novel, sinopsis, intrinsik hingga pesan moral yang terkandung di dalamnya. Simak sampai akhir ya!

Identitas Novel Cinta Paling Rumit

Judul NovelCinta Paling Rumit
PenulisBoy Candra
PenerbitKataDepan
Jumlah Halaman331 halaman
KategoriFiksi
Ukuran Buku13×19 cm
Tahun Terbit2018
Harga BukuRp.75.000,-

Novel cinta paling rumit ini merupakan sebuah karya dari penulis yang cukup terkenal yaitu Boy Candra yang lahir di 21 November 1989 Paritm Sumatera Utara Minangkabau. Novel ini mulai di terbitkan oleh Katadepan pada tahun 2018.

Dan cinta paling rumit ini merupakan buku ketiga belasnya yang diterbitkan. Genre buku-buku yang di tulis merupakan kumpulan cerpen dari karyanya. Novel ini memiliki ketebalan yang cukup lumayan yaitu sekitar 331 halaman.

Sinopsis Novel Cinta Paling Rumit

Dalam resensi novel cinta paling rumit ini akan kami jelaskan juga sinopsis novel ini secara lengkap. Sinopsis ini akan membantu kamu untuk bisa mengetahui isi cerita novel ini secara lengkap.

Dari sudut kota yang jauh perasaan kepadamu tetaplah hal yang utuh. Sebab kamu bagian dari rencana-rencana besarku. Bagian penting dari hal-hal yang kumiliki dalam hidupku. Maka, bertahanlah di sana tanpa rasa curiga.

Tanamkan dalam dadamu apa yang aku perjuangkan sepenuh jiwa. Bersabarlah di sana, biar ku kembangkan lebih lebar lagi sayapku di sini. Semoga tidak lama lagi semesta memisahkan kita. Agar segala yang membuatmu cemas dan ragu bisa tiada.

Banyak yang terkecoh dengan judul buku ini karena terkesan bercerita tentang cinta anak remaja yang terpendam, bertepuk sebelah tangan, dan semacamnya yang biasa di bahas penulis.

Buku ini juga buka kumpulan tulisan-tulisan puitis ala Boy Candra, tetapi buku ini adalah kumpulan cerpen tentang cinta. Cinta disini diartikan oleh penulis lebih luas lagi. ada cinta kepada orang tua, idealisme, impian, keadilan dan lain sebagainya.

Cerpen pertama yang dinamakan sama dengan judulnya yaitu cinta yang rumit dimana mengisahkan si A suka sama si B tapi si B gak nyadar dan malah suka ke si C dan ternyata si D diam-diam jatuh cinta ke si A.

Ini klasik banget kan? Dan selanjutnya bergeser dan ini membuat terkejut dimana ceritanya benar-benar kekinian ada isu politik, minat. Pembaca di Indonesia, royalti penulis, hingga yang paling ekstrim tentang seorang bunuh diri karena patah hati dan divideokan.

Ceritanya cukup ngeri dan sekaligus ngilu dengan penggambaran bunuh diri di cerpen “Ashiran Munak Penulis yang Mati Bunuh Diri itu adalah kekasihku”.

Dan ada juga cerpen terbaik dari novel ini adalah “Di kedai kopi cepat saji Ibu Kota itu” di cerpen ini sangat indah dan sangat bagus sekali alurnya. Diawali dengan kalimat puitis dan diakhiri dengan kalimat puitis pula.

Penulis mampu menghadirkan emosi begitu kuat sehingga pembaca merasakan apa yang dirasakan oleh si tokoh cerpen tersebut. Cerpen ini juga membawa tema patah hati, sahabat baik dan orang tua yang selalu mendukung dan impian yang harus selalu di kejar.

Selain itu, di buku ini ada juga cerita absurd dan memiliki imajinasi liar yang tidak akan masuk akal misalnya kisah “Kisah gagak dan ayam hutan” yang bercerita tentang negara ayam hutan yang mulai di kuasai pendatang baru di Gagak.

Lalu ada cerita hantu bercerita seseorang yang mencintai hantu selain ada cerita “dia dilahirkan dari kesedihan” yang bercerita tentang perempuan patah hati yang bisa melahirkan ular.

Dan tentunya cerita-cerita tersebut memberikan hal baru dalam karya Boy Candra. Agar lebih lengkap kamu bisa simak novel cinta paling rumit secara langsung ya!

Unsur Intrinsik Novel Cinta Paling Rumit

Berikut beberapa unsur intrinsik yang akan kami bahas dalam resensi novel cinta paling rumit, diantaranya adalah:

1. Tema

Tema yang diangkat dalam novel cinta paling rumit adalah kumpulan cerpen karya Boy candra dengan berbagai kisah mulai kisah pilu hingga absurd.

2. Tokoh dan penokohan

Banyak tokoh yang terdapat dalam novel karena setiap cerita bdea tokoh dan penokohannya.

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel ini juga berbeda-beda ada yang menggunakan alur maju, alur mundur hingga menggunakan alur campuran.

4. Latar waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel ini juga bervariatif setiap ceritanya.

5. Latar tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel cinta paling rumit ini yaitu menggunakan latar tempat yang cukup pariatif setiap cerita beda latar tempatnya.

6. Sudut pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel ini berbeda-beda tapi kebanyakan menggunakan sudut pandang orang ketiga.

7. Gaya bahasa

Gaya bahasa yang digunakan cukup ringan dan mudah dipahami dan sebagian banyak quotesnya.

8. Amanat

Amanat yang terkandung dalam novel ini adalah kita jadi paham bahwa cinta tidak hanya kepada pasangan saja melainkan dalam kisah di novel ini kisah cinta secara umum baik ke orang tua, politik dan lainnya.

Unsur Ekstrinsik Novel Cinta Paling Rumit

Dalam resensi novel cinta paling rumit ini terdapat unsur ekstrinsik di dalamnya, yaitu:

Latar Belakang Penulis

Boy Candra ini dilahirkan pada 21 November 1989 di Kampung Parit, satu desa kecil di Sumatera Barat tanah Minangkabau dan mulai aktif menulis di tahun 2011. Selain menulis buku ia juga sering mengisi pelatihan/seminar.

Seminar penulisan kreatif di berbagai tempat di Indenesai. Selain itu ia juga aktif di berbagai media sosial dengan nama boycandra. Dan cinta paling rumit ini merupakan buku ketiga belasnya yang diterbitkan.

Kelebihan Novel Cinta Paling Rumit

Kelebihan pertama dalam novel ini adalah tokoh-tokoh yang dihadiirkan memiliki sifat beragam, selain itu twist ending yang apik juga snagat menarik perhatian. Alurnya juga seperti roller coster. Selain itu, tema yang ditawarkan sangat membuat si pembaca terpukau.

Kekurangan Novel Cinta Paling Rumit

Sudut pandang yang dipakai dalam novel ini terkadang membuat pembaca bingung karena merasa terkecoh dan kadang harus mengulang agar paham.

Pesan Moral Novel Cinta Paling Rumit

Bagi kamu yang sedang patah hari, tetap semangat dan ketahuilah bahwa kehidupan akan terus berjalan jadi jangan terpusat pada satu kesedihan saja.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai resensi novel cinta paling rumit semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat bagi kamu yang membacanya.

Artikel Menarik Lainnya: