Resensi Novel Claires; Sinopsis, Intrinsik, Ekstrinsik

Gambar dibuat dengan Canva Pro (Premium)

Bagi kamu yang suka dengan kisah romantis percintaan kamu bisa coba baca novel Claires. Dimana novel ini mengisahkan Claire yang harus berpisah dengan kekasihnya demi cita-cita masing-masing yang harus di wujudkan.

Nah, kesempatan kali ini artikel ini akan di jelaskan secara lengkap mengenai resensi novel Claires identitas novel, sinopsis, intrinsik, kelebihan kekurangan hingga pesan moral yang terkandung di dalam novel tersebut. Simak sampai akhir ya!

Identitas Novel Claires

Judul NovelClaires
PenulisValerie Patkar
PenerbitBhuana Ilmu Populer
Jumlah Halaman380
KategoriFiksi
Ukuran Buku13×19 cm
Tahun Terbit2018
Harga BukuRp. 79.000,-

Novel Claires ini merupakan salah satu karya dari Valerie Patkar dimana novel ini mulai diterbitkan pada tahun 2018 dan memiliki ketebalan yang mencapai 380 halaman dan juga ukuran sekitar 13×19 cm.

Novel ini cukup populer dan best seller dan diminati banyak para remaja karena kisahnya yang unik dan menarik tengtang percintaan dua insan yang harus berpisah dan menjalani hubungan jarak jauh.

Sinopsis Novel Claires

Dalam resensi novel Claires ini akan kami jelaskan juga sinopsis novel ini dan sinopsis ini akan membantu kamu untuk bisa memahami isi novel ini secara garis besar saja dan tentunya secara singkat juga tanpa adanya spoiler.

Kisah novel ini diawali dengan perpisahan Claire dan Kai yang masing-masing harus menempuh jalan masing-masing demi mengejar cita-citanya. Mulai dari Kai yang pergi ke Silverstone untuk mengejar cita-citanya sebagai pembalap.

Dan juga Claire yang harus tinggal di Bali demi menjadi seorang penulis. Setelah kepergian Kai. Claire mulai meluangkan waktunya untuk membantu sang sahabat yaitu Katrina untuk menggelar sebuah pameran.

Claire seorang yang tidak enakan dan kesulitan menolak permintaan orang lain. bahkan Katrina mengajak Claire ke pesta ulang tahun temannya sehingga mempertemukan dengan Ares Nota.

Ares Nota ini merupakan sosok pria tampan, tinggi dan memiliki kulit putih pucat dan sosok Claire sangat membuat Ares tertarik. Dan handphone Claire tertinggal di sebuah meja dan secara tidak sengaja ditemukan oleh Ares.

Dan nampaknya dunia memang berpihak pada Ares dan ternyata handphone yang ia temukan tidak terkunci. Namun, ternyata bermula dari keisengan itu Ares jatuh ke dalam perangkapnya sendiri.

Ares kemudian benar jatuh cinta kepada Claire. Dan Claire harus di hadapkan dengan dua pilihan bertahan untuk setia kepada Kai yang telah menjadi sosok pendamping selama 4 tahun.

Atau memilih sosok Ares yang iseng dan baru dikenalnya selama beberapa bulan, tapi sosoknya nyata ada di sampingnya. Lantas apakah yang akan di pilih oleh Claire? Lalu bagaimana hubungannya dengan Kai? Apakah Kai juga akan mengetahuinya?

Jika kamu penasaran dengan kisah Kai, Claire dan Ares Nota kamu bisa simak novel Claires ini di bukunya secara langsung ya!

Unsur Intrinsik Novel Claires

Di dalam resensi novel Claires ini pula aku akan jelaskan sedikit mengenai unsur intrinsik novel, unsur intrinsik ini merupakan unsur pembangun novel yang berasal dari dalam dan berikut penjelasannya.

1. Tema

Tema yang diangkat dalam novel Claires ini yaitu menggunakan tema percintaan segitiga antara Kai, Claire dan Ares Neto.

2. Tokoh dan penokohan

  • Kai, ia merupakan sosok yang ambisius dan sangat bercita-cita ingin jaadi pembalap internasional
  • Claire, ia wanita yang tidak tegaan, tidak enakan jika menolak sesuatu, ia orang yang suka munils
  • Ares, ia merupakan pemuda tinggi dan putih yang asik dan mudah bergaul
  • Katrina, ia merupaka teman Claire yang aktif dan sangat periang
  • Dan masih banyak lagi tokoh lainnya

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel Claire ini yaitu menggunakan alur campuran dimana terdapat alur maju dan alur mundur dalam novel tersebut.

4. Latar waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel Claires ini yaitu sama seperti pada novel umumnya yaitu pagi hari, siang hari dan juga malam hari.

5. Latar tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan latar tempat di Bali, Silverstone dan masih banyak lagi tokoh lainnya.

6. Sudut pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan sudut pandang orang ketiga yang serba tahu.

7. Gaya bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam novel Claires ini yaitu menggunakan gaya bahasa yang ringan dan mudah dipahami oleh semua kalangan.

8. Amanat

Dalam setia hubungan cobaan dan hambatan itu pasti akan selalu ada dan jika kamu di uji tetap utamakan lah kesetiaan dan kejujuran dan perlakukan orang lain dan pasanganmu sebagaimana engkau ingin  diperlukan.

Unsur Ekstrinsik Novel Claires

Dalam resensi novel Claires ini akan kami jelaskan juga unsur ekstrinsik novel. Dimana unsur ekstrinsik merupakan unsur pembangun novel yang berasal dari luar dan berikut penjelasan lengkapnya:

1. Nilai Sosial

Nilai sosial yang terkandung adalah sikap Claire yang tidak enakan untuk menolak permintaan bantuan dari para temannya.

2. Nilai Moral

Nilai moral yang terkandung dalam novel ini yaitu sikap Claire yang sudah tidak setia dengan Kai dan memilih Ares karena merasa nyaman.

Kelebihan Novel Claires

Setiap karya tentunya memiliki kelebihan dan juga kekurangan dan berikut beberapa penjelasan mengenai kelebihan dari novel Claires, diantaranya adalah:

  • Pertama gaya bercerita Valerie Patker sangat baik dan mengalir  selain itu ringan dan mudah dipahami
  • Alur cerita cinta yang disajikan Valerie juga sangat memukau konflik utama umum tetapi cukup sulit di tebak dan tidak berliku-liku
  • Banyak menyajikan kutipan-kutipan ala remaja
  • Latar tempat dan suasana dan tempat yang baik dan mendukung seluruh alur cerita
  • Setiap karakter tokoh di bangun dengan cukup kuat

Kekurangan Novel Claires

Selain kelebihan novel ini juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu kamu ketahui, dan berikut penjelasan lengkapnya.

  • Masih ditemukannya kesalahan penulisan atau tyfo
  • Beberapa pembaca merasa perpindahan atau peralihan dari adegan satu ke adegan lain kurang mulus
  • Dara ini terlalu klasik dan banyak di gunakan
  • Beberapa adegan dinilai terlalu eksplisit

Pesan Moral Novel Claires

Jika kamu diuji untuk mengetahui apakah perasan cinta dalam dirinya memang tulus dan kuat atau hanya di timbulkan sesaat dan bangunlah hubungan dengan kejujuran dan juga kesetiaan perlakukan orang lain sebagaimana kamu ingin diperlakukan.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai resensi novel Claires mulai dari identitas novel, sinopsis, intrinsik, ekstrinsik hingga pesan moral kelebihan dan kekurangannya semoga apa yang kami jelaskan bermanfaat ya!

Artikel Menarik Lainnya: