Resensi Novel Dangerous Nerd; Sinopsis, Intrinsik, Amanat

Gambar dibuat dengan Canva Pro (Premium)

Bagi kamu yang suka dengan novel aksi dan misteri kamu bisa coba baca novel dangerous nerd dimana novel ini mengisahkan Kay yang harus hidup bersama pamannya tanpa tahu orang tuanya dan ia harus menjalankan misi agen rahasia.

Dalam resensi novel dangerous nerd ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai identitas novel, sinopsis, unsur intrinsik, ekstrinsik, kelebihan kekurangan hingga pesan moral yang terkandung di dalam novel tersebut.

Identitas Novel Dangerous Nerd

Judul NovelDangerous Nerd
PenulisSiska Febrianti
PenerbitLoveable
Jumlah Halaman240 halaman
KategoriFiksi
Ukuran Buku14×20 cm
Tahun Terbit2021
Harga BukuRp.90.000,-

Novel dangerous nerd karya Siska Febrianti ini pertama kali diterbitkan di aplikasi Wattpad dan sudah di baca lebih dari 10 juta pengunjung Wattpad dan membuat novel ini dibukukan oleh Loveable di tahun 2021.

Buku novel dangerous nerd ini memiliki ketebalan yang mencapai sekitar 240 halaman dan memiliki ukuran sekitar 14×20 cm buku ini di bandrol mulai harga Rp.90.000,- an saja.

Sinopsis Novel Dangerous Nerd

Dalam resensi novel dangerous nerd ini akan kami jelaskan juga sinopsis novel, dimana sinopsis ini akan membantu kamu untuk bisa memahami isi novel ini secara singkat dan garis besarnya saja.

Dimana novel dangerous nerd ini menceritakan seorang wanita yang bernama Kay Seja dan l laki-laki bernama Reiga Neon Ananta. Kay yang selalu mencari tahu di mana keberadaan orang tuanya, dan dari mana asalnya.

Kehidupan Kay Senja yang penuh misteri ini, bermula ketika Kay di besarkan di desa oleh seorang paman yang bernama Kevin, paman selalu melatih dirinya untuk menjadi kuat dan selalu memberikan teka teki kepadanya untuk di pecahkan.

Kay yang mempunyai seorang sahabat yang bernama Bunga dan Abdul. Dan paman Kay menyuruhnya untuk bersekolah di Jakarta dan membalaskan dendam orang tuanya.

Dengan dibekali duit sebesar 30 juta Kay pergi ke Jakarta dan sebuah buku yang bertuliskan sebuah alamat yang harus Kay datangi. Dan itu ternyata merupakan pemberian terakhir pamannya sebelum meninggal secara tiba-tiba.

Dan setelah sampainya di Jakarta Kay mencari sebuah alamat yang diberikan oleh pamannya. Kay bertemu dengan Yura dan Yura membantu Kay untuk bersekolah dan menyamar menjadi nerd yang selalu di bully oleh teman-temannya.

Kay yang masih bingung karena kedatangan Yura yang membantu mengurus agar dia bersekolah dan tiba-tiba dimasukkan ke agensi mata-mata yang bernama dangerous secret agency dan ternyata itu adalah milik pamannya.

Yura menyekolahkan Kay di Samudra High School dan Yura menyuruh Kay memecahkan kasus 12 siswa yang hilang pertahunnya di sekolah tersebut.

Lucy adalah teman satu satunya Kay di Sekolah. Lucy yang menceritakan tentang Most Wanted Boy di sekolahnya Kay yang menjalani aktifitas sekolahnya seperti biasa walaupun sering terkena bulian dan di bantu oleh Lucy, walaupun ujung-ujungnya Lucy terkena imbasnya.

Setelah lama Kay masuk di agensi milik pamannya, di berikan misi-misi oleh Yura yang cukup sulit tetapi Kay selalu berhasil memecahkan semua misi tersebut. Dan akhirnya sedikit demi sedikit dia menemukan apa penyebab kematian orang tua dan pamannya.

Sampai pada akhirnya Yura memberikan misi kepada Kay misi yang menurut Kay sangat sulit dikarenakan ia jauh cinta dengan salah satu keluarga target utamanya. Lantas apakah Kay bisa menyelesaikan misi tersebut? Ataukah cinta membuat misi Kay gagal?

Untuk lebih jelasnya kamu bisa simak secara langsung di novel dangerous nerd secara langsung ya!

Unsur Intrinsik Novel Dangerous Nerd

Dalam resensi novel dangerous nerd ini akan kami jelaskan juga beberapa unsur intrinsik dari novel ini, dan berikut penjelasan lengkapnya:

1. Tema

Tema yang di angkat dalam novel dangerous nerd ini yaitu menggunakan aksi dan juga balas dendam Kay kepada orang-orang yang telah membunuh paman dan kedua orang tuanya.

2. Tokoh dan penokohan

  • Kay, ia merupakan wanita yang cantik, pintar berkelagi, cerdas dan suka di buli hanyalah topeng
  • Paman Kevin, yang memberikan Kay ilmu beladiri
  • Lucy, teman Kay saat berada di sekolah
  • Yura, ia merupakan seseorang yang membantu Kay agar bisa masuk sekolah dan memberikan banyak misi di tim agency
  • Regia, orang yang Kay cintai
  • Dan masih banyak lagi tokoh lainnya

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel dangerous nerd ini yaitu menggunakan alur campuran dimana terdapat alur maju dan alur mundur di dalamnya.

4. Latar waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel dangerous nerd ini yaitu menggunakan latar waktu pagi hari, siang hari dan juga malam hari.

5. Latar tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel dangerous nerd ini yaitu menggunakan latar tempat di Jakarta, di high school, di agensi dan banyak lagi tempat lainnya.

6. Sudut pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel dengarous nerd ini menggunakan sudut pandang orang ketiga yang serba tahun dan sudut pandang orang pertama.

7. Gaya bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam novel ini mudah dipahami oleh semua kalangan.

8. Amanat

Amanat yang terkandung dalam novel ini adalah berpikirlah sebelum bertindak dalam memutuskan sesuatu agar kamu tidak menyesal pada akhirnya. Dan gunakanlah akal dan juga perasaanmu saat memilihnya.

Unsur Ekstrinsik Novel Dengarous Nerd

Selain unsur intrinsik kami juga akan jelasakn unsur ekstrinsik dalam novel dangerous nerd ini diantaranya adalah:

1. Nilai Sosial

Sikap Yura yang selalu membantu segala kebutuhan Kay saat Kay mengunjungi Jakarta itu karena kewajibannya untuk melindungi Kay.

2. Nilai Moral

Kay yang selalu berhasil dalam mengemban misi kini ia harus di hadapkan dengan perasaan atau tugasnya dan tentunya membutuhkan kematangan yang tepat untuk memilihnya.

Kelebihan Novel Dangerous Nerd

Seperti yang kita ketahui bahwa setiap karya memiliki kelebihan dan juga kekurangan dan berikut beberapa kelebihan yang terdapat dalam novel dangerous nerd, diantaranya adalah:

  • Alur campuran yang digunakan dalam novel ini tidak membuat pembaca merasa bingung
  • Setiap tokoh memiliki karakter tokoh yang seimbang dan unik
  • Cover buku yang uni dan menarik

Kekurangan Novel Dangerous Nerd

Selain kelebihan novel ini juga memiliki kekurangan yang perlu kamu ketahui, diantaranya adalah:

  • Bahasa yang digunakan menggunakan campuran jadi agak kuranng dipahami
  • Bagi kamu yang tidak suka novel trhailer novel ini tidak cocok untuk kamu baca
  • Aadegan kekerasan yang sulit diterima pembaca

Pesan Moral Novel Dangerous Nerd

Jangan mudah menaruh kepercayaan pada seseorang tidak semuanya orang baik akan selalu menjadi baik dan tidak semuanya orang jahat akan selalu menjadi jahat, jika Tuhan berkehendak maka kita hanya dapat menerima dengan ikhlas.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai resensi novel dangerous nerd mulai dari identitas, sinopsis hingga pesan moral semoga bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya: