Resensi Novel Dream Launch Project

Gambar dibuat dengan Canva Pro (Premium)

Bagi kamu yang suka dengan kisah motivasi kamu bisa coba baca novel dream launch project dimana novel ini merupakan karya dari Renita Nozario. Dan dalam kesempatan kali ini kami akan menjelaskan resensi novel dream launch project ini secara lengkap.

Mulia dari identitas novel, sinopsis, intrinsik, ekstrinsik, hingga kelebihan kekurangan juga pesan moral yang terkandung di dalamnya. Untuk lebih jelasnya kamu bisa simak artikel ini sampai selesai ya!

Identitas Novel Dream Launch Project

Judul NovelDream Lauch Project
PenulisRenita Nozario
PenerbitBukune
Jumlah Halaman421 Halaman
Ukuran Buku13×19 cm
KategoriFiksi
Tahun Terbit2020
Harga BukuRp.99.000,-

Novel dream launch project ini merupakan sebuah karya dari seorang penulis yang bernama Renita Noziro dimana novel ini mulai diterbitkan pada tahun 2020 dan kemudian novel ini memiliki ketebalan yang mencapai sekitar 421 halaman.

Novel ini juga memiliki ukuran sekitar 13 x19 cm dan kamu bisa mendapatkan buku ini mulai dari sekitar Rp.99.000,- per picisnya.

Sinopsis Novel Dream Launch Project

Dalam resensi novel dream launch project ini memiliki sinopsis di dalamnya dan tentunya sinopsis ini akan membantu kamu untuk memahami novel ini secara garis besarnya saja dan berikut penjelasannya.

Novel ini mengisahkan Terry yang merupakan seorang songwriter dan produser yang kehilangan semangat hidup setelah di diagnosis mengalami tinitus serta kemungkinan kehilangan pendengaran secara total untuk seumur hidup.

Dan selama ini, Terry sudah banyak kehilangan hal-hal penting di hidupnya dari semua kehilangan itu, Terry selalu berpikir jika setidaknya ia masih memiliki musik. Sampai akhirnya dunia juga mau merampas hal itu darinya.

Terry kehilangan satu-satunya hal yang ia punya. Setelah percobaan bunuh diri yang Terry lakukan, ia diingatkan pada janji yang pernah di buatnya di masa lalu.

Janji tersebut mendorong Terry menggunakan kuasa yang ia miliki untuk menjadi guru honorer sekaligus wali kelas di sebuah sekolah. Dari sini, ceritanya dengan tiga siswa paling menonjol di kelas dimulai.

Jevais, Artajuna, dan Ezekiel adalah ketiga siswa itu. Terry pernah berkata, kalau hidup ini adalah salah satu bentuk keberanian. Manusia itu menakuti sesuatu yang tidak pasti sedangkan hidup itu sendiri tercipta dari milyaran ketidakpastian.

Kalau begitu, bukankah hidup itu sendiri adalah bentuk keberanian kita? Sejak pertama pertemuan mereka untuk berani hidup dalam ketidakpastian. Ia juga membantu ketiga muridnya untuk menemukan mimpi dan hal-hal yang bisa dijadikan alasan untuk hidup.

Seperti bagaimana Terry menemukan alasan untuk bertahan hidup dengan keberadaan mereka. Murid-muridnya itu adalah salah satu dari sedikit alasan mengapa Terry berubah pikiran dan merasa kalau hidup tidak semengerikan itu selama ia memiliki mereka.

Dan semuanya sudah baik-baik saja, sampai kemudian terjasi suatu peristiwa tidak terduga yang membuat Terry mengambil keputusan sulit.

Semata-mata supaya ia bisa memastikan bahwa kedepannya hidup Javies akan baik-baik saja. dan pada akhirnya, Terry tetap mengambil keputusan tersebut meskipun sebetulnya Terry tahu, kalau Jevais tidak akan suka dengan keputusan yang ia ambil.

Lantas apa keputusan penting itu? Yuk, kamu yang penasaran dengan jawabannya kamu bisa simak di novel dream launch project secara lengkap ya!

Unsur Intrinsik Novel Dream Launch Project

Dalam resensi novel dream launch project ada unsur intrinsik di dalamnya yang perlu kamu ketahui dan berikut penjelasan lengkapnya:

1. Tema

Tema yang diangkat dari novel inia dalah sbeuah hubungan dekat antara murid dan guru lebih dari itu tapi juga kekeluargaan dan juga persahabatan.

2. Tokoh dan penokohan

  • Pak Terry, ia merupakan seorang songwriter dan juga produser serta guru honorer, yang baik, tegas dan juga memiliki hati malaikat
  • Jevais, murid sontoloyo Pak terry  yangs ejak kecil sudah ditinggal ibunya
  • Artajuna, sering di panggil Injun yang selalu di banding-banding dengan kakaknya yang pintar
  • Ezekiel, atau Jeno anak broken home yang suka musik
  • Dan masih banyak lagi tokoh lainnya

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan alur campuran dimana terdapat alur maju dan alur mundur di dalam novel tersebut.

4. Latar waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel ini adalah di pagi hari, siang hari dan juga malam hari.

5. Latar tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel ini adalah di SMA, di kelas, di kantin, di tempat latihan, di rumah sakit dan masih banyak lagi latar tempat lainnya.

6. Sudut pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel dream launch project ini adalash sudut pandang orang ketiga yang serba tahu.

7. Gaya bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam novel ini adalah menggunakan gaya bahasa yang ringan dan mudah dipahami oleh semua kalangan baik remaja hingga dewasa.

8. Amanat

Tetaplah berusaha untuk menggapai impian walaupun banyak mulut orang yang merendahkan, tetaplah berjalan menuju masa depan tinggalkan cerita masa lalu yang akan menghambat perjalanan.

Unsur Ekstrinsik Novel Dream Launch Project

Selain unsur intrinsik dalam resensi novel dream launch project ini kami juga akan jelaskan unsur ekstrinsik dalam novel tersebut dan berikut penjelasan lengkapnya:

1. Nilai Sosial

Nilai sosial yang terkandung dalam novel ini adalah sikap Pak Terry yang sudah tidak memiliki semangat hidup tapi masih menyemangati tiag sontoloyo untuk mengahadapi hidup secara berani.

2. Nilai Moral

Sikap Pak Terry yang mendonorkan jantungnya untuk Nana  itu adalah sikap yang sangat luar biasa pemberani dan juga kestaria.

Kelebihan Novel Dream Launch Project

Dan berikut beberapa kelebihan yang dimiliki oleh novel dream launch project yang perlu kamu ketahui, diantaranya adalah:

  • Penokohan dalam novel ini diceritakan dengan baik
  • Semua cerita tertuang dengan rapi dan tiap tokoh mendapatkan jatah yang sama rata tanpa diskriminasi
  • Walaupun diceritakan dengan narasi yang ringan dan dialog khas remaha
  • Amanat di sampaikan dengan tepat
  • Alur yang kompleks namun jelas dan tidak membosankan

Kekurangan Novel Dream Launch Project

Selain kelebihan kamu juga perlu mengetahui kekuragannya yang terdapat dalam novel tersebut, diantaranya adalah:

  • Klimaks yang berada di hampir akhir buku menyebabkan penjelasan terasa terburu-buru dan hanya fokus pada satu tokoh
  • Akhir ceritas terasa sangat cepat dan kurang detail

Pesan Moral Novel Dream Launch Project

Novel ini mengajarkan kita untuk tetaplah berusaha untuk menggapai impian walaupun banyak mulut orang yang merendahkan, tetaplah berjalan menuju masa depan tinggalkan cerita masa lalu yang akan menghambat perjalanan.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai resensi novel dream launch project mulai dari identitas, sinopsis, hingga pesan moralnya.

Artikel Menarik Lainnya: