Resensi Novel Ezaquel; Sinopsis, Intrinsik, Ekstrinsik, Amanat

Gambar dibuat dengan Canva Pro (Premium)

Kamu suka dengan kisah romantis percintaan remaja yang unik dan menarik kamu bisa coba baca novel Ezaquel dimana novel ini sangat cocok di baca oleh kaum remaja. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai resensi novel Ezaquel.

Dalam resensi ini akan dijelaskan secara lengkap mulai dari identitas novel, sinopsis, unsur intrinsik, ekstrinsik hingga kelebihan dan juga kekurangannya tidak lupa kami jelaskan juga pesan moral yang terdapat dalam novel ini simak sampai akhir ya!

Identitas Novel Ezaquel

Judul NovelEzaquel
PenulisSiti Habibah
PenerbitKawah Media Pustaka Pt
Ukuran Buku14×20 cm
Jumlah Halaman240 halaman
KategoriFiksi Romance
Tahun Terbit2021
Harga BukuRp.89.500,-

Novel Ezaquel ini merupakan sebuah karya yang di tulis oleh Sti Habibah pada sebuah aplikasi Wattpad dan sudah dibaca oleh 2,8 juta kali. Hingga akhirnya pada akhir tahun 2021 buku ini diterbitkan oleh Kawah Media Pustaka.

Novel dengan ketebalan 240 halaman ini menceritakan seorang lelaki bernama Ezaquel yang sangat berprestasi di bidang akademik hingga ia dipercaya sebagai ketua geng yang isinya semua siswa berprestasi.

Sinopsis Novel Ezaquel

Dalam sebuah novel pastinya kamu akan menemukan sebuah sinopsis novel, dimana sinopsis tersebut merupakan cerita singkat secara garis besar mengenai novel tersebut. Dalam resensi novel Ezaquel ini kami juga akan jelaskan sedikit mengenai sinopsis novel yaitu:]

Novel ini mengisahkan seorang lelaki bernama Ezaquel Briliano Khalis Aryuda dia merupakan siswa yang berprestasi. Dan ia merupakan juara Olimpiade Sains Nasional tingkat SMA dan dikatakan sebagai laki-laki most wanted SMA Exa Dirgantara.

Ezaquel ini akrab dipanggil Eza dia sangat berprestasi di bidang akademik atau non akademik apa pun yang Eza lakukan selalu didasari dengan pertimbangan untuk mengatur seluruh strategi supaya bisa mendapatkan kemenangan.

Apa pun yang Eza katakan selalu berkesinambungan dengan sejumlah rumus yang sudah tertanam di kepalanya. Karena kelebihannya itu, ia dipercaya menjadi pemimpin strategi perang dalam gengnya bernama Egryon.

Geng Egryon ini bukan hanya sekedar geng biasa melainkan didalamnya terdapat sekumpulan siswa berprestasi yang dibentuk untuk memberantas kejahatan dan kekerasan yang terjadi di SMA Exsa Dirgantara.

Dan kehidupan Eza ini mulai berubah saat ia bersama dengan Aurin Anjelika Ayudia ia merupakan sosok yang bawel, ceroboh, dan memiliki syndrom putri tidur. Aurin ternyata merupakan anak dari teman kedua orang tua Eza.

Dan kedua orang tua mereka telah berencana akan menjodohkan mereka. Pada awalnya Eza menganggap Aurin ini gadis biasa saja bahkan ia merasa terganggu dengan kehadirannya di hidupnya.

Dan akhirnya ia penasaran dan jatuh cinta bahkan ia rela berkorban apa pun demi gadis yang dicintainya. Bahkan Eza juga siap mengorbankan nyawanya demi melindungi Aurin dan suatu waktu musuh Eza mengetahui kelemahannya yaitu Aurin.

Dan Aurin yang memiliki syndrom itu kaget melihat dirinya sudah diculik oleh musuh Eza tersebut dan penjahat tersebut ternyata bukan orang lain melainkan keluarganya sendiri yaitu Kafa.

Lantas apakah Eza berhasil menyelamatkan gadis yang ia cintai itu? Untuk lebih jelasnya kamu bisa simak secara langsung di buku novel Ezaquel ya!

Unsur Intrinsik Novel Ezaquel

Dalam resensi novel Ezaquel ini memiliki unsur intrinsik di dalamnya yang perlu kamu ketahui dimana terdapat beberapa unsur intrinsik di dalam novel ini yaitu:

1. Tema

Tema yang diangkat dalam novel Ezaquel ini adalah tentang kisah percintaan romansa di masa remaja.

2. Tokoh dan Penokohan

Berikut beberapa tokoh yang terdapat dalam novel Ezaquel diantaranya adalah:

  • Ezaquel, ia merupakan tokoh utama yang memiliki wajah tampan, cerdas dan sangat pemberani
  • Aurin, ia merupakan seorang gadis cantik, yang ceroboh dan memiliki syndrom putri tidur yang bisa tidur berkepanjangan
  • Digta, sahabat satu geng Eza yang baik dan juga solid serta suka membantu orang lain
  • Kafa, ia tokoh antagonis yang merupakan adik Eza yang masih dendam terhadap keluarga Aurin karena memenajarakan ayahnya dulu
  • Althar, teman satu geng Eza dan Digta
  • Dan masih banyak lagi tokoh lainnya

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel Ezaquel ini terdapat alur campuran dimana di novel ini terdapat alur maju dan juga alur mundur didalamnya.

4. Latar Waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel ini adalah pagi hari, siang hari dan juga malam hari.

5. Latar Tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel ini adalah di sekolah, di rumah, di lapangan, di kantin dan di gudang dan masih banyak lagi tempat lainnya.

6. Sudut Pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel ini adalah menggunakn sudut pandang orang ketiga yang serba tahu.

7. Gaya Bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam novel Ezaquel ini yaitu menggunakan gaya bahasa yang ringan dan mudah di pahami apalagi oleh para remaja dan dewasa.

8. Amanat

Amanat yang terkandung dalam novel adalah jangan pernah menyelesaikan masalah dengan emosi karena hal tersebut akan membuat dirimu menyesal atas apa yang telah kamu lakukan dan hilangkanlah dendam di hati.

Unsur Ekstrinsik Novel Ezaquel

Berikut beberapa unsur ekstrinsik dalam novel Ezaquel yang perlu kamu ketahui, diantaranya adalah:

1. Nilai Sosial

Nilai sosial yang terdapat dalam novel ini adalah sikap Digta yang setia menolong Eza dan Aurin ketika menyelamatkan Aurin dari sekapan Kafa meski ia terluka parah dan akhirnya meninggal.

2. Nilai Moral

Sikap Kafa yang pemarah dan selalu mengandalkan emosi dalam menyelesaikan masalah sehingga menghilangkan nyawa seseorang itu adalah tindakan kriminal yang tidak patut di contoh dan harus dihindari.

Kelebihan Novel Ezaquel

Dalam sebuah karya kita akan menemukan sebuah kelebihan berikut juga dalam novel Ezaquel ini kelebihannya adalah:

  • Kisah percintaan remaja yang cukup menyenangkan dan tidak berlebihan
  • Ada banyak emosi yang dihadirkan mulai dari tegang, haru, gemas dan sebagaina
  • Karakter yang dibangun juga cukup menarik seperti putri tidur dan kecerdasan seseorang
  • Tidak hanya percintaan novel ini juga mengisahkan persahabatan yang kuat gaya penulisan yang juga mudah dipahami
  • Serta alur yang tidak lambat dan juga tidak cepat sedang saja

Kekurangan Novel Ezaquel

Selain kelebihan novel ini juga memiliki kekurangan diantaranya adalah:

  • Ada beberapa bagian cerita yang dapat dikatakan sebagai kejadian eksplisit karena mengandung kekerasan
  • Adegan penculikan, perkelahian, tawuran yang tidak cocok untuk dibaca oleh remaja di bawah umur

Pesan Moral Novel Ezaquel

Dendam merupakan kebencian dan amarah dalam waktu lama yang sangat membutakan hati dan juga pikiran dan menyimpan dendam tidak ada gunanya karena akan berdampak buruk bagi orang lain atau pun untuk diri sendiri sehingga hindarilah dendam dalam hati.

Akhir Kata

Nah, itulah sekelumit penjelasan mengenai resensi novel Ezaquel yang kami jelaskan mulai dari identitas hingga kelebihan dan kekurangan juga pesan moralnya semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat ya!

Artikel Menarik Lainnya: