Resensi Novel Hendrick; Sinopsis, Intrinsik, Pesan Moral

Resensi Novel Hendrick; Sinopsis, Intrinsik, Pesan Moral

Gambar dibuat dengan Canva Pro (Premium)

Kamu suka dengan novel bergenre horor indigo yang unik. Kamu bisa loh baca karyanya Risa Saraswati dimana karya-karyanya mengenai kisah indigonya bertemu dengan beberapa hantu anak Belanda salah satunya Hendrick ini.

Dalam artikel ini akan dibahas mengenai resensi novel Hendrick di sini juga akan dijelaskan lengkap mulai dari identitas novel, unsur intrinsik, unsur ekstrinsik hingga kelebihan dan juga kekurangannya. Simak sampai akhir ya!

Identitas Novel Hendrick

Judul NovelHendrick
PenulisckRisa Saraswati
PenerbitBukune
Ukuran Buku14×20 cm
Jumlah Halaman256 halaman
KategoriFiksi Horor
Tahun Terbit2021
Harga BukuRp.74.250,-

Buku novel Hendrick ini mulai diterbitkan pada tahun 2021 dan novel ini memiliki ketebalan mencapai 256 halaman dimana novel ini mengisahkan salah satu kisah tema Risa yang tak kasat mata.

Bagi kamu yang penasaran dengan kisah Hendrick ini bisa coba sinopsisnya terlebih dahulu karena akan dibahas secara singkat mengenai kisah ini.

Sinopsis Novel Hendrick

Dalam resensi novel Hendrick ini akan dijelaskan sinopsis novel dimana sinopsis ini adalah cerita singkat novel yang dikisahkan secara garis besar dan berikut kisahnya.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa Risa Saraswati ini merupakan seorang penulis dan penyanyi dimana Risa juga dianugrahi kemampuan khusus yaitu dapat melihat makhluk yang tak kasat mata.

Dan novel berjudul Hendrick ini mengisahkan sahabat kecil Risa yang merupakan salah satu hantu Belanda yang hidup pada masa tahun 1890-an.

Hendrick sendiri memiliki nama lengkap yaitu Hendrick Konnings yang lahir di Belanda tepatnya di kota bernama Bandoeng dan Hendrick ini lahir dari pasangan yang bernama Jeremy Konnings dan Nina Konnings.

Dan sebelum Hendrick lahir ke dunia ini sebetulnya pasangan tersebut sudah memiliki seorang putri yang bernama Angeline. Namun, sayangnya usia Angeline hanya bisa bertahan sebentar yaitu dua hari akibat akibat organ-organ dalamnya yang belum tumbuh sempurna.

Dan keluarga Konnings ini terkenal baik pada semua termasuk pada para pekerja di rumahnya. Walaupun keluarga ini merupakan keluarga kaya raya namun mereka memilih rumah yang sederhana.

Karena pasangan ini lebih suka membesarkan anak mereka dengan fasilitas yang sederhana agar Hendrick tumbuh menjadi anak yang tidak sombong dan juga tinggi hati. Jika pada kesempatan lain saya pernah menceritakan Hans.

Dan Hans itu merupakan salah satu teman Hendrick dan keduanya tidak sengaja bertemu saat mereka memanjat tembok belakang rumah dan saat itu mereka akhirnya sering bermain ke rumah Hands dan mencicipi kue keluarga Hans.

Namun, kehidupan Hendrick berubah ketika gadis bernama Helena datang ke kehidupannya ia adalah seorang yatim piatu dan tinggal di panti asuhan di Bandoeng. Dan Helena yang cantik dan baik langsung mendapat tempat di keluarga Konnings ini.

Dan selanjutnya kehidupan Hendrick semakin berubah ketika keluarga Hans dan Hendrick berwisata ke sebuah dataran tinggi di Jawa Barat. Jeremy Konnings ayah Hendrick tiba-tiba terkena serangan jantung dan meninggal dan dikuburkan di halaman rumah Konnings.

Keadaan tersebutlah yang membuat Nina Konnings mengalami depresi dan menganggap kematian Jeremy ini akibat Hendrick dan menganggap Helena sebagai anaknya yang telah meninggal yaitu Angelina dan tidak memperdulikan lagi Hendrick.

Dan tentunya hal ini membuat Hendrick menjadi dewasa tidak manja seperti sebelumnya. Namun, Hendrick meninggal akibat penyakit langka yang ia miliki. Sehingga setelah kehilangan Hendrick.

Ibunya Hendrick mulai sadar apa yang telah ia lakukan bahwa ia telah menyakiti Hendrick sehingga ia memilih bunuh diri agar bisa bertemu dengan suami dan anak-anaknya lagi.

Lantas bagaimana kisah kelanjutannya? Kamu bisa simak secara langsung di novel Hendrick karya Risa Saraswati ini di buku novelnya ya!

Unsur Intrinsik Novel Hendrick

Berikut dalam resensi novel Hendrick ini kami juga jelaskan beberapa unsur intrinsik novel yang perlu kamu ketahui, dan ini penjelasan lengkapnya:

1. Tema

Tema yang diangkat dalam novel ini adalah tentang kisah penulis indigo yang mengisahkan sahabat-sahabat tak kasat matanya.

2. Tokoh dan Penokohan

Berikut beberapa tokoh yang terdapat dalam novel Hendrick diantaranya adalah:

  • Hendrick, ia merupakan sosok yang baik, sabar dan sangat mencintai keluarganya
  • Jeremy, ia merupakan ayah yang baik dan juga bertanggung jawab, penyayang
  • Nina, ia merupakan istri yang baik tapi mudah depresi
  • Hans, sahabat Hendrick yang menjadi teman baik
  • Helena, ia gadis cantik yang yatim piatu
  • Dan masih banyak lagi tokoh lainnya

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel ini adalah alur campuran dimana terdapat alur maju dan alur mundur di dalamnya.

4. Latar Waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel Hendrick siang hari dan malam hari.

5. Latar Tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel Hendrick ini adalah di Prancis, Netherland, Bandoeng, Perpustakaan, Rumah Hans, Rumah Konnings, Perkebunan. Yayasan panti asuhan, dan rumah sakit.

6. Sudut Pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel Hendrick yaitu menggunakan sudut pandang orang ketiga yang serba tahu.

7. Gaya Bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam novel Hendrick ini menggunakan gaya bahasa yang ringan dan mudah dipahami.

8. Amanat

Amanat yang pertama yaitu jangan pernah menyalahkan seseorang atas semua yang terjadi dalam kehidupan kita karena dibalik tiap duka terdapat pelajaran yang bermakna.

Jangan menyia-nyiakan seseorang yang menyayangi kita karena kita bisa saja menyadarinya saat mereka sudah tiada.

Unsur Ekstrinsik Novel Hendirck

Dalam resensi novel Hendrick ini kami juga akan jelaskan unsur ekstrinsik dan berikut penjelasannya:

1. Nilai Sosial

Sikap Hans dan kelaurganya yang selalu menyayangi dan memperhatikan Hendrick menandakan ia merupakan memiliki sikap sosial yang cukup baik.

2. Nilai Moral

Sikap moral yang terdapat dalam novel ini adalah sikap Nina yang menyalahkan Hendrick atas kematian suaminya itu merupakan hal yang tidak patut di contoh.

3. Nilai Agama

Nilai agama yang terkandung dalam novel ini adalah keluarga konning ini menganut agara nasrani yang taat.

Kelebihan Novel Hendrick

Dalam sebuah karya tentunya kita memiliki kelebihan dan juga kekurangan dan tentunya salah satunya dalam novel. Dan berikut kelebihan dari novel Hendrick diantaranya adalah:

  • Kelebihan yang pertama yaitu novel ini memiliki alur cerita yang cukup menarik
  • Penggambaran cerita juga sangat menarik pembaca sehingga tidak bosan
  • Setiap tokoh memiliki karakter yang berbeda

Kekurangan Novel Hendrick

  • Dalam novel ini akan ditemukan banyak bahasa Belanda jadi kurang begitu dipahami
  • Ada beberapa tyfo juga

Pesan Moral Novel Hendrick

Novel ini mengajarkan kita untuk tidak menyalahkan orang lain saat takdir buruk menimpa karena sebuah takdir dan harus menerima cobaan dengan rasa iklas dan sabar.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai resensi novel Hendrick semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat dan membantu kamu yang sedang mencari informasi mengenai novel ini.

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: