Resensi Novel Ibu Doa yang Hilang: Sinopsis & Intrinsik

resensi novel ibu doa yang hilang

Novel doa ibu yang hilang ini merupakan sebuah karya dari penulis Bagas D. Bawono. Buku mengisahkan kisah hidupnya melalui 29 kisahnya yang cukup menginsfirasi pembaca.

Penasaran dengan isi bunu ini? Kamu bisa baca resensi ibu doa yang hilang di artikel ini. Akan di bahas secara lengkap mulai dari identitas, sinopsis, hingga pesan moral di dalamnya.

Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Identitas Novel

Judul NovelIbu Doa Yang Hilang
PenulisBagas D. Bawono
Jumlah halaman233 halaman
Ukuran buku13×19 cm
PenerbitPT. Zettu
KategoriFiksi
Tahun Terbit2014
Harga novelRp. 70.000

Novel ibu doa yang hilang merupakan sebuah karya dari Bagas D. Bawono yang diterbitkan pada tahun 2014 oleh PT. Zettu novel ini memiliki ketebalan sebanyak 233 halaman.

Buku ini mengisahkan kisah hidup sang penulis beserta keluarganya secara sederhana dengan 29 kisah inspiratif yang disajikan.

Sinopsis Novel Ibu Doa yang Hilang

Novel ini memuat 29 kisah inspiratif tentang keseharian yang dialami penulis dengan ibu tercinta beserta keluarganya mulais dari kenangan paling awal ketika keluarga penulis masih lengkap.

Lalu saat meninggalnya ayah tercinta, serta perjuangan tanpa lelah dan suka duka seorang ibu yang harus membesarkan kedua anaknya hingga dewasa.

Dan bagaimana sang ibunda tercinta meninggalkan beserta kenangan-kenanagan manis dan teladan yang ditinggalkan semasa hidupnya.

Tulisan ini Bagas jarang sendiri dan merupakan orang yang mengalami secara langsung amak cerita yang disajikan seperti buku diary karena mengangkat kisah-kisah kesehariannya.

Sehingga kisah-kisah di buku ini terasa dekat dan begitu kuat menyentuh hati pembacanya.

Selain itu seluruh kisah dalam buku ini juga sarat dengan contoh keteladanan figur seorang ibu yang banyak memberikan insfirasi.

Masing-masing cerita tidak di tulis begitu panjang sehingga tidak memerlukan waktu banyak untuk membacanya.

Untuk lebih lengkapnya kamu bisa membaca buku novel ibu doa yang hilang di novelnya langsung ya biar lebih lengkap!

Unsur Intrinsik Novel

Terakhir dari resensi novel ibu doa yang hilang terdapat unsur intrinsik di dalamnya yang mungkin belum kamu ketahui, diantaranya adalah:

1. Tema

Tema yang diangkat dalam novel ini yaitu kisah hidup seorang bagas yang di tuliskan ke dalam 29 cerita inspiratifnya di buku ini.

2. Tokoh dan Penokohan

Berikut merupakan beberapa tokoh yang terdapat dalam novel Ibu doa yang hilang yaitu:

  • Aku, tokoh ini merupakan tokoh utama dalam novel yang menceritakan kisah hidupnya dan juga ksiah hidup keluarganya
  • Ayah, ia sosok yang penyabar, penyayang, bijaksana dan tegas
  • Ibu, ia sosok yang penyabar, pantang menyerah, baik, lemah lembut dan pekerja keras
  • Dan masih banyak lagi tokoh lainnnya

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel ini tidak jelas karena ini merupakan penggalan kisah hidupnya tidak sesuai kronologis. Artinya alur yang digunakan campuran kadang maju, kadang juga mundur.

4. Latar Waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel yaitu pagi hari, siang hari, saat itu, malam hari dan lain-lain.

5. Latar Tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel ibu doa yang hilang ini terdapat di rumah, dapur, ruang tamu dan masih banyak lagi yang lainnya.

6. Sudut Pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel ibu doa yang hilang yaitu menggunakan sudut pandang orang pertama sebagai pelaku utama novel yaitu Bagas sendiri.

7. Gaya Bahasa

Gaya bahasa yang digunakan gaya bahasa yang digunakan sehari-hari namun mengalir dan apa adanya. Khas seseorang sedang bercerita mengenai kehidupannya.

8. Amanat

Amanat yang terkandung dalam novel adalah sosok ibu merupakan sosok yang tangguh dan penuh perjuangan.

Ibu Bagas yang seorang singgel mom harus memperjuangkan kedua anaknya dengan susah payah hingga dewasa.

Dan sesulit apapun keadaanmu mendidik anak-anak haruslah menjadi prioritas dan tugas mulia yang harus dilakukan dan diperjuangkan hingga akhir hayat.

Unsur Ekstrinsik Novel

Ada pun berikut ini merupakan beberapa unsur ekstrinsik yang terdapat dalam novel ibu doa yang hilang, diantaranya adalah:

1. Nilai Sosial

Nilai sosial yang terkandung dalam novel ini yaitu bagaimana sebuah keluarga yang harmonis dan saling membantu satu sama lain.

2. Nilai Moral

Sikap ibu yang berjuang dan kerja keras memberikan contoh baik untuk anak-anaknya agarmenjadi pribadi yang baik itu sangat patut diacungi jempol.

3. Nilai Pendidikan

Ibu yang berjuang lebih keras setelah ayah tidak ada dalam agar dapat memberikan pendidikan yang layak untu anak-anaknya.

4. Nilai Agama

Meski ibu merupakan janda tapi ia tidak lupa mengajarkan ilmu agama yang baik terhadap anak-anaknya. Karena ibu adalah madrasah pertama anak-anaknya.

Kelebihan Novel

  • Alurnya mengalir dan enak diikuti
  • Banyak memberikan pesan moral
  • Bahasa yang ringan dan santai
  • Menginsfirasi bagi kalian yang juga merupakan singgle mother
  • Cover cukup menarik

Kekurangan Novel

Selain kelebihan tentunya dalam sebuah karya juga akan ditemukan kekurangan sebagaimana dalam novel ibu doa yang hilang ini ada beberapa tyfo di dalam buku.

Dan hal tersebut tentunya tidak mengurangi dari kualitas buku itu sendiri.

Pesan Moral Novel Ibu Doa yang Hilang

Terakhir dari resensi novel ibu doa yang hilang terdapat pesan moral yang terkandung di dalamnya diantaranya yaitu:

Sosok ibu merupakan sosok yang tangguh dan penuh perjuangan. Ibu Bagas yang seorang singgel mom harus memperjuangkan kedua anaknya dengan susah payah hingga dewasa.

Dan sesulit apapun keadaanmu mendidik anak-anak haruslah menjadi prioritas dan tugas mulia yang harus dilakukan dan diperjuangkan hingga akhir hayat.

Artikel Menarik Lainnya: