Resensi Novel In A Blue Moon

Gambar dibuat dengan Canva Pro (Premium)

Resensi novel in a blue moon ini merupakan salah satu novel yang menceritakan tema tentang animies to lovers dimana novel ini mengisahkan hubungan Lucas dan Sophie yang tidak baik namun selalu dipertemukan.

Dalam artikel ini kami akan bahas resensinya mulai dari identitas novel, sinopsis, intrinsik, ekstrinsik, hingga pesan moral yang terkandung di dalamnya secara lengkap. Dan selain itu, akan kami jelaskan juga mengenai kelebihan juga kekurangannya.

Identitas Novel In A Blue Moon

Resensi Novel In A Blue Moon
Judul NovelIn A Blue Moon
PenulisIlana Tan
PenerbitPT. Gramedia Pustaka Utama
Jumlah Halaman320 Halaman
Ukuran Buku13×20 cm
KategoriFiksi
Tahun Terbit2015
Harga BukuRp.70.000,-

Novel in a blue moon ini di rilis pada tahun 2015 dan novel ini sebuah karya dari Ilana Tan setelah seasons to remember novel ini diterbitkan oleh PT. Gramedia Pustaka Utama dan memiliki ukuran buku sekitar 13×20 cm.

Selain itu, novel in a blue moon ini juga memiliki ketebalan mencapai 320 halaman dan kamu bisa mendapatkan buku ini mulai dari harga Rp.70.000,- an saja bagaimana cukup wort it bukan?

Sinopsis Novel In A Blue Moon

Selain identitasnya kami juga akan membahas sinopsis dalam rensensi novel in a blue moon dimana sinopsis ini akan membantu kamu memahami isi novel ini secara garis besarnya saja dan berikut penjelasannya.

Novel ini mengisahkan tentang Lucas Ford yang dipertemukan dengan tunangan yang tidak pernah ia tebak sebelumnya yaitu Shophie Wilson, yang merupakan seseorang yang mungkin membencinya karena kejadian 10 tahun lalu di SMA.

Shopei Wilson ini merupakan perempuan cantik dan pandai membuat kue, namun Shopie memiliki masa lalu yang buruk dan kelam dengan Lucas Ford.

Tidak cukup dengan masa lalunya, seperti Dewi Fortuna tidak berpindah ke Shopie karena kakek dari Shopie dan Lucas yang bersepakat untuk menjodohkan mereka.

Mereka pertama ali bertemu dengan Lucas di bulan Desember pada tahun terakhir SMA Lucas. Shopie membenci Lucas dan masalah utamanya adalah kini Shopie ditetapkan sebagai tunangan Lucas oleh kakeknya yang suka ikut campur.

Shopie tidak menerima keputusan kakeknya itu, Shopeie sangat membenci Lucas merasa hidupnya begitu hancur saat mendengar berita itu sampai mati pun, Shopie tidak mau dijodohkan dengan Lucas.

Tapi sebaliknya, Lucas justru terlihat tertarik dan Lucas melakukan segala cara untuk bisa berdekatan dengan Shopie. Dan di sisi lain ada Miranda yang mengejar-ngejar Lucas tapi tidak memberikan respon apa-apa.

Lucas mendekati Shopie karena ingin mengubah pendapat Shopie tentang dirinya, dan juga karena Lucas ingin Shopie menyukainya sebesar ia menyukai gadis itu.

Cerita dalam novel ini memiliki alur yang baik dan berurutan ada beberapa bagian yang menampilkan kejadian di masa lalu namun bagian tersebut disuguhkan dalam bentuk bayangan daripada tokoh.

Lantas bagaimana kelanjutan dari kisah Lucas dan Shopie ini? bagi kamu yang penasaran dengan kelanjutan kisahnya kamu bisa simak novel in a blue moon ini secara lengkap ya!

Unsur Intrinsik Novel In A Blue Moon

Dalam resensi novel in a blue moon ini akan kami jelaskan juga mengenai unsur intrinsik dan berikut penjelasan mengenai unsur intrinsik yang perlu kamu ketahui, yaitu:

1. Tema

Tema yang diangkat dalam novel in a blue moon ini yaitu tentang kisah percintaan dari benci jadi cinta.

2. Tokoh dan penokohan

  • Lucas, ia merupakan seorang tokoh utama lelaki pada novel yang memiliki sikap yang perhatian, dan apa adanya serta penurut
  • Shopie, ia merupakan gadis yang sangat suka membuat kue tapi keras kepala dan ingin menang sendiri tapi baik, pekerja keras dan mandiri.
  • Kakek Lucas, ia merupakan kakek yang bijak dan baik dan ingin yang terbaik untuk cucunya
  • Kakek Shopie, ia merupakan kakek dari sahabat kakek Lucas yang bersepakat akan menjodohkan kedua cucunya
  • Miranda, ia merupakan seseorang yang mencitani Lucas
  • Dan masih banyak lagi tokoh lainnya

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel in a blue moon ini yaitu menggunakan alur campuran dimana terdapat alur maju dan alur mundur di novel tersebut.

4. Latar tempat

Latar tempat di cafe, di rumah kakek Shopie, di SMA, di rumah kakek Lucas dan masih banyak latar tempat lainnya.

5. Latar waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel in a blue moon ini yaitu di menggunakan latar waktu pada umumnya yaitu di pagi hari, siang hari dan juga malam hari.

6. Sudut pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel in a blue moon ini yaitu menggunakan sudut pandang orang ketiga yang serba tahu.

7. Gaya bahasa

Gaya bahasa yang dringan dan mudah dipahami oleh semua kalangan baik anak-anak, remaja maupun oleh para dewasa.

8. Amanat

Berdamailah dengan masa lalu dan memaafkan seseorang akan memberikan hal baik dari diri kita sendiri dan mendatangkan hal-hal baik dalam segala aspek kehidupan. Kita harus bisa menghargai dan menghormati satu sama lain, tidak perlu mengenal latar belakangnya.

Unsur Ekstrinsik Novel In A Blue Moon

Dan selain intrinsik dalam resensi novel in a blue moon ini akan kami jelaskan juga unsur ekstrinsik novel dan berikut penjelasannya:

1.Nilai Sosial

Nilai sosial yang terkandung dalam novel ini adalah sikap Lucas yang mulai menerima perjodohan itu dan mencoba mendekati Shopie dengan tulus hati meski perlu peruangan.

2. Nilai Moral

Sikap Shopie yang terus menaruh dendam kepada Lucas karena masalah masa lalu yang belum terselesaikan dan hal itu sebetulnya harus bisa saling memaafkan satu sama lain.

3. Latar Belakang Penulis

Ilana Tan merupakan penulis asal Indonesia yang sering menggunakan latar luar negeri di novelnya. Ia juga dikenal sebagai penulis misterius bahkan tidak pernah terekspos lewat media sosial mengenai fotonya.

Kelebihan Novel

Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki oleh novel ini yaitu:

  • Gaya bahasa yang mudah dipahami bagi remaja
  • Cerita di dalam novel memiliki topik yang ringan sehingga dapat dibaca oleh segala kalangan
  • Cerita dalam buku ini dirangkum dnegan singkat dan jelas

Kekurangan Novel

Selain kelebihan novel inni juga memiliki kekurangan yaitu kekurangannya adalah alur ceritannya mudah ditebak dan sangat biasa dan cukup banayk digunakan serta endingnya yang mudah di tebak.

Pesan Moral Novel In A Blue Moon

Kita harus bisa menghargai dan menghormati satu sama lain, tidak perlu mengenal latar belakangnya. Dan maafkanlah apa yang menjadi kesalahan masa lalu dan bukalah lembaran baru tanpa menyimpan dendam dalam hati.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai resensi novel in a blue moon semoga apa yang kami sampaikan ini dapat bermanfaat ya!

Artikel Menarik Lainnya: