Resensi Novel Just Be Mine: Identitas, Sinopsis, Intrinsik

Resensi Novel Just Be Mine: Identitas, Sinopsis, Intrinsik

Gambar dibuat dengan Canva Pro (Premium)

Bagi kamu yang sangat suka dengan kisah-kisah percintaan remaja kamu bisa banget nih untuk coba baca just be mine dari Pit Sansi dan pada kesempatan kali ini kami akan jelaskan resensi novel just be mine untukmu secara lengkap.

Mulai dari identitas novel, sinopsis, intrinsik, ekstrinsik hingga pesan moralnya secara lengkap tidak lupa kami jelaskan juga kelebihan dan kekurangan novel ini sebagai bahan pertimbangan novel ini worth it tidak untuk kamu beli.

Identitas Novel Just Be Mine

Resensi Novel Just Be Mine
Judul NovelJust Be Mine
PenulisPit Sansi
PenerbitBentang Pustaka
Jumlah Halaman358 halaman
Ukuran buku13×19 cm
KategoriFiksi Remaja
Tahun Terbit2017
Harga BukuRp.77.000,-

Novel just be mine ini merupakan sebuah karya dari penulis muda yang bernama Pit Sansi dimana novel ini mulai diterbitkan pada tahun 2017 oleh PT. Bentang Pustaka. Dan novel ini juga memiliki ukuran sekitar 13×19 cm.

Sinopsis Novel Just Be Mine

Setelah mengetahui identitas novel tersebut kamu juga perlu memahami sinopsis novel dalam resensi novel just be mine ini hal ini bertujuan agar kamu mengetahui isi novel ini secara garis besarnya seperti apa.

Cerita dalam novel ini mengisahkan Rhaka artis remaja yang lagi naik daun di kalangan remaja di SMA Bhakti Ananda. Dan tentunya ia memiliki berbagai konsekuensi yang harus dihadapi saat menjadi artis.

Ia seringkali di kerumuni para gadis dan juga wartawan dan menanyakan apa alasan ia pindah dari sekolah lamanya. Rakha kebingungan atas jawaban dari pertanyaan yang dilontarkan para wartawan.

Namun, secara tiba-tiba ia mengatakan pada wartawan karena ia pindah ingin menyusul pacarnya dan tentunya hal ini membuat wartawan semakin kepo dong yang mana pacar dari Rakha ini.

Rakha pun menyebut Adela lalu menghampiri dan merangkul bahu gadis itu di depan wartawan. Namun, siapa sangka Adela malah menolak diakui sebagai pacar, bahkan tidak segan menepis rangkulan cowok itu dengan kasar.

Rakha sangat malu setengah mati. Hatinya dongkol yang terjadi selanjutnya sudah bisa dipastikan gosip keduanya langsung memenuhi media pemberitahuan infotainment.

Dan detik itu juga Rakha bertekad untuk membuat Adela bertekuk lutut dan memohon untuk menerima cintanya. Dan semenjak skandal tersebut banayk PH yang membatalkan perjanjian kerjasama.

Rakha yang tidak mau karirnya hancur akhirnya mengajak Adela untuk bekerjasama untuk mengklarifikasi ke media. namun, lagi-lagi Adela menolak hal tersebut.

Di sisi lain Adela sendiri merasa hidupnya kacau sejak bertemu dengan cowok menyebalkan bernama Rakha itu. Banyak gadis yang mendamba Rakha Adela malah tidak suka.

Dan karena hal tersebut Imel tidak mau di di guru les oleh Adela lagi dan Imel termasuk salah satu penggemar dari Arkha Lovers. Hidup Adela yang awalnya susah jadi tambah susah. Apalagi ditambah Leo adiknya sudah sering mendapat teguran bayaran SPP dari SMPnya.

Dan setelah kehilangan pekerjaan jadi guru les Imel ia diterima jadi guru les Raya dan Raya ini adalah adiknya Rakha. Meskipun begitu Adela sangat membutuhkan uang tersebut.

Dan suatu hari SMA Bhakti ini mengadakan reuni dan di acara tersebut hadir masa lalu Adela yang merupakan alumni anggota OSIS dulu. Dan awalnya Adela yang enggan untuk hadir akhirnya ia memutuskan untuk hadir.

Namun, benar saja ia masih merasakan perasaan yang sama pada masa lalunya tersebut. Berbekal tips-tips dari Wira teman duduknya Rakha terus mendekati Adela. Ia menjelma jadi sosok pejuang cinta yang doyan gombal.

Akankah Rakha berhasil membuat Adela luluh untuk balas dendam atau malah sebaliknya? Untuk lebih jelasnya kamu bisa simak secara langsung di novelnya ya!

Unsur Intrinsik Novel Just Be Mine

Dalam resensi novel just be mine ini akan kami jelaskan unsur intrinsik dari novel tersebut dan berikut penjelasan lengkapnya.

1.Tema

Tema yang diangkat dalam novel ini yaitu menggunakan tema percintaan remaja.

2. Tokoh dan penokohan

  • Rakha, ia merupakan sosok tampan yang sangat di puja para gadis kecuali Adela
  • Adela, ia merupakan sosok gadis cantik pekerjakeras dan memiliki pendirian kuat
  • Wira, ia teman sebangku Rakha yang baik dan tampan juga
  • Imel, ia merupakan salah satu pens Rakha yang sangat panatik
  • Raya, ia merupakan adik dari Rakha
  • Leo, adik Adela yang baik dan perhatian
  • Dan masih banyak lagi tokoh lainnya

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel just be mine ini yaitu menggunakan alur campuran dimana terdapat alur maju dan alur mundur di dalam novel ini.

4. Latar waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel just be mine ini yaitu sama seperti pada novel umumnya yaitu pagi hari, siang hari dan juga malam hari.

5. Latar tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel ini yaitu di SMA Bhakti Ananda, di rumah Rakha, di rumah Adela dan masih banyak tempat lainnya.

6. Sudut pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan sudut pandang orang ketiga yang serba tahu.

7. Gaya bahasa

Gaya bahas yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan gaya bahasa yang ringan dan mudah dipahai termasuk oleh para remaja dan dewasa.

8. Amanat

Janganlah membenci dan menyimpan dendam dalam hati karena suatu saat benci itu akan berbalik kepada dirimu sendiri dan jangan pernah memaksakan kehendak yang tidak bisa kamu dapatkan.

Unsur Ekstrinsik Novel Just Be Mine

Berikut beberapa unsur ekstrinsik novel just be mine yaitu:

1. Nilai Sosial

Sikap Ime yang panatik karena mendukung Rakha membuat ia harus tidak menggunakan jasa les dari Adela lagi padahal Adela sedang butuh uang.

2. Nilai Moral

Sikap Rakha yang sombong, angkuh dan suka memaksakan kehendak membuat Adela tidak suka dengannya.

Kelebihan Novel Just Be Mine

  • Temanya cukup umum tapi mengangkat tooh secara perlahan
  • Konpliknya cukup ringan
  • Bahasanya ringan dan mudah dipahami
  • Cover bukunya cukup menarik
  • Banyak quotes di dalamnya
  • Adanya moral value
  • Bisa dibaca oleh semua kalngan

Kekurangan Novel Just Be Mine

  • Plot di tengah-tengah terasa lambat
  • Jangan ada part tambahan di versi cetal karena jadi endingnya tidak jelas
  • Ada beberapa kesalahan penulisan

Pesan Moral Novel Just Be Mine

Percayalah bahwa apa yang kamu tanam maka akan kamu tuai maka dari itu banyaklah tanam kebaikan bukan dendam dan kebencian.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai resensi novel just be mine mulai dari identitas, sinopsis, intrinsik, hingga pesan moral semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat ya!

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: