Resensi Novel Kim Ji Young Born 1982

Gambar dibuat dengan Canva Pro (Premium)

Resensi novel Kim Ji Young born 1982 ini akan kami jelaskan secara lengkap di artikel ini mulai dari identitas, sinopsis, intrinsik, ekstrinsik, hingga pesan moral yang terkandung di dalam novel tersebut.

Tidak hanya itu akan kami jelaskan juga mengenai kelebihan dan juga kekurangan yang novel ini miliki dan berikut penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Identitas Novel Kim Ji Young Born 1982

Resensi Novel Kim Ji Young Born 1982
Judul NovelKim Ji Young Lahir Tahun1982
PenulisChao Nam-Joo
PenerbitPT. Gramedia Pustaka Utama
Jumlah Halaman192 halaman
Ukuran Buku13×19 cm
KategoriFiksi
Tahun Terbit2019
Harga BukuRp.64.000,-

Novel berjudul Kim Ji Young lahir tahun 1982 ini ditulis oleh Cha Nam-Joo sebagai arya ketiganya dan ia merupakan mantan penulis naskah di televisi Korea. Novel ini mulai diterbitkan di Indonesia pada tahun 2019 oleh PT. Gramedia Pustaka Utama.

Novel Kim Ji Young ini memiliki ketebalan yang cukup tipis dan bisa di baca dalam sekali duduk saja yaitu sekitar 192 halaman ukuran buku ini juga standar yaitu sekitar 13×19 cm.

Sinopsis Novel Kim Ji Young Born 1982

Dalam resensi novel Kim Ji Young born 1982 ini akan kami jelaskan juga mengenai sinopsis novel dan sinopsis ini akan sangat membantu kamu memahami novel ini secara garis besarnya saja.

Buku ini menceritakan seberapa besar tekanan sosial yang dihadapi seorang yang terlahir sebagai perempuan di tengah budaya sebagai perempuan patriarki.

Dunia memang sudah berubah, namun permasalahan kesetaraan gender masih saja ada hingga kini begitu gambaran cerita buku ini.

Seorang perempuan bernama Kim Ji Yeoung lahir di tahun 1982 dan sedari kecil sudah menadpat berbagai diskriminasi gender bahkan dari keluarganya sendiri. ia dan saudaranya yang juga perempuan tidak diberikan kamar pribadi mereka sendiri.

Sedangkan saudara laki-lakinya diberikan kamar pribadi dan sungguh tidak adil. Kesenjangan kasih sayang ayah kepada seorang anak laki-laki dan perempuan dilihatkan dalam novel ini. ada bagian dimana Kim Ji Young di ganggu oleh seorang pria.

Namun, ayahnya justru menyalahkannya dan perbedaan kasih sayang lainnya. Di dunia pendidikan juga sama. Kim Ji Young tidak pernah direkomendasikan untuk magang di perusahaan besar oleh dosennya.

Dosen Kim Ji young malah merekomendasikan mahasiswa laki-laki di perusahaan besar lagi-lagi ia mengalami diskriminasi. Isu kesetaraan gender dan isu golbal yang tidak hanya terjadi di Korea Selatan saja. dalam bekerja ia sangat rajin namun tidak pernah mendapat promosi.

Karena nanti perempuan akan menikah dan memiliki anak seakan-akan perempuan tidak mempunyai hak memilih untuk dirinya sendiri jika ia sudah menikah. Dan ia harus merelakan karirnya saat ia hamil.

Dengan semua masalah yang dihadapi Kim Ji Young tersebut ia depresi ia mengatakan ia bekerja bukan karena keharusan, namun karena ia menginginkannya sejak saat itu Kim Ji Young berperilaku aneh dan seperti kehilangan semangat hidup.

Dan tekanan masih terus berdatangan dan ia merasa lelah dengan berbagai tuntutan sosial dengan diskriminasi. Dan bagi wanita yang memiliki anak lalu bekerja mereka dianggap tidak menyayangi anak.

Dan bagi wanita yang berhenti bekerja dan fokus mengurus anak bukan berarti ia tidak memiliki semangat bekerja dan seharusnya orang-orang tahu dan memahami hal itu.

Bagi kamu yang penasaran dengan kelengkapan kisahnya kamu bisa simak secara langsung di novel Kim Ji Young born 1982 ya.

Unsur Intrinsik Novel Kim Ji Young Born 1982

Selain sinopsis novel kami juga bahas mengenai unsur intrinsik dalam resensi novel Kim Ji Young born 1982 ini secara lengkap berikut penjelasannya.

1. Tema

Tema yang diangkat dalam novel ini mengangkat tema kehidupan dan diskriminasi terhadap perempuan.

2. Tokoh dan penokohan

  • Kim Ji Young, ia merupakan seorang wanita pekerja keras, penuh semangat namun selalu mendapatkan diskriminasi
  • Jeong Dae Hyeon, ia merupakan suami Kim Ji Young yang cukup baik namun selalu sibuk dengan pekerjaan dan kuliah serta wajib militernya
  • Jeong Ji-Won, putrinya
  • Dam masih banyak lagi tokoh lainnya

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel Kim Ji Youn born 1982 ini yaitu menggunakan alur campuran dimana novel ini terdapat alur maju dan alur mundur di dalamnya.

4. Latar waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel ini yaitu pagi hari, siang hari dan juga malam hari.

5. Latar tempat

Latar tempat ayng digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan latar tempat di Korea Selatan, di Busan dan masih banyak lagi latar tempat lainnya.

6. Sudut pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan sudut pandang orang ketiga yang serba tahu.

7. Gaya bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan gaya bahasa yang ringan dan mudah dipahami oleh semua kalangan.

8. Amanat

Amanat yang terkandung dalam novel ini yaitu sebagai pasangan kita tahu bahwa harus memahami kesehatan mental dari seorang istri apalagi ia merupakan orang yang sangat ulet bekerja dan sangat menginginkan berkarir dan jangan biarkan tekanan dari luar mempengaruhi kejiwaannya.

Unsur Ekstrinsik Novel Kim Ji Young born 1982

Selain intrinsik kami juga akan jelaskan unsur ekstrinsik dalam resensi novel Kim Ji Young born 1982 dan berikut penjelasan lengkapnya di bawah ini ya!

1.Nilai Sosial

Nilai sosial yang terkandung dalam novel ini yaitu sikap suami yang terlalu sibuk dengan pekerjaan sehingga tidak menyadari bahwa istrinya memiliki kesehatan mental yang kurang baik.

2. Nilai Moral

Dalam sebuah rumah tangga jangan sampai ada pihak lain yang ikut mencampuri kehidupan sehingga membuat istri menjadi tertekan.

Kelebihan Novel Kim Ji Young Born 1982

Berikut ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh novel Kim Ji Young 1982 yang perlu kamu ketahui, diantaranya adalah:

  • Kelebihan pertama novel ini menyajikan premis kisah yang sangat menarik, yang mengangkat praktik misoginis dan penindasan institusional
  • Selanjutnya novel ini sangat singkat, tetapi memberikan kesan yang penuh dan memiliki makna yang mendalam
  • Kisah ini mampu memberikan banyak pembelajaran kepada pembacanya
  • Selain itu, gaya penulisan dari Cha Nam-Joo ini bisa membuat pembaca merasa terlibat dalam kisah di dalam novel
  • Kisah ini relevan dengan masyarakat secara universal

Kekurangan Novel Kim Ji Young born 1982

Selain kelebihan novel ini juga memiliki kekurangan yaitu:

  • Beberapa bagian yang dirasa terlalu didramatisasi atau berlebihan seperti memaksakan suatu konsep pemikiran
  • Terjemahan yang dinilai terasa kaku

Pesan Moral Novel

Sesungguhnya sistem patriarki masih ada hingga saat ini hanya tidak disadari dan jika sudah menyadari hendaknya bersama-sama berusaha menciptakan situasi yang nyaman dan jangan menganggap wanita lemah dan derajatnya di bawah lelaki dan bagi perempuan harus berani bersuara.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai resensi novel Kim Ji Young born 1982 semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat ya!

Artikel Menarik Lainnya: