Resensi Novel Komet Minor; Sinopsis, Intrinsik, Ekstrinsik

Gambar dibuat dengan Canva Pro (Premium)

Kamu yang sudah membaca serial Bumi karya Tere Liye pastinya sudah tidak asing lagi dong dengan novel Komet Minor ini. ya, dan kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai resensi novel Komet Minor secara lengkap.

Dimana dalam resensi ini akan kami jelaskan mulai dari identitas novel, sinopsis, unsur intrinsik, ekstrinsik, kelebihan, kekurangan hingga tak lupa kami pun akan jelaskan pesan moral yang terkandung dalam novel.

Identitas Novel Komet Minor

Judul NovelKomet Minor
PenulisTere Liye
PenerbitGramedia Pustaka Utama
Ukuran Buku13,5×20 cm
Jumlah Halaman400 halaman
KategoriFiksi
Tahun Terbit2019
Harga BukuRp.84.000,-

Novel Komet Minor ini merupakan karya ke enam dari serial Bumi yang Tere Liye ciptakan dan mulai diterbitkan pada tahun 2019. Dimana novel ini kelanjutan dari novel sebelumnya yang berjudul Komet.

Novel dengan ketebalan mencapai 400 halaman ini masih mengisahkan petualangan sahabat Raib, Ali dan Seli dan ditemani Batozar. Untuk lebih jelas mengenai kisah ini kamu bisa simak sinopsisnya terlebih dahulu di bawah ini.

Sinopsis Novel Komet Minor

Novel Komet Minor ini merupakan kelanjutan dari novel Komet. Dimana saat detik-detik terakhir di pesisir pulau gerbang klan Komet Minor, secara diamdiam Ali mencoba untuk memanggil Batozzar melalui cermin yang dibawanya.

Dan kemudian Batozar hadir dan melindungi Raib serta kawan-kawan dan di saat bersamaan, seekor paus raksasa muncul dan memakan pulau di mana tempat mereka berada. Raib dan lainnya berada di perut raksasa  dan Batozar membekukan si tanpa mahkota untuk sementara waktu.

Dan tibalah mereka di klan Komet Minor dan mereka terus melancarkan pelarian demi menghindari si tanpa Mahkota. Akan tetapi pelarian yang mereka lakukan tidak lupt dari masalah.

Mereka di serang oleh cacing pasak dan padang rumput dan mereka berusaha mengalahkannya dan Seli terkena gigitan cacing itu dan akhirnya Batozar mencari informasi mengenai hal itu dan memutuskan langsung meneruskan perjalanan.

Dan sampailah di lembah Barchatum dan mereka bertemu dan Star dan Spark dan saling bertukar informasi. Dan akhirnya mereka mendapatkan petunjuk dan membawa mereka kepada Tuan Entre yakni seorang lelaki tua merupakan mantan pemburu.

Dan ia menceritakan para pemburu dan aliansinya dan Tuan Entre meminta Raib dan kawan-kawan mendatangi Arci dan menemukan senjata tombak yang sangat di cari tersebut dan kemudian datang raksasa yang menyemburkan api dan membuat gunung itu aktif.

Dan secara terpaksa rombongan Raib mendaratkan kapsul terbang naasnya ada ratusan kapal mengejar Raib dan kawan-kawan dan akhirnya mereka sampai di menara kelabu kediaman Arci dan akhirnya berhasil diam disana.

Dan di sana Arci menyerahkan ptongan tombak dan meminta mereka mendatangi kota Archantum sebab ada potongan tombak kedua di sana. Namun, saat tengah perjalanan mereka di halangi oleh si Tanpa Makhota dan berhasil mengambil potongan tombak tersebut.

Dan akhirnya mereka berencara untuk mencari potongan kedua dengan menggunakan cermin teleportasi. Lantas apakah mereka berhasil mendapatkan tombak pusaka tersebut? Yuk, simak cerita lengkapnya di novel Komet Minor ya!

Unsur Intrinsik Novel Komet Minor

Dalam resensi novel komet minor ini kamu akan menemukan unsur intrinsik di dalamnya dan berikut beberapa unsur intrinsik dalam novel ini, yaitu:

1.Tema

Tema yang diangkat dalam novel komet minor ini adalah tentang petualangan antar klan, saling memaafka, ambisi dan pengorbanan.

2. Tokoh dan Penokohan

  • Raib, tokoh yang baik dan bijaksana
  • Seli, panikan, selalu mengikuti Raib dan Ali
  • Ali, Genius, blak blakan, suka berbuat seenaknya
  • Batozar, perhatian, peduli dan keliatan cuek
  • Tuan Enter, cuek, ketus, tidak peduli tapi baik
  • Arci, cuek dan baik
  • Kuture, cerdas, pandai dalam bidang sejarah, budaya
  • Finale, pelupa
  • Si Tanpa Mahkota, jaha, kejam dan ambisius

3. Alur

Alur ayng digunakan dalam novel komet minor ini menggunakan alur campuran dimana terdapat alur maju dan alur mundur di dalam novelnya.

4. Latar Waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel komet minor ini adalah menggunakan latar waktu pagi hari, siang hari, dan malam hari.

5. Latar Tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel komet minor adalah Pulau Kelabu, Kota kecil, Kota Barchantum, Kota Achantum. Menara Tua, Tambang tua dan lain-lain

6. Sudut Pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel ini adalah menggunakan sudut pandang orang pertama sebagai tokoh “aku” yang menceritakan kisah dalam novel.

7. Gaya Bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam novel komet minor yaitu menggunakan gaya bahasa yang ringan dan mudah dipahami.

8. Amanat

Sesulit apa pun rintangan yang dihadapi asalkan ada teman yang menemani pasti akan terasa mudah. selain itu. Novel ini juga mengisahkan kesetiakawanan dimana jika salah satu teman lain sakit dan semua membantu serta menjaga.

Unsur Ekstrinsik Novel Komet Minor

Dalam resensi novel komet minor ini kamu juga akan menemukan unsur ekstrinsik novel, dan berikut penjelasan lengkapnya:

1. Nilai Sosial

Nilai sosial yang terdapat dalam novel ini adalah sikap Raib dan lainnya yang membantu Seli yang terkena racun cacing mereka bekerja sama agar bisa keluar dari situasi tersebut.

2. Nilai Moral

Nilai moral yang terdapat dalma novel ini adalah sikap Arci yang juga membantu kawan-kawan ketika di serang musuh untuk bisa naik ke menara dan akhirnya mereka semua selamat itu hebat.

Kelebihan Novel Komet Minor

Sebuah karya tentunya tidak akan luput dari sebuah kelebihan dan juga kekurangan termasuk dalam sebuah karya novel. Dan berikut beberapa kelebihan dalam komet minor, diantaranya adalah:

  • Pertama alur cerita novel dibuat kian menarik berurutan dan sangat bagus dan pembaca ikut terus berpikir agar memahami cerita
  • Visualisasi karakter dan berbagai latar unik menjadikan novel ini cukup berbeda dari yang lain
  • Ada banyak pesan moral yang tersisip dalam novel ini terutama tentang persahabatan dan kerja sama untuk saling membantu satu sama lain
  • Latar  tempat yang unik membuat pembaca berimajinasi kuat

Kekurangan Novel Komet Minor

Selain kelebihan tentunya novel ini juga memiliki kekurangan yang perlu kamu ketahui dan berikut penjelasan lengkapnya:

  • Penjelasan tokoh antagonis penggambarannya kurang jelas
  • Novel ini hampir sama dengan serial serial novel bumi lainnya sehingga jika kamu baca dari awal akan merasa bosan dan terasa tidak nyambung
  • Terlalu banyaknya tokoh sehingga tidak mudah diingat

Pesan Moral Novel Komet Minor

Sekuat dan sehebat apa pun kekuatan jahat yang dimiliki seseorang, bahkan tak ada yang dapat menaklukannya tetapi hal itu bisa dilumpuhkan melalui suatu perbuatan baik dan yang paling penting adalah kerjasama dan persahabatan adalah senjata yang paling kuat.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai resensi novel komet minor yang telah kami jelaskan mulai dari identitas novel, sinopsis, intrinsik, ekstrinsik hingga kelebihan dan pesan moralnya semoga bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya: