Resensi Novel Namaku Hiroko: Sinopsis, Intrinsik & Amanat

Resensi Novel Namaku Hiroko

Novel Namaku Hiroko merupakan sebuah karya best seller dari Nh. Dini yang menceritakan tentang seorang gadis asal Jepang yang memiliki kehidupan perekonomian keluarga yang cukup sulit.

Jika kamu ingin mengetahui lebih dalam mengenai isi buku ini kamu bisa baca resensi novel namaku Hiroko pada artikel ini.

Akan dijelaskan secara lengkap unsur penting dalam novel, simak penjelasannya di bawah ini ya!

Identitas Novel

Judul NovelNamaku Hiroko
PenulisNh. Dini
Jumlah halaman247 halaman
Ukuran buku14×21 cm
PenerbitPT. Gramedia Pustaka Utama
KategoriFiksi
Tahun Terbit2000
Harga novelRp.30.000,-

Novel namaku Hiroko ini merupakan sebuah karangan dari Nh. Dini yang diterbitkan pada tahun 2000 oleh PT. Gramedia Pustaka Utama dan memiliki ketebalan mencapai 247 halaman.

Sinopsis Novel Namaku Hiroko

Novel ini menceritakan gadis berusia 16 tahun yang berasal dari desa Kyusu.

Kehidupan Hiroko di desa dengan perekonomian keluarganya sangat memperhatinkan dan itulah yang mengakibatkan Hiroko mencoba mengadu nasib ke kota.

Hiroko ke kota tidak memiliki keterampilan apapun maklum di desanya Hiroko tidak memiliki pendidikan yang cukup tinggi.

Hiroko di asuh oleh ibu tiri yang jauh lebih baik dan perhatian dari ibu kandungnya. Sedangkan ayahnya bekerja di ladang hanya bisa mencukupi kebutuhan keluarganya.

Setelah sampai di kota Hiroko bertemu dengan seorang tengkulak yang mengajaknya bekerja sebagai pembantu rumah tangga, sejak bekerja mulailah kehidupan ekonomi keluarga Hiroko sedikit membaik.

Pekerjaan dilakukannya dengan suka cita. Karena ingin memperoleh penghasilan yang lebih besar dan ingin menghindari majikannya yang sering mengajaknya berhubungan intim.

Ia melamar pekerjaan di sebuah toko. Sebagai pramuniaga. Hiroko yang memiliki bakat, kemauan dan keluwesan bukan hanya jadi pegawai biasa.

Tetapi juga dipercaya menjadi model bagi produk yang dijual di toko itu. Dari sinilah karier Hiroko kian menanjak. Keuangan membaik, dan pergaulannya cukup luas dan bebas.

Karena pergaulannya semakin luas ia berkenalan dengan lawan jenis pertama yaitu Yukio Kishihara.

Walaupun Yukio menyukai Hiroko mencoba meyakini bahwa Yukio buka lelaki idamannya.

Semakin hari kesibukan Hiroko semakin meningkat hingga ia mengikuti kursus kecantikan, kepribadian dan juga kursus dansa.

Dan terakhir ia bertemu sahabatnya yaitu Natsuko dan ia memiliki suami Yoshida. Dari pandangan pertama ia sudah saling memiliki makna lain di perasaan Hiroko.

Yoshida lelaki tampan, gagah dan juga kaya. Dan itu lelaki idaman Hiroko. Sehingga Yoshida dan Hiroko berselingkuh dan memiliki dua anak dari hasil buah cinta mereka.

Lalu apakah Natsuko akan mengetahuinya? Yuk, temukan jawabannya di buku Namaku Hiroko ya!

Unsur Intrinsik Novel

Dalam resensi novel Namaku Hiroko terdapat unsur intrinsik di dalamnya yang mungkin belum kamu ketahui, diantaranya adalah:

1. Tema

Tema yang diangkat dalam novel ini adalah kehidupan Hiroko yang merantau di kota besar untuk memperbaiki perekonomiannya.

2. Tokoh dan Penokohan

  • Horoko, pekerja keras, gegabah, mempunyai nafsu yang besar, ambisius, penurut, mudah bersosialisai, matrealistis dan selalu memandang lelaki dari fisik dan juga hartanya
  • Tomiko, baik dan ringan tangan
  • Emiko, sabar, tidak pernah marah, lembut, tegas dan bijaksana
  • Natsuko, kaku, pendiam, sulit bergaul, sopan, patuh, dan baik hati
  • Yoshida, tidak setia, genit dan bernafsu besar

3. Alur

Novel ini menggunakan alur maju atau alur progresif. Dimana dari awal cerita hingga akhir diceritakan secara runtut dan teratur.

4. Latar Tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan latar tempat di Jepang di kota Kyushu, Tokyo, Kyoto, Rokko, Osaka, Jawa Tengah, Bali dan Jakarta.

5. Latar Waktu

Menggunakan latar waktu terjadi sekitar setelah perang dunia ke-II berakhir.

6. Sudut Pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan sudut pandang orang ketiga yang serba tahu.

7. Gaya Bahasa

Menggunakan gaya bahasa atau istilah-istilah Jepang. Dan juga penulis juga menyesuaikan penggambaran suasana sesuai dengan kondisi Jepang saat itu.

8. Amanat

Kita sebagai manusia yang memiliki harus terus bersemangat karena kesuksekan tidak akan menghampiri bagi kalian yang pemalas.

Janganlah selalu menuruti nafsu duniawi karena tujuan hidup bukan hanya untuk duniawi saja. dan jangan selalu menilai seseorang dari fisik dan materinya saja.

Unsur Ekstrinsik Novel

Berikut merupakan unsur ekstrinsik novel diantaranya adalah:

1. Nilai Sosial

Nilai sosial yang terkandung dalam novel yaitu sikap Hiroko yang mudah bergaul dengan siapa saja menjadikan dia berwawasan dan pengalaman yang luas.

2. Nilai Moral

Sikap Hiroko yang matrealistis sehingga tidak memikirkan orang lain terlihat ia begitu menikmati meski harus merebut suami orang lain dan hal tersebut tidaklah dibenarkan.

Kelebihan Novel

  • Novel ini memiliki banyak pesan moral didalamnya tentang kerja keras dan keuletan Hiroko tapi tidak dengan sikap matrealistisnya
  • Ada istilah-istilah Jepang yang bisa menajdi pengetahuan
  • Alur dan cerita menarik dan tidak membuat bosan

Kekurangan Novel

  • Tidak cocok untuk dibaca oleh anak dibawah umur
  • Cover buku menurutku kurang menarik

Pesan Moral Novel Namaku Hiroko

Terakhir dari resensi novel namaku Hiroko terdapat pesan moral yang terkandung dalam novelnya yaitu:

Kita sebagai manusia yang memiliki harus terus bersemangat karena kesuksekan tidak akan menghampiri bagi kalian yang pemalas.

Janganlah selalu menuruti nafsu duniawi karena tujuan hidup bukan hanya untuk duniawi saja. dan jangan selalu menilai seseorang dari fisik dan materinya saja.

Artikel Menarik Lainnya: