Resensi Novel Next Ria Ricis: Identitas, Sinopsis, Intrinsik

Resensi Novel Next Ria Ricis: Identitas, Sinopsis, Intrinsik

Gambar dibuat dengan Canva Pro (Premium)

Kalian pasti sudah tidak asing dengan seorang selebgram dan youtuber terkenal bernama Ria Ricis. Ternyata ia juga memiliki karya sebuah buku loh dengan judul Next. Dan dalam kesempatan kali ini tim Mustakim Media akan menjelaskan resensi novel next Ria Ricis.

Kami akan bahas lengkap mulai dari identitas novel, sinopsis, intrinsik, ekstrinsik hingga pesan moral yang terkandung di dalamnya. Tidak hanya itu, akan kami jelaskan juga kelebihan dan juga kekurangan dari novel ini secara lengkap.

Identitas Novel Next Ria Ricis

Resensi Novel Next Ria Ricis
Judul NovelNext : Karena Hidup terus Berjalan
PenulisRia Ricis
PenerbitLoveable
Jumlah Halaman220 halaman
Ukuran Buku13×19 cm
KategoriFiksi
Tahun Terbit2020
Harga BukuRp.119.000,-

Buku Next ini adalah karya dari satu selebgram dan youtuber sekaligus penulis Ria Ricis dimana novel ini mulai diterbitkan pada tahun 2020 oleh PT. Loveable dan buku ini memiliki ketebalan mencapai 220 halaman dengan ukuran buku sekitar 13×19 cm.

Buku ini mewakili penulisnya untuk menuangkan segala hal yang dia pikirkan tentang keluarga, persahabatan, percintaan sampai perpisahan dan tentunya buku ini mengupas banyak hal soal kehidupan pribadi Ricis mulai dari orang tua hingga lingkungannya.

Sinopsis Novel Next Ria Ricis

Dalam resensi novel next Ria Ricis ini akan kami jelaskan juga mengenai sinopsis novel dimana sinopsis ini akan membantu kamu memahami isi buku novel ini secara garis besarnya saja.

Dalam buku ini, Ria Ricis membagikan kisah hidup dan pandangan tentang kehidupan. Dari persoalan tentang keluarga, bermasyarakat, persahabatan, percintaan, dikhianati hingga perpisahan.

Ria Ricis adalah seorang mahasiswa dari jurusan Ilmu Komunikasi angkatan 2013. Rcis pernah memutuskan untuk menunda perkuliahan karena beberapa alasan, salah satunya disebabkan oleh rasa tidak nyaman Ricis kepada seorang dosen mata kuliahnya.

Dengan mengesampingkan pendidikannya itu, Ricis pun lebih mengutamakan karier dan menyibukkan diri menjadi seorang content creator, host dan berbagai kegiatan lainnya.

Dan Ricis berpikir, dengan menunda perkuliahannya dia dapat membahagiakan orang-orang disekitarnya. Dia bisa membelikan apa yang mereka inginkan dan mengajak mereka pergi jalan-jalan ke suatu tempat.

Namun ternyata, kebahagiaan keluarga Ricis adalah dapat menyaksikan Ricis lulus kuliah. Dia pun sempat menyesal. Dan suatu saat, Ricis sedang mengerjakan proyek web series pertamanya yang berjudul setan ngambek. Dan web seriesnya ini tayang saat bulan Ramadhan di tahun yang sama.

Pengerjaan web series ini melibatkan banyak crew dan keramaian di sekitar rumah Ricis pun tak dapat terhindarkan. Masalah terjadi saat salah satu tetangganya Bu Inne merasa terganggu dengan adanya mobil crew yang terparkir menutupi jalan.

Dan singkat cerita, beberapa hari menjelang lebaran, Ricis berinisiatif membagikan parsel ke semua tetanggga dan kerabatnya termasuk Bu Inne.

Dan beberapa hari berselang, Bu Inne mengirimkan tanaman beserta surat berisi kalimat damai serta harapan agar dapat rukun bertetangga.

Dan setiap lebaran hal tersebut selalu ia lakukan namun pada lebaran kali ini setelah pembagian parsel ke tetangga Bu Inne malah mengembalikan kembali parsel tersebut dan menyuruh Ricis membagikan ke orang yang membutuhkan.

Tak hanya itu di dalam surat Bu Inne juga ia menuliskan bahwa tetangga banyak yang tidak menyukai dan merasa terganggu oleh Ricis dan hal tersebut membuat Ricis sedih namun ia tetap menelusuri apakah demikian benar adanya.

Tapi setelah di telusuri ternyata tidak tetangga yang lain malah senang hal ini terjadi karena kompleks mereka semakin terkenal dan lantas bagaimana kisah kelanjutannya? Kamu bisa simak secara lengkap yang di novel Next secara langsung.

Unsur Intrinsik Novel Resensi Novel Next Ria Rcis

Dalam resensi novel next Ria Ricis ini akan kami jelaskan juga mengenai unsur intrinsik novel dimana unsur intrinsik ini akan menjelaskan unsur pembangun novel yang berasal dari dalam.

1. Tema

Tema yang diangkat dalam novel ini adalah kisah perjalanan kehidupan pribdi dan keluarga Ria Ricis.

2. Tokoh dan penokohan

  • Ria Ricis, ia merupakan seorang gadis muda yang energik, tidak bisa diam, kreatif dan selalu banyak ide di dalam kontennya
  • Bu Inne, ia merupakan satu tetangga Ria Ricis yang tidak suka dengan keberadaan Ria Ricis dan crewnya
  • Mama, ia merupakan orang yang selalu menjadi tempat bercerita Ria Ricis saat mengahadapi masalah
  • Dan masih banyak lagi tokoh lainnya

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel Next Ria Ricis ini menggunakan alur campuran dimana terdapat alur maju dan alur mundur dalam novel tersebut.

4. Latar tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel Next ini adlaah di berbagai tempat namun kebanyakan berada di komplek perumahan yang Ria Ricis dan keluarganya tempati.

5. Latar waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel ini yaitu di pagi hari, siang hari dan juga malam hari.

6. Sudut pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan sudut pandang orang pertama sebagai pelaku utama yaitu Ria Ricis sendiri yang mengisahkan kisah kehidupannya.

7. Gaya bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan gaya bahasa yang ringan dan mudah dipahami oleh semua kalangan baik remaja hingga dewasa.

8. Amanat

Buku ini sangat menginspiratif dan akan membuat seseorang yang membacanya mendapatkan banyak manfaat. Apa pun yang kita kerjakan, lakukan sebaik mungkin selesaikan apa yang seharusnya kita selesaikan dengan tepat waktu.

Unsur Ekstrinsik Novel Next Ria Ricis

Selain intrinsik kami juga akan jelaskan mengenai unsur ekstrinsik dari novel ini dan berikut beberapa unsur ekstrinsik dalam resensi novel next Ria Ricis diantaranya adalah:

1. Nilai Sosial

Nilai sosial yang terkandung dalam novel ini yaitu saling berbagi dan saling memberi dalam sebuah ikatan lingkungan seperti tetangga.

2. Nilai Moral

Sikap Ricis yang sabar ketika tidak di sukai oleh satu tetangganya yang bernama Bu Inne ini meskipun yang lain suka tapi kita tidak bisa memaksakan orang lain semua sama kita.

Kelebihan Novel Next Ria Ricis

Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki oleh novel Next Ria Ricis, diantaranya adalah:

  • Pelajaran bahwa setiap hidup tidak selamanya harus sesuai dengan yang kita inginkan
  • Sebagai selebritis ia tidak luput dari haters
  • Ada gambar dan ilustrasi yang mendukung novel semakin menarik
  • Ada sesi tanya jawab

Kekurangan Novel Next Ria Ricis

Selain kelebihan novel ini juga memiliki kekurangan yaitu:

  • Terdapat beberapa kalimat yang ambigu atau makna ganda
  • Beberapa penulisan kata yang kurang jelas dan salah ketik
  • Ilustrasi kurang sesuai dengan isi cerita

Pesan Moral Novel Next Ria Ricis

Apa pun yang kita kerjakan, lakukan sebaik mungkin dan selesaikan dengan tepat waktu jika masalah adalah penghambatmu untuk melangkah selalu ingat Allah tidak pernah menutup mata terhadap orang-orang yang berusaha.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai resensi novel Next Ria Ricis semoga apa yang kami sampaikan dapat di pahami dan bermanfaat ya!

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: