Resensi Novel Nuraga; Identitas, Sinopsis, Intrinsik

Resensi Novel Nuraga; Identitas, Sinopsis, Intrinsik

Gambar dibuat dengan Canva Pro (Premium)

Bagi kamu yang suka dengan kisah romantis remaja yang tidak biasa kamu bisa coba baca buku novel Nuraga karya dari Revianaaprl. Dan dalam kesempatan kali ini kami akan menjelaskan resensi novel Nuraga secara lengkap.

Mulai dari identitas novel, sinopsis novel, intrinsik, ekstrinsik hingga kelebihan dan juga kekurangannya selain itu akan kami jelaskan jua pesan moral yang terkandung di dalam novel tersebut.

Identitas Novel Nuraga

Judul NovelNuraga
PenulisRevianaaprl
PenerbitLoveable
Jumlah Halaman350 halaman
Ukuran Buku13×19 cm
KategoriFiksi Romance
Tahun Terbit2021
Harga BukuRp.79.000,-

Kisah Nuraga ini bermula dari Revianaaprl yang menulis kisahnya di alternate universe dimana kisah Nuraga dipublikasikan di twetter Ann dan mendapatkan lebih dari 136 ribu likes dan 51,5 ribu kali di retweet.

Dan akhirnya buku ini mulai diterbitkan oleh Loveable di tahun 2021 dengan ketebalan buku mencapai 350 halaman dan ukuran buku sekitar 13×19 cm. Kamu bisa memiliki buku ini dari mulai harga yang cukup terjangkau yaitu sekitar Rp.79.000,-.

Sinopsis Novel Nuraga

Dalam resensi novel Nuraga ini akan kami jelaskan juga mengenai sinopsis novel. Dimana sinopsis novel ini akan membantu kamu untuk memahami kisah Nuraga secara garis besarnya saja dan berikut penjelasan lengkapnya.

Nuraga sendiri memiliki arti simpati dan sebuah nama yang diberikan kepada seorang anak laki-laki. Novel Nuraga ini mengisahkan perjalanan cinta seseorang anak lelaki yang bernama Haikal.

Haikal hanya bisa menyalahkan takdir di setiap detiknya karena takdir yang membuat dia lahir atas dasar kesalahan dan takdir yang membuat dia tidak bisa mempunyai keluarga yang utuh. Hanya sang ibu, rumah ternyaman bagi Haikal untuk pulang.

Namun, rumah tempat Haikal pulang kini berubah menjadi rumah duka untuk selamanya. Saat Haikal merasa bahwa takdir tak berpihak kepadanya, ia pun bertemu dengan Ralita, berkat Ralita hal tidak mungkin menjadi mungkin.

Dan bersama Ralita pula Haikal merasa bahwa dunia tidak sejahat itu kepadanya. Saat Haikal percaya bahwa Ralita akan mengembalikan kebahagiaan yang tertunda selama ini, Ralita justru memberikan luka yang sangat menyakitkan.

Ralita malah menjalin ikatan suci bersama lelaki lain. satu hal yang Haikal yakini bahwa Haikal harus melupakan Ralita walaupun berat.

Dan pepatah mengatakan bahwa semua hanya masalah waktu dan benar, Haikal dan Ralita dipertemukan untuk kedua kalinya dan mereka memperbaiki semuanya dari awal.

Cerita novel ini sangat menarik untuk di simak dan memberikan pengalaman. Serta pelajaran berharga bagi para pembaca. Dan pelajaran-pelajaran hidup yang membuka mata kita untuk terus bersyukur.

Bersyukur atas setiap peristiwa yang menimpa kita dan meyakini bahwa semuanya akan berlalu dengan baik-baik saja. dan dengan membaca novel ini akan menjadi menyenangkan dapat menghilangkan kepenatan.

Pepatah mengatakan bahwa semua itu hanya masalah waktu. Haikal dan Ralita bertemu kembali dan berusaha memperbaiki hubungan apakah bisa kembali seperti semula setelah semuanya memiliki egois.

Lantas bagaimana dengan kisah Haikal dan Ralita sesungguhnya? Kamu bisa simak kelanjutan ceritanya di novel Nuraga secara langsung ya!

Unsur Intrinsik Novel Nuraga

Dalam resensi novel Nuraga terdapat unsur intrinsik di dalamnya dan berikut penjelasan mengenai resensi novel Nuraga yang perlu kamu ketahui, diantaranya adalah:

1. Tema

Tema yang diangkat dalam novel Nuraga ini akan mengangkat tema percintaan antara remaja yang bernama Ralita dan juga Haikal.

2. Tokoh dan penokohan

  • Haikal, ia merupakan seorang lelaki yang cukup rapuh dan beum menerima semua takdir buruk yang menimpanya
  • Ralita, ia merupakan gadis yang cantik dan juga periang serta bisa memberikan kenyamanan untuk Haikal
  • Ibu, ia merupakan tempat ternyaman untuk Haikal dalam berkeluh kesah dan lainnya
  • Dan masih banyak lagi tokoh lainnya

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel Nuraga ini menceritakan novel menggunakan alur campuran dimana terdapat alur maju dan alur mundur di dalam novel tersebut.

4. Latar waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan latar waktu pagi hari, siang hari dan juga malam hari.

5. Latar tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel Nuraga ini yaitu menggunakan latar tempat di rumah Haikal, rumah Ralita, di taman dan mashi banyak lagi latar tempat lainnya.

6. Sudut pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel Nuraga ini yaitu menggunakan sudut pandang orang ketiga yang serba tahu.

7. Gaya bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam novel Nuraga ini yaitu menggunakan gaya bahasa yang ringan dan mudah dipahami serta banyak quotes di dalamnya.

8. Amanat

Amanat yang terkandung dalam novel Nuraga ini yaitu pada akhirnya takdir akan menunjukkan dirinya. takdir itu juga ternyata tidak seburuk yang kita pikir. Dan segala sesuatu menjadi baik jika memaknainya menjadi baik.

Unsur Ekstrinsik Novel Nuraga

Selain unsur intrinsik kami juga akan menjelaskan unsur ekstrinsik dalam resensi novel Nuraga ini dan berikut penjelasan lengkapnya:

1. Nilai Sosial

Nilai sosial yang terkandung dalam novel ini adalah sikap Haikal yang menganggap semua takdir ia buruk maka perpisahan dengan Ralita membuat dia sedih padahal Ralita sendiri tidak menyukai ikatan tersebut.

2. Nilai Moral

Sikap Ralita yang tidak yakin akan hatinya dan keputtusannya membuat ia melukai jiwa yang rapuh dan tidak sadar melukai dirinya sendiri.

Kelebihan Novel Nuraga

Seperti yang telah kita ketahui bahwa setiap karya memiliki kelebihan dan juga kekurangan dan berikut akan kami jelaskan secara lengkap mengenai kelebihan dari novel Nuraga ini berikut penjelasan lengkapnya.

  • Novel ini merupakan salah satu novel best seller
  • Penulis mampu mengadaptasi kisah ini dengan baik
  • Penulisan narasi dan kisahnya dinilai lengkap dan jelas.
  • Karakter di bangun juga sangat kuat
  • Dan banayk kutipan-kutipan indah dalam novel tersebut

Kekurangan Novel Nuraga

Selain kelebihan tentunya kamu akan jelaskan juga kekurangan dan berikut beberapa kekurangan dalam novel Nuraga ini, yaitu:

  • Kisah ini dinilai menjadi terlalu padat dan alurnya melompat-lompat
  • Dan lebih maksimal jika di jadikan dua buku
  • Beberapa bagian alur menggantung
  • Ada beberapa kesalahan penulisan

Pesan Moral Novel Nuraga

Tidak ada perjuangan yang sia-sia hasil tidak akan mengkhianati usaha. Selain itu, cinta adalah suatu perasaan yang kompleks perasaan yang tidak mudah untuk tumbuh dan juga tidak mudah hilang.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai resensi novel Nuraga yang telah kami jelaskan mulai dari identitas novel, sinopsis, hingga pesan moralnya. Semoga semua apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat terutama bagi kamu yang sedang mencari resensi novel ini.

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: