Resensi Novel Pahlawan Hati, Novel Keren dan Bikin Baper!

Resensi Novel Pahlawan Hati, Novel Keren dan Bikin Baper

Resensi novel Pahlawan Hati menceritakan tokoh Nisa yang memperjuangkan kehidupan anak-anak jalan di kota besar. Ia adalah seorang guru honorer yang juga sangat memiliki hati mulia mendidik anak jalanan tersebut.

Dengan berbagai konflik yang dialaminya dalam memperjuangkan kebahagiaan dan kesejahteraan anak-anak jalanan. Ternyata, Nisa dipertemukan dengan Rahmat. Mereka berdua memiliki rasa saling suka.

Lalu, bagaimana kisah percintaan Nisa dan Rahmat? artikel ini membahas resensi Pahlawan Hati secara lengkap. Baca sampai selesai ya.

Identitas Novel

Judul NovelPahlawan Hati
PenulisIvone R.M
Jumlah halaman138 Halaman
Ukuran buku21 x 15 cm
PenerbitCV ADHIGAMA SENTOSO
KategoriFiksi
Tahun Terbit2008
Harga novelRp.20.000,-

Novel Pahlawan Hati karya Ivone RM berjumlah 138 halaman. Diterbitkan oleh CV Adhigama Sentosa sebagai buku fiksi pada tahun 2008. Harga bukunya yaitu Rp.20.000,-.

Sinopsis Novel Pahlawan Hati

Novel “Pahlawan Hati” menceritakan kisah seorang wanita bernama Nisa yang berjuang untuk membantu anak-anak jalanan dan orang miskin di kota tempatnya tinggal.

Nisa adalah seorang guru honorer yang memiliki tekad bulat untuk memberikan pendidikan yang layak bagi anak-anak yang kurang mampu.

Namun, perjuangan Nisa tidaklah mudah. Ia harus menghadapi berbagai macam halangan dan rintangan, mulai dari perlakukan diskriminatif dari pihak sekolah hingga kekerasan yang dialami oleh anak-anak jalanan.

Namun, Nisa tidak pernah menyerah. Ia terus berjuang untuk mengubah nasib anak-anak dan orang miskin di sekitarnya.

Pada suatu hari, Nisa bertemu dengan seorang pria bernama Rahmat. Rahmat adalah seorang jurnalis yang sedang menyelidiki kasus korupsi di kota tempat Nisa tinggal. Kehadiran Rahmat mengubah hidup Nisa.

Ia menjadi semakin bersemangat untuk terus berjuang dan bahkan terlibat dalam investigasi korupsi yang dilakukan oleh Rahmat.

Dalam cerita ini, penulis menghadirkan gambaran kehidupan sosial yang kompleks dan keras di kota besar.

Penggambaran Nisa sebagai seorang pejuang kemanusiaan yang kuat dan gigih akan menginspirasi pembaca untuk turut berjuang dan membantu mereka yang membutuhkan.

Novel “Pahlawan Hati” menunjukkan bahwa kemanusiaan, kejujuran, dan kesetiaan masih bisa ditemukan dalam dunia yang terkadang tampak putus asa dan suram.

Unsur Intrinsik Novel

Adapun unsur intrinsik Novel Pahlawan Hari karya Ivone RM yang menarik untuk diketahui oleh para pembacanya, diantaranya yaitu:

1. Tema

Tema novel Pahlawan Hati karya Ivone RM yaitu membahas tentang perjuangan hidup anak-anak jalanan. Selain itu, terdapat juga cerita percintaan antara tokoh Nisa dan Rahmat.

2. Tokoh Utama

Tokoh utama yang diceritakan dalam novel Pahlawan Hati karya Ivone RM yaitu Nisa, Rahmat, dan anak-anak jalanan.

3. Latar Tempat

Latar tempat yang terdapat dalam cerita novel Pahlawan Hati yaitu di jalanan, di sekolah di rumah Nisa, dan di kota besar.

4. Latar Waktu

Latar waktu yang diceritakan dalam novel Pahlawan Hati yaitu membahas situasi pada jam kerja, pagi hari, siang hari, dan malam hari.

5. Alur

Alur yang digunakan penulis untuk merangkai peristiwa dalam novel Pahlawan Hati yaitu alur maju. Dimana diceritakan peristiwa-peristiwa masa kini dan masa depan. Tidak membahas masa lalu atau flashback.

6. Sudut Pandang

Sudut pandang yang digunakan penulis untuk menggambarkan karakter tokoh dalam novel Pahlawan Hati yaitu sudut pandang orang ketiga, pelaku utama.

7. Gaya Bahasa

Gaya bahasa yang digunakan Ivone RM dalam menceritakan isi novel yaitu bahasa komunikasi sehari-hari. Sehingga bahasanya sangat ringan dan mudah dipahami oleh para pembacanya.

8. Amanat

Anak-anak jalanan membutuhkan perhatian sehingga berilah bantuan seperlunya yang kamu bisa.

Janganlah berkuasa atas jabatan yang kamu miliki. Tetapi, bersikaplah bertanggungjawab dengan pekerjaan atau jabatan yang kamu miliki.

Unsur Ekstrinsik Novel

Terdapat pula unsur ekstrinsik novel Pahlawan Hati karya Ivone RM sangat menarik untuk diketahui, berikut ini ulasannya.

1. Nilai Kemanusiaan

Tokoh Nisa diceritakan mempunyai nilai kemanusiaan yang sangat tinggi. Dimana, ia memiliki perhatian yang penuh untuk anak-anak jalanan yang ada di kotanya.

Mulai dari kebutuhan sehari-hari anak jalanan hingga kebutuhan pendidikannya.

2. Nilai Sosial

Nilai sosial juga tertera dari sikap Nisa yang selalu bersedia membantu dan menolong orang lain.

Salah satunya yaitu keikutsertaan Nisa dalam menolong dan membantu Rahmat menyelidiki korupsi di kotanya.

3. Nilai Moral

Janganlah sombong dengan jabatan yang kamu miliki karena kamu mempunyai tanggung jawab yang cukup besar dari pekerjaanmu.

Salah satunya yaitu janganlah kamu korupsi harta orang lain saat kamu sedang bekerja di suatu kantor pemerintahan.

Kelebihan Novel

Kelebihan novel Pahlawan Hati karya Ivone RM yaitu mempunyai alur cerita yang runtut sehingga mudah diikuti sampai ending ceritanya.

Selain itu, konflik yang diceritakan juga cukup mengena dihati pembaca. Karena ceritanya memang seperti kehidupan nyata atau realitas.

Di dalam novel Pahlawan Hati memuat berbagai nilai kehidupan yang sangatlah bagus. Sehingga pembaca dapat menerapkan berbagai nilai kehidupan dalam kehidupan nyata.

Penyampaian karakter tokoh dalam novel juga sangatlah detail dan jelas sehingga pembaca akan lebih mudah dalam memahami karakter setiap tokoh yang diceritakan novel.

Kekurangan Novel

Adapun kekurangan novel Pahlawan Hati yaitu terlihat dari gambar ilustrasi yang terdapat di halaman cover novel sangat sederhana. Sehingga sangat terlihat kurang menarik.

Pesan Moral Novel Pahlawan Hati

Pesan moral novel Pahlawan Hati yaitu janganlah kamu berkuasa atas pekerjaan dan jabatan yang dimiliki. Semua hanyalah sebatas titipan saja. Pastikan kamu bertanggung jawab atas kewajiban kerja kamu.

Artikel Menarik Lainnya: