Resensi Novel Poconggg Juga Pocong

Gambar dibuat dengan Canva Pro (Premium)

Bagi kamu yang sedang mencari referensi bacaan horor komedi kamu bisa banget baca dulu novel poconggg juga pocong karya dari Muhammad Arief dan dalam kesempatan kali ini kami akan jelaskan mengenai resensi novel poconggg juga pocong.

Mulai dari identitas novel, sinopsis, intrinsik, ekstrinsik hingga pesan moral yang terkandung di dalam novel tersebut dan tidak lupa kami juga akan ulas mengenai kelebihan dan juga kekurangan dari novel ini yuk, simak sampai akhir ya!

Identitas Novel Poconggg Juga Pocong

Resensi Novel Poconggg Juga Pocong
Judul NovelPocongg juga Pocong
PenulisMuhammad Arief
PenerbitBukune
Jumlah Halaman142 halaman
Ukuran Buku13×19 cm
KategoriFiksi
Tahun Terbit2008
Harga BukuRp.20.000,-

Novel poconggg juga pocong ini merupakan karya dari Muhammad Arief yang lahir di Batam tahun 1990 dan ia memiliki nama akun tweter bernama pocong juga dan ceritanya cukup populer.

Hingga pada tahun 2008 novel poconggg juga pocong ini mulai diterbitkan oleh PT. Bukune dan novel ini juga memiliki ketebalan yang cukup tips dan bisa dibaca sekali duduk yaitu sekitar 142 halaman dengan ukuran 13×19 cm.

Sinopsis Novel Poconggg Juga Pocong

Dalam resensi novel poconggg juga pocong ini akan kami jelaskan juga mengenai sinopsis novel, dimana sinopsis ini akan membantu kamu semakin memahami isi dari novel ini secara garis besar.

Poconggg tidak seperti pocong-pocong kebanyakan sebagai pocong pendatang baru, poconggg dianggap sebagai paling cupu dan penakut dan salah satu yang paling memalukan adalah Poconggg tidak bisa menakuti manusia.

Poconggg malah takut pada sesama hantu lainnya yang lebih senior yaitu Anjaw di pocong senior, dan 4 anggota geng lain yang sering mengintimidasi Poconggg dan membuat hari-harinya semakin kacau.

Untungnya ada Kunti, yang merupakan kuntilanak cantik dan gaul satu-satunya hantu yang membantu Poconggg untuk beradaptasi dan akhirnya menjadi sabahatnya. Dan lebih dari itu, Kunti menjadi sosok hantu yangs elalu menjadi teman Poconggg untuk berkeluh kesah.

Dan saat Poconggg sedang di usili oleh Anjau atau sedang galau karena Sheila. Sheila ini adalah seorang perempuan yang paling Posconggg sayangi. Sayangnya hubungan pertemanan yang akhirnya berkembang menjadi rasa suka harus berakhir tragis.

Poconggg belum sempat menyatakan perasaannya kepada Sheilla tetapi dunia malah memisahkan mereka dan hal inilah yang membuat kehidupan Poconggg terasa berbeda dan segalanya menjadi tidak mudah.

Untung saja Poconggg tidaklah sendirian ada Kunti yang senantiasa membantunya. Ada Kunti yang menjadi tong sampah Poconggg saat ia galau melihat Adit yaitu Senior Sheilla di kampus.

Dan dimana Adit ini mulai melakukan pendekatan kepada Sheilla dan mengirimkan sinyal-sinyal perasaan kepada wanita yang disayangi oleh Poconggg ini.

Dan kepribadian Poconggg yang penakut membuat semuanya menjadi rumit. Anjaw yang usil Kunti yang baik tapi galak. Dunia Poconggg dan Sheila yang sudah berbeda dan semuanya membuat Poconggg merasa galau berat.

Ia harus dipaksa menakuti manusia padahal dirinya sendiri sangat penakut dan hal itu juga menambah beban pikiran dari Poconggg. Lantas bagaimana kisah perjalanan Poconggg selanjutnya?

Bagi kamu yang penasaran dengan kelanjutan kisahnya kamu bisa banget simak secara langsung di bukunya ya!

Unsur Intrinsik Novel Poconggg juga Pocong

Selain sinopsis dalam resensi novel Poconggg juga pocong ini kami juga akan jelaskan unsur intrinsik dalam novel tersebut dan untuk lebih jelasnya kamu bisa simak penjelasannya di bawah ini.

1. Tema

Tema yang diangkat dalam novel ini yaitu cinta beda dunia yang kocak antara Poconggg dan Sheila dan Poconggg yang merasa gagal menakuti manusia.

2. Tokoh dan penokohan

  • Poconggg, ia merupakan sosok hantu junior yang penaakut dan tidak bisa menakuti dan masih mencintai Sheila
  • Sheila, ia orang yang sangat Poconggg sayangi namun sayang perasaannya belum terungkap
  • Kunti, ia teman hantu Poconggg yang baik, galak dan suka membantu
  • Anjau, pocong senior yang selalu usil kepada Poconggg
  • Adit, kakak tingkat di kampus yang mencoba mendekati Sheila pujaan Poconggg

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel Poconggg juga pocong ini yaitu menggunakan alur campuran dimana terdapat alur maju dan alur mundur di dalamnya.

4. Latar waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan latar waktu pagi, siang dan malam hari.

5. Latar tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel ini yaitu di perumahan, bioskop dan kuburan.

6. Sudut pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel ini yaitu sudut pandang orang pertama sebagai pelaku utama novel.

7. Gaya bahasa

Gaya bahasa yang digunakan banyak mengandung humor dan menyenangkan dan tidak mudah bosan.

9. Amanat

Amanat yang terkandung dalam novel adalah jangan menunda-nunda perasaan jika kamu memang benar mencintai maka segera ungkapkan jangan sampai menjadi arwah penasaran hanya karena belum mengungkapkan cinta.

Unsur Ekstrinsik Novel Poconggg Juga Pocong

Berikut beberapa unsur ekstrinsik yang terdapat dalam novel yang kami bahas dalam resensi novel Poconggg juga pocong, yaitu:

1. Nilai Sosial

Sikap Kunti yang membantu Poconggg untuk bisa menjadi hantu yang sesungguhnya dan selalu memberikan semangat.

2. Nilai Moral

Sikap Anjau sebagai senior yang sombong dan meremehkan hantu lainnya padahal dia harusnya memberikan pemahaman dan memberikan contoh bagaimana menjadi hantu yang sesungguhnya hahaha.

Kelebihan Novel Poconggg Juga Pocong

Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki oleh novel Poconggg juga pocong, diantaranya adalah:

  • Novel ini sangat menarik dan juga menghibur karena disajikan dan jenaka sehingga berbeda dengan novel-novel pada umumnya
  • Menggunakan bahasa sehari-hari dan kekonyolan yang lucu dan tidak terkesan dipaksakan
  • Kekonyolannya juga terlihat pres  dan tidak monoton
  • Gaya penceritaan yang santai dan jenaka

Kekurangan Novel Poconggg Juga Pocong

Selain kelebihan novel ini juga memiliki beberapa kekurangan dan berikut penjelasannya.

  • Isinya terlalu sedikit dibandingkan noveol-novel komedi lainnya
  • Sehingga lebih cocok di sebut cerpen
  • Alur yang agak tidak terurut
  • Kertas juga menggunakan kertas buram
  • Ada beberapa kata kasar

Pesan Moral Novel Poconggg Juga Pocong

Dalam novel ini mengajarkan bahwa jangan pernah menunda-nunda sesuatu hal penting dalam hidup karena kita tidak tahu sampai mana usia ini akan bertahan dan tentunya manfaatkan waktu hidupmu sebaik mungkin agar kamu tidak menyesal di kemudian hari.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai resensi novel Poconggg juga pocong mulai dari identitas novel, sinopsis, intrinsik, ekstrinsik hingga pesan moral yang terkandung di dalamnya.

Semoga apa yang disampaikan dapat bermanfaat terutama bagi kamu yang sedang mencari referensi mengenai resensi novel ini secara lengkap.

Artikel Menarik Lainnya: