Resensi Novel Raja Untuk Ratu; Sinopsis, Intrinsik, Ekstrinsik

Gambar dibuat dengan Canva Pro (Premium)

Kamu sedang mencari kisah novel percintaan remaja yang bisa membuat kamu senyum-senyum sendiri? kamu bisa coba baca novel Raja untuk Ratu dimana novel ini merupakan kisah percintaan remaja di masa putih abu yang cukup menarik.

Dalam resensi novel Raja untuk Ratu akan dijelaskan secara lengkap mengenai identitas novel, sinopsis, unsur intrinsik, ekstrinsik hingga kelebihan dan kekurangannya serta pesan moralnya dan berikut penjelasan lengkapnya.

Identitas Novel Raja untuk Ratu

Judul NovelRaja Untuk Ratu
PenulisTresia
PenerbitCoconutBook
Ukuran Buku14×20 cm
Jumlah Halaman 412 halaman
KategoriFiksi
Tahun Terbit2021
Harga BukuRp.94.000,-

Novel Raja untuk Ratu ini merupakan sebuah novel yang ditulis oleh Tresia yang dimana kisah ini sudah dibaca oleh pengunjung wattpad sebanyak 12,7 juta kali . Tresia sendiri terkenal sebagai penulis populer yang cukup produktif.

Hingga kini dia sudah berhasil menerbitkan 4 buku. Dan buku Raja untuk Ratu ini sendiri diterbitkan pada tahun oleh Pt. Coconut Book di tahun 2021. Kisah Raja untuk Ratu ini merupakan sebuah percintaan remaja dimasa putih abu-abu yang cukup menarik dan unik.

Sinopsis Novel Raja untuk Ratu

Dalam sebuah resensi novel Raja untuk Ratu kamu akan menemukan sebuah sinopsis dimana sinopsis ini akan memberikan gambaran singkat mengenai isi dari novel tersebut dan berikut penjelasan lengkapnya.

Novel ini mengisahkan tentang seorang lelaki bernama Raja Gemilang yang merupakan salah satu murid yang paling ditakuti dan disegani di SMA Garuda. Kisah ini merupakan kisah cinta Raja dengan seorang gadis bernama Ratu Setia Wijaya.

Mereka menjalani kehidupan di masa putih abu-abu dengan sederhana dan manis. Di kantin SMA Garuda untuk pertama kalinya mereka bertemu dan mereka mulai saling peduli secara diam-diam.

Suatu hari di gerbang SMA Garuda Raja mengajak Ratu untuk pulang bersamanya dan seiring berjalannya waktu, jarak di antara mereka terikikis secara hebat. Tanpa mereka berdua sadari.

Hubungan mereka semakin dekat. Di loker penyimpanan barang di sekolah, mereka kembali menuliskan kalimat yang melengkapi cerita mereka. Raja dan Ratu menjalani hari demi hari bersama. Tak ada sehari pun mereka lewati tanpa menyapa satu sama lain.

Hingga suatu hari keadaan berbalik seratus delapan puluh derajat keadaan yang tidak pernah diharapkan keadaan yang tidak diinginkan tanpa persetujuan Raja meninggalkan Ratu begitu saja.

Ratu yang ditinggalkan dalam kesendirian yang seolah memenjarakan dirinya dan Ratu selalu bertanya-tanya akan keberadaan Raja dan mengapa Raja bisa meninggalkannya.

Setiap hari, yang bisa Ratu lakukan hanya berusaha untuk menguatkan dirinya sendiri. Ratu sangat percaya bahwa masih ada harapan untuk dirinya dan hubungan mereka. Di warung kopi Bu Sri Raja bertikai hebat dengan Aksara.

Dan hal itu Ratu tau karena Raja cemburu atas kepeduliannya kepada Aksara. Tepat di malam itu Raja dan Ratu kembali menyelami kisah cinta mereka bersama-sama. lantas apakah mereka akan terus bersama?

Atau kah mereka akan benar-benar terpisah selamanya? Untuk lebih jelasnya kamu bisa simak langsung di novel Raja untuk Ratu di dalam novelnya ya!

Unsur Intrinsik Novel Raja untuk Ratu

Dalam sebuah resensi novel Raja untuk Ratu ini kamu akan menemukan penjelasan mengenai unsur intrinsik novel dan berikut penjelasan lengkap mengenai unsur intrinsik dalam novel tersebut adalah:

1. Tema

Tema yang diangkat dalam novel Raja untuk Ratu ini yatu mengisahkan ksiah percintaan remaja di masa SMA.

2. Tokoh dan Penokohan

Berikut beberapa tokoh yang terdapat dalam novel ini adalah:

  • Raja, ia merupakan lelaki yang romantis, perhatian dan selalu memberikan kehangatan
  • Ratu, ia merupakan gadis yang baik, manja dan sangat ingin dimengerti
  • Aksara, merupakan teman Ratu yang selalu membuat Raja cemburu
  • Dan masih banyak lagi tokoh lainnya

3. Alur

Alur yang digunakan dalam nove Raja untuk Ratu ini menggunakan alur campuran dimana terdapat alur maju dan alur mundur di dalamnya.

4. Latar Waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel ini adalah seperti pada novel umumnya yaitu pagi hari, siang hari dan juga malam hari.

5. Latar Tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel ini adalah di sekolah, di kantin, di rumah Raja, di rumah Ratu di gerbang sekolah, di warung Bu Sri dan masih banyak lagi tempat lainnya.

6. Sudut Pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan sudut pandang orang ketiga dan orang pertama dari berbagai tokoh utama.

7. Gaya Bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam novel ini menggunakan bahasa remaja pada umumnya sehingga mudah dipahami dan dimengerti baik untuk seluruh kalangan terutama remaja.

8. Amanat

Komunikasi adalah kunci utama dalam sebuah hubungan baik itu hubungan romantisme, persahabatan, keluarga dan lainnya segala sesuatu hal perlu dibicarakan dengan baik sehingga tidak ada kesalahpahaman dan mengatasi masalah dengan baik.

Unsur Ekstrinsik Novel Raja untuk Ratu

Dalam resensi novel Raja untuk Ratu ini kamu juga akan menemukan unsur ekstrinsik novel dan berikut beberapa penjelasan lengkapnya.

1. Nilai Sosial

Nilai sosial yang terdapat dalam novel Raja untuk Ratu ini adalah sikap Raja yang menunggu Ratu di depan gerbang saat sekolah sehingga terlihat dia begitu perhatian dan menyayangi Ratu.

2. Nilai Moral

Sikap Raja yang tidak mau bicara mengenai masalah apa yang terjadi membuat hubungan Raja dan Ratu jadi tidak baik mereka menjadi menjauh dan terasa hambar sehingga mereka berpisah secara perlahan.

Kelebihan Novel Novel Raja untuk Ratu

Dalam sebuah karya tentunya kita akan mengetahui beberapa kelebihan dari karya tersebut termasuk dalam novel Raja untuk Ratu ini berikut beberapa kelebihan yang perlu kamu ketahui, yaitu:

  • Novel ini memiliki gaya bahasa yang indah dengan ksiah cinta yang menarik dengan kata-kata yang indah
  • Alur yang digunakan juga mengalir tidak terlalu cepat atau terlalu lambat
  • Konflik yang diangkat dalam novel ini juga menarik tidak hanya romansa tapi juga persahabatan
  • Penulis juga bisa membangun semua karakter seluruh tokoh dengan kuat
  • Dinamika antara tokoh juga menarik
  • Novel yang ringan di baca dikala waktu senggang

Kekurangan Novel raja untuk Ratu

Selain kelebihan novel ini juga memiliki kekurangan, diantaranya:

  • Novel kisah ini cukup klise dan banyak diangkat
  • Konflik diangkat sudah biasa dalam kisah cinta
  • Ada beberapa tyfo

Pesan Moral Novel Raja untuk Ratu

Novel ini mengajarkan bahwa komunikasi adalah kunci utama dalam sebuah hubungan dengan orang lain menghilang dan menutup diri pada seseorang sesungguhnya tidak baik karena setiap orang memiliki hak untuk mendapatkan penjelasan.

Sebab perbuatan tampak dimana terkadang tidak sesuai dengan niat yang dimiliki setiap pesan yang disampaikan tidak diterima dengan baik oleh orang lain.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai resensi novel Raja untuk Ratu semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat ya!

Artikel Menarik Lainnya: