Resensi Novel Rigel; Identitas, Sinopsis, Intrinsik, Ekstrinsik

Gambar dibuat dengan Canva Pro (Premium)

Bagi kamu yang suka novel romantis remaja sepertinya kamu perlu membaca novel Rigel karya dari Ririn. Novel ini mengisahkan kisah percintaan Rigel yang merupakan seorang ketua geng kepada Aurora.

Dalam kesempatan kali ini tim Mustakim Media akan menjelaskan resensi novel Rigel ini secara lengkap mulai dari identitas novel, sinopsis, intrinsik, ekstrinsik, kelebihan kekurangan hingga pesan moral yang terkandung di dalamnya.

Identitas Novel Rigel

Judul NovelRigel
PenulisRirin
PenerbitLoveable
Jumlah Halaman220 halaman
Ukuran Buku13×19 cm
KategoriFiksi
Tahun Terbit2021
Harga BukuRp.89.500,-

Novel Rigel ini merupakan sebuah karya dari penulis muda yang bernama Ririn dimana novel ini mulai diterbitkan pada tahun 2021 dan novel ini diterbitkan oleh PT.Loveable dan memiliki halaman sekitar 220 halaman.

Rigel yang seorang ketua geng tawuran tapi tidak ada sangar-sangarnya. Karena itulah ia sering di buli oleh teman-teman gengnya. Tak hanya itu, Rigel yang terpesona dengan gadis bernama Aurora dan sangat bucin kepadanya.

Sinopsis Novel Rigel

Dalam resensi novel Rigel ini akan kami jelaskan juga sinopsis dalam novel Rigel ini dimana sinopsis novel ini membantu kamu untuk memahami isi novel secara lengkap dan garis besarnya saja.

Novel ini mengisahkan Rigel yang merupakan ketua geng tapi kelakuannya bukan seperti anak geng kebanyakan yang seram dan juga dingin. Tapi nyatanya dia itu adalah ketua geng yang sering di bully oleh teman-temannya.

Hanya dia terlalu bucin kepada satu cwk yang bernama Aurora. Rigel sebagai ketua geng sangat jauh dari image yang sangar, berwibawa, dan di ikuti.

Di sisi lain, Rigel ini merupakan seseorang yang sangat setia kawan banget, dan rela mengorbankan diri untuk orang-orang yang dia sayang.

Dan harusnya hubungan Rigel dan Aurora baik-baik aja, tapi ternyata, halangan justru hadir dari orang-orang yang tidak bisa mereka lawan sama sekali.

Keadaan tentunya bisa saja mengubah kepribadian seseorang, tang jahat menjadi baik, yang baik bisa menjadi jahat. Namun, mampukah Rigel tetap bertahan pada pilihannya?

Novel yang berawal dari aplikasi Wattpad ini ternyata sang penulis membedakan cerita versi novel dan versi dari aplikasi. Jika di novel maka cerita ini diawali dengan adegan perkelahian geng Toxic dengan The Dark.

Dan pertemua awal dari Aurora dan Rigel sangat mengesankan.

“Eh, tahan!” Jangan ngomong kasar dulu. Gue liat sesuatu.” Mata Rigel memicing ketika melihat seorang gadis berseragam seperti Dirga. Gadis itu tengah memperlihatkan dirinya dan Dirga dari kejauhan.

“Itu cewek dari sekolah lo, Bilangin, jangan di sini, bahaya.” Ujar Rigel menunjuk gadis yang masih di tempat.

“Gue gak peduli.”

“Lo gial ya?”

“Nggak usah peduliin. Masalah lo sama gue.” Dirga tidak berminat menoleh sedikit pun, justru semakin kuat memutar rantai motor.

“Gue pending dulu, dah. tawurannya. Lo cari aja lawan lain. Gue mau selamatin cewek itu”

“Gue bilang, nggak usah peduliin!” seru Dirga penuh amarah

Rigel tidak mengindahkan itu, dia tetap menghampiri gadis yang kini berlari menjauh itu.

Lantas, apakah yang menjadi pengahalang terbesar hubungan Aurora dengan Rigel? Yuk, kamu bisa simak secara langsung mengenai novel Rigel ini secara langsung dari novelnya ya!

Unsur Intrinsik Novel Rigel

Dalam resensi novel Rigel ini akan kami jelaskan juga unsur intrinsik novel dalam artikel ini. dimana intrinsik novel ini menjelaskan unsur pembangun novel dari dalam dan berikut penjelasan lengkapnya.

1. Tema

Tema yang diangkat dalam novel Rigel ini yaitu menggunakan tema tentang percintaan anak remaja.

2. Tokoh dan penokohan

  • Rigel, ia merupakan seorang ketua geng yang suka bercanda, tidak seram dan sangat menykai Aurora dan tidak tegaan
  • Dirga, ia merupakana musuh Rigel yang selalu tawuran dengannya
  • Aurora, ai merupakan gadis dari sekolahan Dirga yang cantik dan membuat Rigel terpikat dan bucin
  • Dan masih banyak lagi tokoh lainnya

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel Rigel ini yaitu menggunakan alur campuran dimana terdapat alur maju dan alur mundur di dalam novel tersebut secara lengkap.

4. Latar waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel Rigel yaitu menggunakan latar sama seperti novel lainnya yaitu pagi hari, siang hari dan juga malam hari.

5. Latar tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel Rigel ini yaitu menggunakan latar tempat di sekolah Dirga, di sekolah Rigel, di jalan, di kantin dan masih banyak lagi tempat lainnya.

6. Sudut pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel Rigel ini yaitu menggunakan sudut pandang orang pertama sebagai pelaku utama yaitu Rigel.

7. Gaya bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam novel Rigel ini menggunakan gaya bahasa yang ringan dan mudah dipahami oleh semua orang memakai bahasa gaul remaja pada umumnya lo gue.

8. Amanat

Amanat yang terkandung dalam novel ini adalah sebagai siswa tentunya kamu harus bisa memilah dan memilih apa yang harus di perbuat dan dihindari apa yang bermanfaat atau malah membuat banyak dampak buruk.

Unsur Ekstrinsik Novel Rigel

Dalam resensi novel Rigel ini kami akan jelaskan juga unsur ekstrinsik novel dalam novel Rigel ini dan berikut penjelasan lengkapnya:

1. Nilai Sosial

Nilai sosial yang terkandung dalam novel ini adalah sikap Rigel yang tidak bisa melihat cewek dalam keadaan bahaya sehingga saat dia tawuran pun lebih memilih untuk pending karena ingin menyelamatkan Aurora.

2. Nilai Moral

Sikap Rigel yang suka tawuran tantunya bukan hal yang baik dan sebagai siswa harusnya dapat menghindari hal tersebut dan memilih tindakan yang lebih bermanfaat dari pada hanya berkelahi.

Kelebihan Novel Rigel

Seperti yang kita pahami bahwa setiap karya memiliki kelebihan dan juga kekurangan dan berikut beberapa kelebihan yang dimiliki oleh novel Rigel ini, diantaranya adalah:

  • Setiap tokoh memiliki karakter yang kuat dan seimbang
  • Alur cerita di gambarkan secara detail sehingga pembaca merasa paham
  • Gaya bahasa khas remaja yang sangat umum digunakan

Kekurangan Novel Rigel

Selain kelebihan novel Rigel ini juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu kamu pahami, dan berikut penjelasan lengkapnya:

  • Kekurangan pertama dari novel ini menceritakan perkelahian dan tidak pantas untuk di tiru oleh pelajar
  • Ada ditemukan beberapa tyfo atau salah kata

Pesan Moral Novel Rigel

Novel ini mengajarkan kita tentang arti sebuah rasa cinta dan menghargai perempuan karena apa pun kelakuan buruk kita tapi saat berhadapan dengan wanita maka kamu harus mengubahnya.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai resensi novel Rigel semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat dan bisa membantu ya!

Artikel Menarik Lainnya: