Resensi Novel Senyum Sahabat; Sinopsis, Intrinsik, Amanat

Gambar dibuat dengan Canva Pro (Premium)

Persahabatan memang sebuah hal yang tidak bosan di bahas dan tentunya kamu juga pernah memiliki sahabat yang baik selama hidupmu. Dalam resensi novel senyum sahabat ini kami akan jelaskan secara singkat mengenai identitas novel, sinopsis, intrinsik, dan ekstrinsik novel.

Tidak lupa kami akan jelaskan juga beberapa kelebihan dan juga kekurangan yang terdapat dalam novel senyum sahabat ini dan untuk lebih jelasnya kamu bisa simak artikel ini sampai selesai agar tidak ketinggalan informasi selengkapnya ya!

Identitas Novel Senyum Sahabat

Judul NovelSenyum Sahabat
PenulisEidelweis Almira
PenerbitEuthenia
Jumlah Halaman152 halaman
Ukuran Buku13×19 cm
KategoriFiksi
Tahun Terbit2015
Harga BukuRp.67.000,-

Novel senyum sahabat ini merupakan sebuah karangan dari Eidelwis Almira dimana novel ini mulai diterbitkan pada tahun 2015 dan diterbitkan oleh PT. Euthenia. Novel ini memiliki ketebalan yang mencapai sekitar 152 halaman.

Novel ini mengisahkan persahabatan sederhana antara ibunya Romi dan ibunya Dino namun ada beberapa masalah yang harus mereka hadapi.

Sinopsis Novel Senyum Sahabat

Dalam sebuah resensi novel kamu tentunya akan menemukan sebuah sinopsis di dalamnya. Dimana sinopsis novel ini memiliki manfaat agar kamu memahami novel ini secara singkat dan ini sinopsisnya.

Novel ini mengisahkan seorang anak yang bernama Romi dimana ia merupakan kesayangan semua guru di sekolah, dia selalu jadi juara 1 semenjak kelas 1 SD. Dan Romi ini selalu meraih nilai tertinggi pada ujian nasional.

Nilainya yang hampir sempurna yaitu 28,25 saat pengumuman kelulusan oleh wali kelas. Dan wali kelas serta guru lainnya memberi selamat kepada Romi atas semua yang raih dan dapatkan.

“Romi selamat ya, perjuanganmu setahun terakhir kemarin tidak sia-sia. Kamu belajar dengan tekun siang dan malam telah terbukti kamu bisa mendapatkan nilai yang nyaris sempurna.”

Karena SD tempat Romi sekolah hitungannya adalah sekolah pinggiran tapi nyatanya Romi mampu menyelisihi pesaing dari SD di seluruh Surabaya dan bisa masuk ke SMPN 1 Surabaya.

Dimana SMPN 1 Surabaya ini merupakan SMP terfavorit di Surabaya dan Romi bisa berhasil masuk ke sekolah tersebut. Romi berkaca-kaca saat Pak Imran memberi nasihat kepada Romi dan tentunya hal itu membuat Romi sangat terharu.

Ibu Romi ini bernama Lila dimana ibu Romi ini terkenal ceriwis dan bawel. Selalu keras dan tidak mudah lunak dengan semua peraturan yang dikeluarkan oleh sekolah dan jika ada hal yang kurang mengena maka Lila adalah orang tua murid yang pertama kali komplen.

Dia merupakan salah satu orang tua yang cukup kritis dan meminta transparansi dari pihak sekolah. Seperti saat daftar ulang di SMP, ijazah dan SKHUN sementara yang dikeluarkan pihak sekolah tidak ada foto siswa.

Maka Bu Lila ini aman mencari mbak Amel admin sekolah SD untuk meminta keterangan sejelas-jelasnya. Namun, setibanya di sekolah ternyata mbak Amel belum datang karena biasanya mbak Amel datang jam 9 lalu Ibu Lila berkata.

“Gila masa aku harus menunggu 1 jam di kantor hanya untuk SKHUN sementara”

Lalu Bu Lila menemukan ide ia meminta nomer ibuk Amel kepada karyawan disana lalu menghubunginya. Dengan suara yang meninggi karena emosi dan ibu Amel belum datang dia meminta print out SKHUN sementara Romi.

Lalu apa yang terjadi selanjutnya? kamu bisa simak langsung di novel di senyum sahabat ya!

Unsur Intrinsik Novel Senyum Sahabat

Dalam resensi novel senyum sahabat ini akan kami jelaskan juga beberapa unsur intrinsik yang terdapat dalam novel senyum sahabat ini, diantaranya adalah:

1. Tema

Tema yang diangkat dalam novel senyum sahabat ini adalah mengenai persahabatan antara Romi dan Dino serta ibu mereka berdua.

2. Tokoh dan penokohan

  • Romi, ia merupakan sosok anak yang pintar, baik, hati, dan selalu membela teman
  • Dino, ia anak yang nakal
  • Arda, suka memberi dan baik serta sangat menyukai Romi karena ia pintar
  • Bu Lila, cerewet dan sahabat dari Bu Syeilla mama Doni
  • Bu Syeilla, suka memberi dan sahabat dekat bu Lila
  • Dan masih banyak lagi tokoh lainnya

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel senyum sahabat ini adalah alur maju atau progresif dimana novel ini diceritakan dengan alur yang dari awal hingga akhir secara runtut dan teratur.

4. Latar waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel senyum sahabat ini yaitu menggunakan latar waktu di pagi hari, siang hari dan malam hari.

5. Latar tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel senyum sahabat ini yaitu menggunakan latar tempat, di sekolah, di ruang kelas, di bangku, di ruag BK dan masih banyak lagi latar tempat lainnya.

6. Sudut pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel senyum sahabat ini menggunakan sudut pandang orang ketiga yang serba tahu.

7. Gaya bahasa

Gaya bahasa yang ringan dan menggunakan bahasa sehari-hari menjadikan novel ini mudah dipahami dan sangat sederhana.

9. Amanat

Jangan hancurkan persahabatan karena persahabtan bisa saja jadi salah satu kebahagiaan itu terletak pada persahabatn yang terus dijaga denga baik.

Unsur Ekstrinsik Novel Senyum Sahabat

Dalam sebuah resensi novel senyum sahabat selain unsur intrinsik kami juga akan bahas unsur ekstrinsik novel dalam resensi novel senyum sahabat ini dan berikut penjelasan lengkapnya:

1.Nilai Sosial

Niali sosial yang terkandung dalam novel ini adalah ibu Lila dan Bu Syailla ini terlihat akrab kembali meski mereka sudah lama tidak bertemu persahabatan yang mereka jalani memang sanga terjalin dengan baik hingga mereka sama-sama dewasa.

2. Nilai Moral

Nilai moral yang terkandung dalam novel ini adalah persahabatan Romi dengan Arda yang terjalin baik Arda yang suka memberi dan Romi yang selalu membantu ketika Arda sedang terkena masalah terutama karena kejahilan Doni.

Kelebihan Novel Senyum Sahabat

Berikut ini merupakan beberapa kelebihan yang novel senyum sahabat miliki dan berikut diantaranya adalah:

  • Novel ini mampu menggambarkan tentang persahabatan yang terus berlanjut hingga dewasa
  • Gaya bahasa yang digunakan mudah dan ringan untuk dipahami oleh semua kalngan
  • Alur cerita juga menarik dan tidak membosankan

Kekurangan Novel Senyum Sahabat

Selain kelebihan novel ini juga memiliki kekurangan dan berikut beberapa kekurangan yang novel ini miliki, diantaranya adalah:

  • Pertama cerita ini cukup klasik dan sudah banyak yang memakainya
  • Endingnya mudah di tebak
  • Banyak kesalahan penulisan di dalamnya atau tyfo

Pesan Moral Novel Senyum Sahabat

Novel ini mengajarkan kita untuk tidak membuat sahabat kita kecewa karena sahabat akan terus dikenang hingga dewasa dan sahabat yang baik akan terus menjadi sahabat di waktu sekarang dan seterusnya.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai resensi novel senyum sahabat dimana telah kami jelaskan secara lengkap mulai dari identitas, sinopsis, hingga kelebihan dan kekurangannya semoga bermanfaat!

Artikel Menarik Lainnya: