Resensi Novel Summer In Seoul; Sinopsis, Intrinsik, Amanat

Gambar dibuat dengan Canva Pro (Premium)

Nah, bagi kamu yang suka dengan novel Indonesia tapi mengisahkan kisah percintaan di latar luar negeri sepertinya kamu wajib banget deh baca buku novel summer in seoul ini. dalam resensi novel summer in seoul ini akan kami jelaskan secara lengkap.

Mulai dari identitas novel, sinopsis, intrinsik, ekstrinsik, hingga kelebihan dan juga kekurangannya dan tentunya kami juga sisipkan apa saja pesan moral yang terkandung di dalam novel tersebut.

Identitas Novel Summer In Seoul

Judul NovelSummer In Seoul
PenulisIlana Tan
PenerbitGramedia Pustaka Utama
Jumlah Halaman284 halaman
Ukuran Buku14×21 cm
KategoriFiksir Romance remaja
Tahun Terbit2014
Harga BukuRp.65.000,-

Novel summer in Seoul ini merupakan karya pertama Ilana Tan yang diangkat menjadi sebuah film dimana novel ini mulai diterbitkan pada tahun 2014 oleh PT. Gramedia Pustaka Utama.

Novel yang menjadi best seller ini memiliki ukuran buku sekitar 14×21 cm dengan ketebalan mencapai 284 halaman dan mengisahkan kisah percintaan remaja romantis dengan latar kota Seoul Korea.

Sinopsis Novel Summer in Seoul

Dalam resensi novel summer in seoul ini kami akan jelaskan juga sinopsis novel di dalamnya. Dimana sinopsis novel ini mengisahkan novel secara garis besar saja dan tentunya ringkasan ini akan membantu kamu untuk memahami novel ini secara singkat.

Buku novel ini mengisahkan seorang perempuan Indonesia yang sedang melakukan studinya di negeri ginseng yaitu di Korea Selatan dan menjalani pekerjaan sampingan sebagai perancang busana.

Perempuan ini memiliki nama Sandy dan Han Soon-He merupakan nama Koreanya. Kisah dalam buku ini akan berfokus pada tema romantis dan ketika membaca menjadi sudut pandang orang ketiga.

Han Soo-He yang bernama asli Sindy ini baru saja pulang dari tempat ia bekerja menuju perjalanan pulang menuju apartemen tempat ia menetap sebelum pulang ia memutuskan untuk mampir ke sebuah toko untuk membeli keripik kentang.

Setelah selesai berbelanja ia baru menyadari bahwa handphone miliknya tertukar dengan pria yang merupakan penyanyi muda yang terkenal di Seoul bernama Jung Tae-Woo.

Dan setelah insiden tersebut ternyata mereka masih berhubungan dan saat itu masyarakat mengatakan bahwa Jung Tae-Woo gay karena dirinya yang tidak pernah terlihat berjalan dengan lawan jenis.

Dan hal itu membuat manajer dari Jung Tae-Woo yaitu Park Hyun Shik mengatur rencana untuk Jung Tae-Woo memiliki pasangan yang selama ini ditutupi dengan meminta bantuan dari Han Soon Hee dan meminta mereka berdua foto bersama dan membagikannya ke media sosial.

Akhirnya Han Soon-Hae menerima tawaran tersebut dengan syarat ia tidak ingin wajahnya diperlihatkan kepada masyarakat. Di hari-hari musim panas Han Soon He dan Jang Tae Woo memulai sebagai pasangan palsu.

Perubahan rasa itu pun ada rasa saling membutuhkan muncul di antara mereka berdua ditambah dengan insiden yang menimpa Han Soon Hee dan membuat ia harus tinggal sementara dengan Jung Tae Woo.

Karena adanya gosip-gosip yang tersebat Han Soon Hae memutuskan untuk pulang dnegan tujuan berlibur ke Indonesia selama satu bulan dengan sepupunya Tara namun kecelakaan membuat ia koma .

Dan kabar ini sampai kepada Jung Tae Woo dan ia pun menyusul ke jakarta dan di keadaan seperti itulah mereka benar-benar jujur dengan perasaan masing-masing. Lantas bagaimana kisah selanjutnya? Apakah Han Soo He akan kembali sadar? Yuk, simak sampai akhir di novel summer in seoul ya!

Unsur Intrinsik Novel Summer In Seoul

Dalam resensi novel summer in seoul kamu juga akan menemukan unsur intrinsik novel dan berikut penjelasan lengkapnya mengenai unsur intrinsik novel ini yaitu:

1. Tema

Tema yang diangkat dalam novel summer in seoul ini yaitu mengenai kisah percintaan yang cukup mengharukan.

2. Tokoh dan penokohan

  • Sindy atau Han Soo Hae, ia merupakan gadis Indonesia yang ramah, suka membantu dan juga sukaa desain
  • Jung Tae Woo, ia merupakan sosok penyanyi terkenal yang so jaim padahal sayang
  • Park Hyun Shik, yaitu merupakan manager dari Jung Tae Woo yang bertanggungjawab dan sangat bagus dalam bertugas
  • Dan masih banyak lagi tokoh lainnya

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel summer in seoul ini yaitu menggunakan alur campuran dimana terdapat alur maju dan alur mundur di dalam novel tersebut.

4. Latar waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan latar waktu sama seperti novel pada umumnya yaitu pagi hari, siang hari dan juga malam hari.

5. Latar tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan latar Jakarta, bandara, Seoul Korea Selatan, rumah sakit dan masih banyak lagi latar tempat lainnya.

6. Sudut Pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel summer in seoul ini yaitu menggunakan sudut pandang orang ketiga yang serba tahu.

7. Gaya bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam novel summer in seoul ini yaitu menggunakan gaya bahasa yang ringan dan mudah dipahami.

8. Amanat

Dalam sebuah percintaan kamu harus jujur pada dirimu sendiri dan pikirkanlah sesuatu sebelum bertindak jangan sampai keputusan yang kamu ambil malah mengecewakan kamu untuk waktu selanjutnya.

Unsur Ekstrinsik Novel Summer in Seoul

Selain unsur intrinsik kami juga akan jelaskan unsur ekstrinsik dalam novel yang perlu kamu ketahui, diantaranya adalah:

1. Nilai Sosial

Sikap Sindy yang mau membantu Jang Tae Woo agar tidak terkena gosip miring dan menjadi pacar palsu dari penyanyi terkenal itu sikap yang membantu sesama agar terhindar dari fitnah itu baik.

2. Nilai Moral

Jang Tae Woo yang mendengar Sindy kecelakaan ia dengan sigap datang ke Indonesia itu juga sikap peduli dan khawatir kepada keadaan Sindy.

Kelebihan Novel Summer In Seoul

Berikut beberapa kelebihan yang perlu kamu ketahui dari novel summer in seoul, diantaranya adalah:

  • Pertama kelebihan novel ini adalah ini menggunakan gaya bahasa yang mudah dimengerti dan juga tidak bertele-tele
  • Pemaparan dalam buku ini sangat detail sehingga kita bisa menangkap yang ingin disampaikan penulis
  • Tidak membosankan untuk di baca karena memiliki kata-kata yang tepat
  • Banyak menyelipkan bahasa Korea Selatan beserta catatan kaki sehingga memhamai bahasanya

Kekurangan Summer In Seoul

Selain kelebihan novel ini juga memiliki kekurangan diantaranya adalah:

  • Kurangnya pemabahsan detail dari suasana kota di Korea Selatan
  • Awal cerita dari buku ini kurang menarik
  • Konflik dalam novel ini seringkali kurang terasa jelas dan mengganggu

Pesan Moral Summer In Seoul

Novel ini mengajarkan kita untuk bisa mengungkapkan perasaan dengan jujur dan jangan mengedepankan ego masing-masing dan kejarlah cintamu sebelum mereka benar-benar pergi.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai resensi novel summer in seoul semoga apa yang kamis sampaikan dapat bermanfaat ya!

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: