Resensi Novel Sunset Bersama Rosie; Sinopsis, Intrinsik, Pesan Moral

Resensi Novel Sunset Bersama Rosie; Sinopsis, Intrinsik, Pesan Moral

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai resensi novel Sunset bersama Rosie, dimana novel ini merupakan karya dari penulis ternama Indonesia yang bernama pena Tere Liye yang karyanya sudah tidak diragukan lagi.

Dan bagi kamu yang penasaran dengan isi dari novel ini kamu bisa simak artikel ini sampai selesai karena tim Mustakim Media akan menjelaskan secara lengkap mulai dari identitas novel, sinopsis, intrinsik, ekstrinsik hingga kelebihan dan kekurangannya.

Identitas Novel Sunset Bersama Rosie

Judul NovelSunset Bersama Rosie
PenulisTere Liye
PenerbitMahaka Publishing
Jumlah Halaman426 halaman
Ukuran Buku 13,5 x 20 cm
KategoriFiksi
Tahun Terbit2011
Harga Buku Rp.80.750,-

Tere Liye sudah tidak diragukan lagi dalam membuat sebuah karya bahkan sudah ada banyak karyanya dan selalu best seller termasuk novel Sunset Bersama Rosie ini dan pada tahun 2011 novel ini mulai diterbitkan oleh PT. Mahaka Publishing.

Novel Sunset Bersama Rosie ini mengisahkan kisah persahabatan yang sudah lama antara Rosie dan Tegar dari mulai anak-anak hingga mereka mulai menjadi dewasa. Dan kedekatan mereka menjadi tidak sama ketika adanya orang ketiga yaitu Nathan.

Sinopsis Novel Sunset Bersama Rosie

Dalam resensi novel sunset bersama Rosie ini akan dijelaskan pula sinopsis singkat dimana sinopsis ini memberikan gambaran secara garis besar dari novel ini dan berikut penjelasan sinopsisnya.

Diceritakan kisah persahabatan antara Rosie dan Tegar yang sudah dijalin sejak usia 10 tahun dan kemudian mereka bertemu Nathan dan menjadi sahabat hingga usia beranjak dewasa.

Sebetulnya ada rasa cinta di dalam hati seorang Tegar untuk Rosie dan ia ingin mengungkapkannya karena sudah lama terpendam.

Dan alhasil Tegar mengajak Rosie dan juga Nathan untuk mendaki gunung Rinjani dengan maksud mengutarakan perasaannya pada sang pujaan hati yaitu Rosie. Namun, yang terjadi malah membuat hati Tegar terluka karena Nathan.

Nathan juga ternyata memendam perasaan yang sama dan lebih dahulu mengungkapkannya cinta kepada wanita yang ia cintai itu. Dan menyedihkannya lagi Rosie menerima Nathan dan mereka menjalin cinta.

Tak tahan dengan kenyataan pahit tersebut, Tegar akhirnya memilih menghilang dari kehidupan kedua sahabatnya tersebut, sementara Nathan dan Rosie menikah dan menjalankan bisnis bersama.

Kemudian diberi empat anak perempuan diberi nama Anggrek Sakura, Jasmine dan Lili. Sementara Tegar menjalani hidup dengan menjadi seorang workholic, hingga sukses menjadi seorang pekerja keras.

Walaupun setiap malam masih sering menyesali nasib dan bersedih akibat cinta yang tak kesampaian namun sampai suatu hari Rosie dan Nathan menemuinya bersama dua orang buah hati mereka yaitu Anggrek dan Sakura.

Melihat Rosie dan Nathan sangat bahagia dan juga sukses menjalankan bisnis resort Tegar berusaha ikhlas dan ikut bahagia dengan apa yang sudah dicapai kedua sahabatnya tersebut.

Namun, ketika dia sudah berada pada kondisi menerima kenyataan ternyata musibah terjadi pada Rosie dan keluarganya dan menjadi korban tragedi bom di jawaban Jimbaran Bali.

Dan kejadian tersebut, merenggut nyawa Nathan yang membuat Rosie sangat depresi dan terpaksa dirawat di rumah sakit jiwa untuk rehabilitasi. Dan sementara anaknya juga mengalami trauma mendalam akibat musibah tersebut.

Tegar yang tidak tega melihat kondisi mereka mencoba mengambil alih resort termasuk mengurusi anak-anaknya dan sementara itu ia juga mulai membuka hatinya kepada wanita bernama Sekar yang sangat baik dan paham bagaimana kondisi tegar.

Dan setelah dua tahun trauma Rosie mulai kembali sehat dan mencoba membuka hati untuk tegar. Namun, saat itu terjadi Sekar kembali datang setelah hubungannya kandas lagi.

Lalu apa yang akan terjadi? Apakah Tegar akan terus bersama dengan Rosie atau memilih Sekar? Yuk, simak penjelasan lengkapnya pada novel Sunset bersama Rosie ya!

Unsur Intrinsik Novel Sunset Bersama Rosie

Berikut beberapa unsur intrinsik yang terdapat dalam novel Sunset bersama Rosie dan berikut penjelasannya adalah:

1.Tema

Tema yang diangkat dalam novel ini adalah tentang cinta segi tiga atau cinta yang bertepuk sebelah tangan.

2. Tokoh dan Penokohan

  • Rosie, ia merupakan gadis cantik, yang periang dan sangat manja dan menyenangkan
  • Tegar, ia pemuda baik yang sabar, tegar dan meneriam semua kenyataan dengan lapang dada
  • Nathan, Lelaki baik yang sangat menyenangkan
  • Sekar, wanita cantik yang mengerti perasaan lelaki dan mencintai tegar
  • Dan masih banyak lagi tokoh lainnya

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel ini adalah menggunakan alur campuran dimana terdapat alur maju dan alur mundur di dalamnya.

4. Latar Waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan latar waktu pagi hari, siang hari, sore hari dan juga malam hari.

5. Latar Tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan tempat di rumah Rosie dan Nathan, di cafe, di resort dan masih banyak lagi tempat lainnya.

6. Sudut Pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel ini adalah menggunakan sudut pandang orang ketiga yang serba tahu.

7. Gaya Bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam novel ini adalah ringan dan mudah dipahami oleh semua kalangan.

8. Amanat

Amanat yang terkandung dalam novel ini adalah mengajarkan arti ikhlas dalam menerima semua takdir dan berusaha menjalani hidup tanpa bayang-bayang rasa sakit yang selalu menghantui.

Unsur Ekstrinsik Novel Sunset Bersama Rosie

Dalam resensi novel Sunset bersama Rosie ini akan kami jelaskan juga unsur ekstrinsik novel dan berikut penjelasan lengkapnya.

1. Nilai Sosial

Sikap Nathan, Tegar dan Rosie yang bersahabat itu artinya sosial mereka terjalin sangat baik dan akur meski ada salah satu hati yang harus tersakiti tapi masih tetap bersahabat dengan baik.

2. Nilai Moral

Sikap Tegar yang mengambil alih perusahaan dan bisnis Rosie dan mengurus anak dari Rosie ini menandakan bahwa ia memiliki jiwa kemanusiaan yang cukup bagus dan sangat perhatian dan menyayangi Rosie hingga akhir.

Kelebihan dan Kekurangan Novel

Dalam sebuah karya tentunya kita akan diperlihatkan mengenai kelebihan dan juga kekurangannya termasuk dari karya novel Sunset bersama Rosie ini akan kami jelaskan kelebihan dan kekurangannya di bawah ini:

1. Kelebihan

  • Bahasa yang digunakan penulis dalam cerita ini mudah dipahami
  • Selain itu, banyak berbagai perjalanan hidup yang bisa diambil mulai dari percintaan, kesabaran dan menghadapi masalah
  • Selain itu, cerita ini juga inspiratif soal bagaimana sosok Tegar menjalani kehidupannya setelah cintanya bertepuk sebelah tangan hingga ketulusannya mengurus buah hati Rosie

2. Kekurangan

  • Ending dari cerita ini kurang jelas apakah Rosie dan tegar bahagia aatu sebaliknya sehingga membuat pembaca merasa bingung
  • Beberapa bagian menjabarkan suasan yang cukup membosankan

Akhir kata

Demikian penjelasan mengenai resensi novel Sunset bersama Rosie mulai dari identitas, sinopsis, intrinsik, ekstrinsik hingga kelebihan dan juga kekurangannya. Semoga bermanfaat!

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: