Resensi Novel Tanah Para Bandit; Sinopsis, Intrinsik, Ekstrinsik

Gambar dibuat dengan Canva Pro (Premium)

Resensi novel tanah para bandit ini akan kami bahas secara lengkap di artikel ini mulai dari identitas novel, sinopsis, intrinsik, ekstrinsik, kelebihan kekurangan juga pesan moral yang terkandung di dalam novel tersebut.

Novel tanah para bandit ini merupakan kelanjutan dari novel sebelumnya yang berjudul bedebah di ujung tanduk. Dan ini merupakan novel aksi ke tujuh yang Tere Liye buat dan tentunya novel ini juga menjadi best seller.

Identitas Novel Tanah Para Bandit

Judul NovelTanah Para Bandit
PenulisTere Liye
PenerbitSabakgrif
Jumlah Halaman433 halaman
KategoriFiksi
Ukuran Buku13,5 x 20 cm
Tahun Terbit2023
Harga BukuRp.99.000,-

Tanah para bandit ini merupakan novel karya Tere Liye yang diterbitkan pada tahun 2023 oleh Sabakgrif dan novel ini memiliki ketebalan mencapai 13,5 x 20 cm dan novel ini bisa di bandrol dengan harga Rp.99.000,-.

Sinopsis Novel Tanah Para Bandit

Novel ini menceritakan tentang Padma, seorang perempuan muda yang telah berlatih secara fisik, pikiran, mental dan jiwa sejak kecil oleh kakeknya yang bernama Abu Syik. Padma diajarkan caranya melompat setinggi mungkin, berlari secepat mungkin.

Serat bertarung tanpa senjata, mengemudi, mempelajari tumbuhan beracun, dicekoki ribuan buku dan lain sebagainya. Di di usia 15 tahun, Padma mendapatkan misi untuk membakar ladang ganja yang segera panen, serta membunuh semua pekerja di sana.

Dan beberapa waktu kemudian, Padma mendapatkan misi kedua yakni menghentikan laju mobil-mobil besar yang hendak mengantarkan dan menjual ganja. Yang di jaga polisi mereka adalah polisi-polisi bandit yang meraup banyak keuntungan dengan menjalankan kejahatan.

Dan misi ini pun dapat berjalan dengan baik dengan bantuan Abu Syik. Dan kini Abu Syk sudah menua dan sebelum menghembuskan nafas terakhir ia berpesan kepada Padma untuk pergi ke Ibu Kota dan bertemu dengan perwakilan organisasi.

Namun, setelah sampai di kota ia memutuskan untuk menjalani hidupnya sendiri ia tinggal di kos-kosan dan menjalani perkuliahan secara ilegal. Dan disinilah kompleks terjadi dimana Padma harus terlibat dalam aktivitas membongkar kelompok bandit kepolisian yang telah meraksasa dan berkuasa.

Polisi polisi bandit ini bekerja di belakang layar, menguasai berbagai unsur kenegaraan, mampu menyuap siapa pun dan menghabisi siapa saja yang berusaha melawan. Padma tidak bekerja sendiri, ia berusaha membongkar rahasia kelompok bandit ini dengan semua kawannya.

Yaitu Nina dan Sapti. Dimana Nina sebagai hacker dengan perlengkapan super lengkap dan Sapti ahli dalam pemalsuan dokumen bahkan wajah manusia, kombinasi yang dahsyat. Dan disinilah pertarungan di mulai.

Mereka menemukan Kaisar yang merupakan pimpinan kelompok polisi bandit. Namun, kelompok polisi bandit yang menyebut dirinya jiwa korsa ini buka kelompok sembarangan. Mereka adalah pasukan berani mati yang siap bunuh diri tatkala penyamaran terbongkar.

Mereka juga tidak segan membunuh siapa pun yang mencoba melawan. Lantas apakah Padma dan teman-temannya akan berhasil mengalahkan kelompok bandit Jiwa Korsa tersebut? Yuk temukan jawabannya di novel tanah para bandit secara lengkap ya!

Unsur Intrinsik Novel Tanah Para Bandit

Dalam resensi novel tanah para bandit ini akan kami jelaskan juga beberapa unsur intrinsik di dalam novel tersebut yang perlu kamu ketahui, diantaranya adalah:

1. Tema

Tema yang diangkat dalam novel tanah para bandit ini adalah tentang perjuangan Padma dan kawan-kawannya untuk mengalahkan kelompok para bandit.

2. Tokoh dan penokohan

  • Padma, ia merupakan sosok perempuan yang sangat pintar, cekatan, dan sangat pintar melakukan bela diri.
  • Abu Syik, kakek Padma yang disiplin dan juga sangat suka bela diri dan menurunkan semua ilmunya kepada cucunya
  • Nina, ia merupakan teman Padma yang bisa melakukan hacker
  • Septi, ia merupakan teman Padma yang pintar memodifikasi tiruan
  • Dan masih banyak lagi tokoh lainnya

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan alur maju.

4. Latar waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel tanah para bandit ini yaitu menggunakan latar waktu pagi hari, siang hari dan juga malam hari.

5. Latar tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel tanah para bandit ini yaitu di pedalaman Sumatera, di kampus, di rumah Padma, di jalan di kebun ganja dan masih banyak lagi tempat lainnya.

6. Sudut pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel tanah para bandit ini yaitu menggunakan sudut pandang orang pertama sebagai pelaku utama.

7. Gaya bahasa

Gaya bahasa yang digunakan menggunakan gaya bahasa baku yang mudah digunakan dan mudah dipahami oleh semua kalangan.

8. Amanat

Amanat yang terkandung dalam novel tanah para bandit ini yaitu dimana sebuah kesetiakawanan dan kerjasama yang baik dan keyakinan kamu berada di jalan yang benar tentunya kamu perlu keyakinan yang kuat bisa mengalahkan semuanya.

Unsur Ekstrinsik Novel Tanah Para Bandit

Dalam resensi novel tanah para bandit ini akan kami jelaskan juga unsur ekstrinsik novel tanah para bandit, diantaranya adalah:

1. Nilai Sosial

Nilai sosial yang terkandung dalam novel ini adalah dimana Padma melakukan sebuah pencegahan-pencegahan kriminal agar tidak merugikan generasi masa depan.

2. Nilai Moral

Nilai moral yang terkandung dalam novel ini yaitu polisi polisi bandit yang harusnya mengayomi masyarakat malah melindungi bandar narkoba dan jaringannya ini adalah pejabat yang menyalahkan wewenangnya hanya demi keuntungan semata.

Kelebihan Novel Tanah Para Bandit

Dalam sebuah karya tentunya kita akan menemukan beberapa kelebihan dan juga kekurangan termasuk dalam sebuah karya dan berikut penjelasan mengenai kelebihan dari novel tanah bandit ini, yaitu:

  • Buku ini menceritakan kisahnya secara to the point dan tidak bertele-tele sehingga setiap halaman terasa penting
  • Buku ini termasuk 7 dari serial Tere Liye dan uniknya bisa di baca secara terpisah
  • Cover buku yang memiliki daya magis, menggambarkan kekuatan gelap yang membuat calon pembaca penasaran
  • Mampu menggambarkan situasi pertarungan hanya dalam bentuk tulisan
  • Tere Liye kembali mengedukasi para pembaca dalam memerangi pembajakan buku yang merugikan banyak pihak

Kekurangan Novel Tanah Para Bandit

Selain kelebihan novel ini juga memiliki kekurangan dan berikut beberapa kekurangannya yaitu:

  • Tidak adanya daftar isi di dalam buku sehingga menyulitkan sebagian pembaca dalam mencari halaman
  • Ada beberapa tyfo
  • Cover kurang menarik

Pesan Moral Novel Tanah Para Bandit

Jangan pernah menyerah untuk terus melakukan kebaikan dimana pun kamu berada karena tentunya kebaikan ini akan bermanfaat untukmu dan generasi manusia yang akan datang.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai resensi novel tanah para bandit yang perlu kamu ketahui dimana novel ini sangat rekomended untuk kamu baca.

Artikel Menarik Lainnya: