Resensi Novel The Princes Escape

Gambar dibuat dengan Canva Pro (Premium)

Nah, bagi kamu yang suka dengan kisah romantis remaja yang tidak biasa kamu sepertinya wajib coba untuk baca novel The Prince’s Escape karya dari Faradita. Dan pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai resensi novel the princes escape pada artikel ini.

Mulai dari identitas novel, sinopsis, intrinsik, ekstrinsik, kelebihan kekurangan hingga pesan moral yang terkandung dalam novel tersebut. Untuk lebih lengkapnya kamu bisa simak artikel ini sampai selesai ya!

Identitas Novel The Princes Escape

Judul NovelThe Princes Escape
PenulisFaradita
PenerbitPastel Books
Jumlah Halaman388 halaman
Ukuran Buku14×20 cm
KategoriTeenfiction
Tahun Terbit2019
Harga BukuRp.76.000,-

Novel the princes escape ini merupakan sebuah karya dari penulis yang bernama Faradita yang mulai diterbitkan pada tahun 2019 oleh PT. Pastel Books dan novel ini memiliki ketebalan yang mencapai 388 halaman.

Genre dari novel ini sendiri adalah teenfiction dan cocok untuk di baca oleh remaja yang berusia 16 tahun ke atas alurnya yang ringan dan tidak membosankan membuat novel ini cocok di baca dikalangan remaja.

Sinopsis Novel The Princes Escape

Dalam resensi novel the princes escape ini akan kami jelaskan juga sinopsis novel dimana sinopsis ini akan membantu kamu untuk memahami isi novel secara garis besar dan tentunya akan mengetahui isi yang diceritakan novel ini seperti apa meski tidak spoiler.

Novel ini mengisahkan Peristiwa Elata, gadis manja yang hobi bermain piano ini, mengalami pertemuan pertama yang buruk dengan sang pujaan hatinya yaitu Noah. Noah, nama lelaki yang jadi idaman hatinya dan merupakan lelaki misterius dan penuh dengan teka-teki.

Semuanya semakin menjadi menakutkan bagi Elata, ketika ia mengetahui bahwa murid baru di kelasnya bernama Noah. Entah ia harus merasa bersyukur atau takut ketika menjadi teman duduknya.

Dan karena pertemuan yang terkesan buruk menjadikan ia menghindar dari Noah. Elata merupakan gadis periang, namun, siapa sangka di balik semua keceriannya ia menyimpan duka yang mendalam.

Selama bertahun-tahun hidup menjadi bayangan Erika, sang kakak yang sudah meninggal dunia bukanlah sesuatu yang ia inginkan. Mamanya menentang cita-citanya untuk menjadi pianis. Dan ia dituntut untuk mengembalikan nama baik sang keluarga.

Sebab Erika meninggal dalam keadaan mengandung dan dianggap aib keluarga. Maka dari itu, kedua orang tua Elata membatasi dan selalu mengawasi pergaulan anaknya. Dan kegiatan gadis ini hanya sekolah dan tempat les.

Dan saat di rumah Elata tidak bisa menjadi diri sendiri sedangkan saat bersama Noah ia bisa menjadi dirinya sendiri dan hal ini yang membuat hubungan mereka semakin dekat. Dan mereka membicarakan masa depan, bertukar cerita dan mimpi mereka dan saling mendukung.

Dan bahkan beberapa kali Noah mengantar Elata untuk les piano. Dan ini lantas bertolak belakang karena Mamanya menginginkan Elata menjadi seorang dokter. Dan saat Mama Elata mengetahui dekat dengan Noah ia sangat marah besar.

Dan mama akan segera mengurus surat kepindahan dan Elata merasa terpukul dan sayangnya hal ini menjadi terakhir bagi Noah karena Noah harus ke London karena urusan keluarganya. Dan Elata tidak jadi di pindahkan.

Lantas apa yang akan terjadi dari kisah Elata dan Noah dalam novel The Princes Escape ini? yuk, simak secara lengkap di novelnya ya!

Unsur Intrinsik Novel The Princes Escape

Dalam resensi novel The Princes Escape ada beberapa unsur intrinsik yang perlu kamu ketahui dan berikut penjelasan lengkapnya:

1. Tema

Tema yang diangkat dalam novel The Princes Escape adalah tentang mimpi dari seorang Elata dan juga Noah yang saling mendukung.

2. Tokoh dan penokohan

  • Elata, ai merupakan gadis yang periang, dan sangat menyukai piano
  • Noah, ia merupakan lelaki yang dingin tapi perhatian dan sangat baik kepada Elata
  • Mama, ia merupakan orang yang tegas, dan sangat mengatur Elata karena trauma
  • Dan masih banyak lagi tokoh lainnya
  • Alur

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel The Princes Escape ini yaitu menggunakan alur campuran yaitu menggunakan alur maju dan alur mundur.

4. Latar waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan latar waktu pagi hari, siang hari, dan malam hari.

5. Latar tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan latar tempat di sekolah, di rumah Elata, di jalan, di tempat les piano dan masih banyak lagi latar tempat lainnya.

6. Sudut pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel The Princes Escape ini yaitu menggunakan sudut pandang orang ketiga yang serba tahu.

7. Gaya bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan gaya bahsa yang ringan dan mudah dipahami oleh semua kalangan.

8. Amanat

Amanat yang terkandung dalam novel ini yaitu jangan pernah mengekang apa yang menjadi cita-cita dari seorang anak karena mereka berhak menentukan keinginannya masing-masing.

Unsur Ekstrinsik Novel The Princes Escape

Dalam resensi novel The Princes Escape ini juga dijelaskan juga unsur ekstrinsik dalam novel tersebut, diantaranya adalah:

1. Nilai Sosial

Nilai sosial yang terkandung dalam novel ini adalah sikap Noah yang selalu mengantar Elata ke tempat les dan mendukung setiap cita-cita dan mimpi Elata.

2. Nilai Moral

Sikap Mama yang terlalu tegas dan mengekang membuat Elata tidak bisa menjadi dirinya sendiri dan membuat dia merasa terawasi.

Kelebihan Novel The Princes Escape

Seperti yang telah kita ketahui bahwa setiap karya akan menemukan kelebihan dan juga kekurangannya masing-masing, dan berikut beberapa kelebihan yang terdapat dalam novel The Princes Escape, diantaranya adalah:

  • Novel ini memiliki cover buku yang sangat menarik
  • Segi penulisan kata dan pemilihan kata membuat para pembaca penasaran dan berkesan
  • Latar suasana yang digambarkan cukup detail
  • Setiap tokoh memiliki karakter tokoh yang kuat

Kekurangan Novel The Princes Escape

Selain kelebihan tentunya novel ini juga tidak luput dari kekurangannya dan berikut beberapa kekurangan yang terdapat dalam novel The Prince’s Escape, diantaranya adalah:

  • Alur yang dipakai awalnya sangat lambat namun di pertengahan cerita, alurnya, menjadi sangat cepat
  • Banyak kejadian yang dilewati atau hanya sepenggal saja
  • Misalnya pada halaman 213 awalnya mereka berada di pesta namun tiba-tiba dihadapkan dengan Tante Mila

Pesan Moral Novel The Princes Escape

Novel ini mengajarkan kita untuk mengajak para pembaca untuk tetap mengejar mimpinya sendiri dan menjadi diri sendiri walau rintangan apa pun yang menghadang dan jangan pernah berhenti untuk bermimpi dan tetap semangat.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai resensi novel The Princes Escape semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat untuk kamu yang sedang mencari novel ini.

Artikel Menarik Lainnya: