Resensi Novel Weathering With You

Resensi Novel Weathering With You

Gambar dibuat dengan Canva Pro (Premium)

Bagi kamu yang suka dengan novel luar negeri dan sudah di terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia kamu bisa coba baca buku novel weathering with you dimana novel ini merupakan sebuah novel dari Jepang yang ditulis oleh Shinkai Makoto.

Dalam resensi novel weathering with you ini akan menjelaskan identitas novel, sinopsis, intrinsik, ekstrinsik hingga pesan moral yang terkandung di dalamnya.

Identitas Novel Weathering With You

Resensi Novel Weathering With You
Judul NovelWeathering With You
PenulisShinkai Makoto
PenerbitPenerbit Haru
Jumlah Halaman296 halaman
Ukuran Buku13×19 cm
KategoriFiksi
Tahun Terbit2021
Harga BukuRp.90.000,-

Novel weathering with you ini merupakan sebuah novel karya dari Shinkai Makoto dimana novel ini merupakan sebuah novel berlatar tempat di Tokyo Jepang dan mulai diterbitkan pada tahun 2021 oleh penerbit Haru.

Dalam novel weathering with you ini memiliki ketebalan buku mencapai 296 halaman dan ukuran buku sekitar 13×19 cm.

Sinopsis Novel Weathering With You

Dalam resensi novel weathering with you ini juga akan kami jelaskan mengenai sinopsis novel dan berikut sinopsis dari novel ini.

Buku ini mengisahkan Hodaka yang pergi meninggalkan pulau menuju ke Tokyo. Saat itu, ia menggunakan kapal Feri untuk perjalanannya menuju Tokyo.

Dan saat berada di kapal, ia bertemu dengan seorang pria dewasa yang bernama Suga Keisuke. Dalam buku ini terdapat peristiwa terjadi di kapal tersebut hingga menyebabkan Hodaka harus membelikan dan memberikan makanan untuk Suga-san.

Pada akhirnya uang yang seharusnya Hodaka simpan malah harus dipakai untuk mentraktir Suga-san makan.

Selama beberapa saat, ketika Hodaka dan Suga-san harus berpisah, Suga-san terlihat memberikan sesuatu kepada Hodaka. Ternyata ketika di lihat itu sebuah kartu nama milik Suga-san.

Suga-san berpikir, siapa tahu jika saat ini Hodaka akan membutuhkan kartu namanya, sementara dalam benak Hodaka terbesit pikiran bahwa “Tokyo itu seram dan Tokyo itu mengerikan”.

Dan sesampainya Hodaka di Tokyo. Hodaka dengan gusar berputar otak untuk mencari pekerjaan secara cepat dan juga tempat tinggal untuk dirinya. namun, anehnya ia justru bingung menuju kantor Suga-san.

Mungkin dirinya sudah merasa sangat lelah, hingga memutuskan untuk pergi ke sana. Ia berjalan sesuai dengan arah yang tertera pada kartu nama yang tadi diberikan oleh Suga-san saat mereka berpisah.

Dan ternyata orang yang tadi tolong adalah CEO PT K&A Planning. Tidak seperti yang dibayangkan ternyata yang dikunjungi hanyalah sebuah kantor redaksi kecil yang bertugas untuk membuat berita-berita menarik yang digunakan untuk menghibur masyarakat.

Dan ia langsung diterima di kantor tersebut dan ia boleh tinggal di kantor tersebut dan makan gratis dan Hodaka pun mengiyakan pekerjaan tersebut dan akhirnya ia dipertemukan oleh seorang gadis cantik dan baik hati yang memberinya sekotak Big Mac.

Hodaka berpikir ia adalah gadis cantik ini pasti seumuran. Dan gadis itu bernama Hina dan suatu ketika Hodaka pernah menolong Hina saat ia di ganggu dua pemuda dan saat pelarian dari dua orang itu mereka melarikan diri ke gedung.

Dan tidak terduga ternyata Hina mengeluarkan sedikit cahaya dari tubuhnya dan semakin terang dan langit yang tadi abu-abu dan gelap perlahan memunculkan cahaya cerah dan membuat ia semakin penasaran dengan gadis itu.

Sehingga Hodaka memiliki ide untuk membuat bisnis pesan antar cuaca cerah. Tapi, yang tidak ia ketahui ada konsekuensi yang harus di bayar akibat mengatur cuaca seenaknya.

Lantas apa konsekuensinya? Untuk lebih lengkapnya kamu bisa simak secara langsung di novel weathering with you ya!

Unsur Intrinsik Novel Weathering With You

Selain sinopsis tentunya akan kami jelaskan juga mengenai unsur intrinsik novel begini penjelasannya:

1. Tema

Tema yang diangkat dalam novel ini adalah tentang kisah urban gadis cerah dan Hodakan yang suka berbisinis.

2. Tokoh dan penokohan

  • Hodaka, ia merupakan pemuda yang yang sangat menakuti Tokyo, dan juga pekerja keras serta selalu memanfaatkan situasi dengan baik
  • Saga-san, ai merupakan CEO dari redaksi penerbitan tempat Hodaka bekerja sekarang
  • Hina, ia merupakan seorang gadis yang memiliki kemampuan untuk mengatur kecerahan cuaca
  • Dan masih banyak lagi tokoh lainnya

3. Alur

Alur yang digunakan dalma novel weathering with you ini yaitu menggunakan alur campuran dimana terdapat alur maju dan alur mundur di dalamnya.

4. Latar waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan latar waktu pagi hari, siang hari dan juga malam hari.

5. Latar tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel ini adalah di kapal feri, di kantor Suga-san, di dalam gedung, dan masih banyak lagi latar tempat lainnya.

6. Sudut pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel weathering with you ini menggunakan sudut pandang orang ketiga yang serba tahu.

7. Gaya bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan gaya bahasa yang ringan dan mudah dipahami oleh semua kalangan.

8. Amanat

Amanat yang terkandung dalam novel ini adalah cuaca dan lingkungan sekitar dapat mempengaruhi kamu tanpa sadar jika cuaca buruk maka mood juga akan buruk atau kurang baik dan sebaliknya.

Dan jangan bermain-main dengan takdir karena nanti akan mendapatkan akibat dari tindakan yang kamu lakukan dan tetaplah bersyukur dalam segala hal yang terjadi.

Unsur Ekstrinsik Novel Weathering With You

Dalam resensi novel weathering with you ini akan menjelaskan juga unsur ekstrinsik dalam novel dan berikut penjelasan lengkapnya:

1. Nilai Sosial

Nilai sosial yang terkandung adalah sikap Hodako yang membantu memberikan makanan pada orang lain meskipun belum mengenalnya.

2. Nilai Moral

Sikap Hodako yang menjadikan kekuatan Hina menjadi sebuah ladang bisnis ini adalah sikap yang tidak baik dan dianggap tamak dan menyalahi aturan takdir.

Kelebihan Novel Weathering With You

Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki oleh novel weathering with you, diantaranya adalah:

  • Novel ini merupakan salah satu buku yang diadaftasi dari film yang sangat menarik
  • Alur cerita sederhana dan menyegarkan
  • Penulis dapat menghubungkan emosi karakter dengan pembaca
  • Latar suasana, tempat dan waktu dijelaskan dengan sangat detail oleh buku ini
  • Suasana mudah dipahami dan peristiwa di dalamnya
  • Bahasa yang digunakan mudah dipahami meski terjemahan tapi tidak rancu

Kekurangan Novel Weathering With You

Selain kelebihan tentunya novel ini juga memiliki kekurangan yaitu:

  • Tidak adanya pembaharuan cerita dari filmnya
  • Tidaka da penggambaran yang detail tentang “kejadian tak sengajja” yang dilakuakn penulis dalam cerita

Pesan Moral Novel Weathering With You

Novel ini mengajarkan untuk tetap bersyukur dalam menjalani kehidupan dan jangan mencoba merubah takdir yang telah ditentukan.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai resensi novel weathering with you semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat ya!

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: