Resensi Novel Wilujeng Enjing; Sinopsis, Intrinsik, Amanat

Gambar dibuat dengan Canva Pro (Premium)

Bagi kamu yang sedang mencari referensi mengenai resensi novel wilujeng enjing kamu bisa simak simak artikel ini karena tim Mustakim Media akan menjelaskan secara lengkap mengenai resensi novel secara lengkap.

Di artikel ini kami jelaskan mengenai identitas novel, sinopsis, unsur intrinsik, ekstrinsik, kelebihan kekurangan hingga pesan moral yang terkandung di dalam novel tersebut secara lengkap. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini ya!

Identitas Novel Wilujeng Enjing

Judul NovelWilujeng Enjing
PenulisYus Rusamsi
PenerbitMataair
Ukuran Buku 15×12 cm
Jumlah Halaman43 halaman
Tahun Terbit1967 dan cetakan kedua 2008
KategoriFiksi
Harga BukuRp.25.000,-

Novel Wilujeng Enjing ini merupakan sebuah novel sunda yang mengisahkan kisah romantis dan juga banyak pesan moral di dalamnya. Novel ini merupakan karya dari seorang penulis yang bernama Yus Rusamsi.

Novel ini mulai pertama kali diterbitkan pada tahun 1967 dan cetakan keduanya yaitu di tahun 2008 oleh Mataair, novel ini memiliki ketebalan hanya 43 halaman dan tentunya sangat singkat dan bisa dibaca dalam satu kali baca saja.

Sinopsis Novel Wilujeng Enjing

Dalam resensi novel wilujeng enjing ini terdapat sinopsis yang akan dijelaskan. Sinopsis ini merupakan cerita singkat dari novel ini secara garis besarnya saja. dan berikut sinopsis dari novel wilujeng enjing.

Novel ini mengisahkan sebuah kisah percintaan Anah dan juga Uca. Tapi di awal cerita kita akan disajikan dengan kisah awal dari cerita wilujeng enjing ini.

Anah merupakan salah satu mahasiswa dan sambil bekerja juga. Ia memiliki seorang sahabat yang bernama Ikah dinovel ini diceritakan Ikah dan keluarganya sangat baik terhadap Anah.

Dan sudah menganggap Anah sebagai anak mereka sendiri. Anah di ajak Ikah untuk tinggal di rumahnya. Ana dan Ikah merupakan tema satu fakultas yang sama hanya saja Ikah lebih tinggi dibanding Anah tingkatannya.

Anah dan Ikah ini melebihi dari sahabat bahkan saudara sedarah karena Anah dan Ikah sangat akrab dan tidak ada yang mereka sembunyikan diantara keduanya. Anah yang merasa keberatan karena kebaikan mereka selalu memberikan uang untuk kehidupan sehari-hari.

Tapi ibunya Anah selalu menolaknya. Untuk membalas budi baik keluarga mereka Anah yang berasal dari Kuningan selalu membawa beras dan juga sayur mayur untuk membalas budi baik mereka.

Karena mereka bagai saudara sedarah Anah tidak segan menceritakan kehidupan pribadinya kepada Ikah. Dimana ia memiliki kekasih bernama Uca. Uca merupakan pemuda yang tampan dan memiliki sekuter juga selalu memberikan jajan dan belanja ke Anah sangat royal.

Padahal baik Uca dan Anah bekerja di tempat yang sama dan hal itu membuat Anah curiga darimana Uca bisa mendapatkan uang lebih untuk membelanjakan Anah barang-barang yang seharga dua bulan gajinya.

Sehingga mereka berdua pernah berbicara serius mengenai asal usul mereka Anak yang merupakan anak kampung dari Kuningan dan merupakan seorang anak pensiunan polisi tapi Uca belum menjawab mungkin karena malu.

Dan hal itu membuat Anah curiga dan menasehati Uca untuk bisa mempercayai akan adanya Tuhan dan mendapatkan uang yang halal. Dari sana mereka tidak bertemu selama 3 bulan. Dan setelah 3 bulan akhirnya mereka bertemu lagi dan sapaan pertama mereka wilujeng enjing.

Lantas apakah Uca akan jujur dengan keadaannya? Dan apakah Uca juga akan berubah? Yuk, simak lengkapnya di novel wilujeng enjing ya!

Unsur Intrinsik Novel Sunda Wilujeng Enjing

Dalam resensi novel sunda wilujeng enjing kamu akan menemukan unsur intrinsik novel dan berikut beberapa unsur intrinsik di dalamnya, yaitu:

1.Tema

Tema yang diangkat dalam novel wilujeng enjing ini yaitu tentang tema persahabatan dan juga percintaan.

2. Tokoh dan penokohan

  • Anah, ia merupakan gadis yang baik, jujur, dan sangat baik serta sopan
  • Ikah, ia merupakan sahabat Anah yang snagat baik lebih dari saudara dan juga sangat perhatian
  • Uca, pemuda yang royal tapi uang yang ia dapatkan dari hal yang tidak benar, tapi ia bisa berubah menjadi lelaki yang baik
  • Ibu Ikah, ia ibu yang penyayang, baik hati dan sangat perhatian
  • Dan masih banyak lagi tokoh lainnya

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel resensi novel wilujeng enjing ini terdapat alur maju. Dimana dari awal novel hingga akhir novel dikisahkan secara runtut dan teratur.

4. Latar waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan latar waktu pagi hari, siang hari dan juga malam hari dalam bahas sunda.

5. Latar tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel ini adalah di kampus, di tempat kerja, di rumah Ikah, di Kuningan dan masih banyak lagi latar tempat lainnya.

6. Sudut pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan sudut pandang orang ketiga yang serba tahu.

7. Gaya bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan gaya bahasa yang ringan dan mudah dipahami oleh semua kalangan.

8. Amanat

Amanat yang terkandung yaitu kita perlu menjadi manusia yang memiliki sopan santun agar memiliki banyak keluarga, harus punya keimanan, agar bisa dipercaya dan jangan menyalahkan takdir dan mencari rejeki yang halal.

Unsur Ekstrinsik Novel Wilujeng Enjing

Di dalam resensi novel wilujeng enjing kamu juga akan menemukan unsur ekstrinsik novel, yaitu:

1.Nilai Sosial

Nilai sosial yang terkandung yaitu sikap Ikah dan keluarganya yang sangat baik dan sanagt perhatian kepada Anah melebihi keluarga sendiri dan ini sangat baik untuk di contoh.

2. Nilai Moral

Sikap Uca yang malu mengakui dia berasal dari keluarga yang biasa saja dan tidak jujur mendapatkan uang yang tidak halal ini tidak patut di contoh. Tapi sikap Anah yang jujur dan sopan membuat ia mudah diterima oleh keluarga Ikah dengan baik.

Kelebihan Novel Wilujeng Enjing

Berikut beberapa kelebihan yang perlu kamu ketahui ada di novel wilujeng enjing, yaitu:

  • Bahasa yang digunakan dalam novel ini menggunakan bahasa loma yang mudah dipahami dan ringan
  • Alur cerita sederhana dan juga mudah dipahami
  • Banayk pesan moral yang bisa diambil

Kekurangan Novel Wilujeng Enjing

Selain kelebihan novel ini juga memiliki kekurangan yaitu:

  • Novel ini memiliki cover yang kurang menarik
  • Kertas yang digunakan tips dan mudah rusak

Pesan Moral Novel Wilujeng Enjing

Novel ini mengajarkan untuk selalu bersikap sopan dan memiliki tatakrama yang baik agar kamu tidak sulit menemukan keluarga baru, selain itu harus bisa dipercaya dan percaya bahwa Tuhan itu maha baik dan carilah rejeki dengan cara yang halal.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai resensi novel wilujeng enjing mulai dari identitas novel, sinopsis, intrinsik, ekstrinsik dan pesan moralnya semoga bermanfaat dan membantu bagi kamu yang mencari resensi novel ini.

Artikel Menarik Lainnya: