Resensi Novel Wingit; Sinopsis, Intrinsik, Ekstrinsik, Amanat

Gambar dibuat dengan Canva Pro (Premium)

Dunia kasat mata memang berdampingan dengan kehidupan manusia namun tidak banyak yang tahu tentang kehidupan mereka dan hanya ada beberapa yang mampu melihat mereka. Wingit adalah salah satu novel horor yang ditulis oleh konten kreator dari pengalamannya.

Resensi novel Wingit ini akan dijelaskan lengkap pada artikel ini karena tim Mustakim Media akan menjelaskan secara lengkap mulai dari identitas novel, sinopsis novel, unsur intrinsik, ekstrinsik, hingga kelebihan dan juga kekurangannya. Simak sampai akhir ya!

Identitas Novel Wingit

Judul NovelWingit
PenulisSara Wijayanto
PenerbitAlex Media Komputindo
Ukuran Buku12×20,5 cm
Jumlah Halaman256 Halaman
KategoriFiksi Horor
Tahun Terbit2020
Harga BukuRp.100.000,-

Novel Wingit ini diadaptasi dari kisah nyata sang konten kreator bernama Sara Wijayanto yang tengah berpetualang di kompleks perumahan tua yang terbengkalai dimana ia menemukan 7 sosok hantu di dalamnya.

Dan dari kisah tersebut akhirnya novel ini diterbitkan pada tahun 2020 oleh PT. Alex Media Komputindo dengan ketebalan buku mencapai 256 halaman. Bagi kamu yang suka cerita horor kamu bisa simak sinopsis di bawah ini ya!

Sinopsis Novel Wingit

Dalam sebuah resensi kamu akan menemukan sebuah sinopsis cerita dimana sinopsis tersebut akan menceritakan garis besar mengenai novel tersebut secara jelas, dalam resensi novel Wingit ini kami juga menyediakan sinopsisnya sebagai gambaran kamu tahu isi novel ini.

Novel Wingit ini menceritakan tujuh sosok hantu yang ada di sebuah perumahan yang tidak berpenghuni di sebuah kawasan di Jakarta Timur. Di sana Sara dan kawan-kawannya mereka bertemu dengan hantu yang mendiami kawasan tersebut.

Dan salah satu hantu itu bernama Siti. Siti melalui perantara Sara menceritakan mengenai kisah hidupnya, Siti ingin menjadi wanita berfropesi seperti kebanyakan wanita lainnya namun Siti tidak bisa memilih karirnya.

Lingkungannya yang tidak baik jadi membuatnya hidup dalam sisi gelap selain itu, hantu Siti ada juga sosok yang dinamai hantu adik yang selalu bersama dengan hantu perempuan yang dinamai hantu tante.

Penulusuran sebuah komplek perumahan tua malam itu berawal berjalan cukup menyenangkan. Sebelum masuk ke area kompleks saya bersama Wisnu, Fadi, dan Demian membuat vlog dengan gimmick seru untuk bisa mencairkan suasana.

Namun, saat melewati rumah bertingkat yang dikelilingi pohon dan semak Sara semakin banyak melihat makhluk tak kasat mata yang membuatnya terkejut. Dan tidak jauh dari, saya merasakan kehadiran satu sosok hantu yang ingin berkomunikasi dengan Sara.

Hantu tersebut ternyata berwujud seorang anak kecil laki-laki. Lalu Fadi mengambil alih penelusuran saat makhluk tersebut berkomunikasi dengan Sara. Selanjutnya kami menyebut anak kecil itu adalah bernama Adik.

Ia memiliki kebiasaan mengangkat kaki kanannya lalu menggesekkan tulang kering kaki kanannya ke betis seperti merasakan gatal. Dan ternyata Adik tidak sendirian ia bersama dengan seorang kuntilanak yang ia panggil Tante.

Adik bahkan menunjukan dimana lokasi Tante berada tepatnya di sebuah pohon dan masih banyak lagi sosok hantu lainnya. lantas apa saja sosok hantu tersebut? Kamu bisa cari tahu sendiri di novel Wingit secara langsung ya!

Unsur Intrinsik Novel Wingit

Dalam resensi novel Wingit ini akan dijeaskan juga menegnai unsur intrinsik novel, unsur intrinsik tersebut adalah unsur yang ada di dalam novel tersebut. Dan berikut penjelasan lengkapnya:

1. Tema

Tema yang yang diangkat dalam novel ini yaitu mengenai dunia horor atau dunia tak kasat mata.

2. Tokoh dan Penokohan

Berikut beberapa tokoh yang terdapat dalam novel Wingit, yaitu:

  • Sara, ia merupakan seorang vloger konten kreator yang suka dengan dunia horor dan bisa berkomunikasi dengan hantu
  • Fadi, teman Sara yang cukup tanggap dalam menghadapi situasi
  • Demian, teman Sara yang baik
  • Wisnu, Teman satu vlog Sara
  • Tante, hantu kuntlanak yang ada di pohon
  • Adik, hantu laki-laki yang memiliki tubuh kering kurus
  • Siti, seorang hantu yang bercita-cita menjadi wanita yang berprofesi
  • Dan masih banyak lagi tokoh lainnya

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel Wingit ini menggunakan alur cerita campuran dimana terdapat alur cerita mundur dan alur cerita maju.

4. Latar Waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel ini adalah malam hari.

5. Latar Tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel ini adalah sebuah kawasan kompleks terbengkalai di Jakarta Timur.

6. Sudut Pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel ini campuran kadang menggunakan sudut pandang orang ketiga atau sudut pandang orang pertama sebagai pelaku utama.

7. Gaya Bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam novel Wingit ini menggunakan gaya bahasa yang ringan dan mudah dipahami oleh semua kalangan.

8. Amanat

Amanat yang terkandung dalam novel ini adalah bahwa manusia memang berdampingan dengan makhluk yang kasat mata dan hal tersebut menjadikan kita harus berhati-hati dalam berbicara dan bertingkah laku.

Unsur Ekstrinsik Novel Wingit

Dalam resensi novel Wingit ini juga memiliki unsur ekstrinsik dalam novel. Unsur ekstrinsik ini adalah unsur luar yang terdapat dalam novel, yaitu:

1. Nilai Sosial

Nilai sosial yang terjadi dalam novel ini terlihat saat Sara berbicara dengan hantu maka Fadi mengambil alih tugas Sara untuk melakukan vlog dan hal itu menunjukan sikap sosial yang baik yang dimiliki tokoh dalam cerita.

2. Nilai Moral

Sikap moral dalam novel yang terlihat yaitu sikap kita saling menghargai sesama makhluk baik yang ada san sudah tidak ada kita perlu percaya bahwa mereka memang ada.

Kelebihan Novel Wingit

Dalam resensi novel Wingit ini akan kami jelaskan juga beberapa kelebihan yang dimiliki oleh novel Wingit, diantaranya adalah:

  • Terdapat banyak nilai kehidupan yang dapat diambil dari novel ini seperti tidak gegabah dalam mengambil keputusan
  • Penulisan cerita yang cukup rapi dan enak dibaca dan mudah dipahami
  • Alurnya juga dapat dimengerti oleh semua kalangan

Kekurangan Novel Wingit

Selain kelebihan tentunya novel ini juga memiliki kekurangan dan berikut beberapa kekurangan dari novel ini, diantaranya adalah

  • Novel ini tidak cocok dibaca oleh anak yang dibawah umur karena pengambilan diksi cocok untuk orang dewasa
  • Sampul buku kurang begitu menarik kurang kesan horornya
  • Ada terdapat beberapa tyfo dan mengganggu pembaca

Pesan Moral Novel Wingit

Setelah membaca kisah ini dapat kita pahami bahwa pesan moralnya adalah buku ini mengajarkan kita tentang arti sebuah mengambil keputusan dengan matang dan jangan gegabah agar kamu tidak menyesal pada kemudian hari.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai resensi novel Wingit yang perlu kamu ketahui mulai dari penjelasan identitas novel, sinopsis novel, unsur intrinsik novel, unsur ekstrinsik novel hingga kelebihan dan juga kekurangannya.

Dan semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat dan tentunya membantu kamu yang sedang mencari informasi ini.

Artikel Menarik Lainnya: