Review Tokopedia Card: Kelebihan, Kekurangan & Syaratnya

Review Tokopedia Card

Buat kamu yang suka belanja dengan menggunakan kartu kredit, Tokopedia kini menyediakan layanan beru bernama “tokopedia card”. Tokopedia Card ini merupakan kartu kredit yang diterbitkan secara resmi oleh pihak bank BRI.

Buat kamu yang belum tahu banyak tentang Tokopedia Card, artikel ini berisi review Tokopedia card yang lengkap. Kamu bisa temukan informasi lengkapnya di sini.

Apa Itu Tokopedia card?

Seiring dengan berkembangnya kemajuan teknologi di Indonesia maka banyak sekali metode atau cara yang bisa dilakukan dengan cara digitalisasi termasuk penggunaan uang digital. Namun kali ini Media Mustakim akan fokus membahas mengenai Tokopedia card.

Dikutip dari halaman resmi tokopedia.com bahwa Tokopedia card merupakan sebuah kartu kredit co-branding yang diterbitkan oleh PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk yang bekerjasama dengan Tokopedia untuk mempermudah melakukan berbagai transaksi baik pembayaran atau pembiayaan.

Lebih dari 44 juta merchant yang sudah bermitra dengan kartu Tokopedia tentunya dapat di lihat dari khas logo dengan Visa Logo, secara global baik dengan menggunakan sistem online maupun dengan menggunakan cara sistem offline.

Kelebihan Tokopedia Card

Seperti yang sudah di singgung di atas mengenai tokopedia card yaitu merupakan layanan metode pembayaran yang sangat mudah yang terdapat di Aplikasi Tokopedia. Karena di dalam Tokopedia terdapat beberapa kelebihan yang bisa kamu terima jika kamu memiliki layanan Tokopedia card.

Adapun beberapa kelebihan yang akan kamu terima setelah kamu di acc untuk menikmati layanan tokopedia card adalah sebagai berikut ini.

1. Gratis Iuran Tahunan Seumur Hidup

Yang pertama yaitu kamu akan mendapatkan layanan gratis iuran tahunan dengan jangka waktu seumur hidup. Namun untuk mendapatkan layanan gratis ini yaitu kamu harus melakukan transaksi menggunakan Tokopedia Card minimal 3 kali dalam sebulan.

Tentunya syarat ini memang gampang dipenuhi, yaitu kamu bisa lakukan berbagai transaksi dan bayar dengan menggunakan kartu kredit Tokopedia, seperti contoh kamu belanja pulsa HP, Listrik, Belanja di Indomaret atau alfamart dan gunakan Tokopedia car yang kamu miliki.

Maka tentunya untuk syarat ini pasti dengan mudah akan kamu penuhi melihat pengeluaran perbulan yang bisa kamu keluarkan untuk berbagai keperluan.

2. Mendapat Peluang Pinjaman Dengan Cicilan 0%

Kelebihan yang kedua kamu akan mendapatkan peluang pinjaman dengan jumlah cicilan 0%. Dan untuk mendapatkan cicilan 0% ini kamu bisa dapatkan lewat aplikasi Tokopedia dengan cara yang sangat mudah dibanding dengan program sebagian kartu kredit lain untuk dapatkan cicilan 0%.

3. Cashback Akan Selalu Kamu dapatkan

Keuntungan dan juga kelebihan yang selanjutnya yaitu kamu akan selalu dapat cashback. Dan cashback ini bisa kamu dapatkan jika kamu lakukan pembayaran dengan nominal pembayaran minimal Rp. 100 ribu rupiah.

cashback ini berbentuk koin yang bisa kamu kumpulkan dari setiap kali kamu lakukan transaksi dengan minimal transaksi yang sudah disebutkan di atas.

4. Bisa Atur langsung Kartu Kredit Dari Tokopedia

Kelebihan dari Tokopedia card selanjutnya yaitu kamu bisa mengatur langsung dari aplikasi tokpedia, misalnya mengatur aktivasi tokopdia, cek riwayat transaksi, cek dan bayar tagihan dan lain sebagainya.

5. Dapat Hadiah Aktivasi Dan Bonus Bonus

Kelebihan yang terakhir kamu akan mendapatkan hadiah Aktivasi dan juga Bonus bonus jika kau di acc saat pengajuan Tokopedia Card. Bonus aktivasi tersebut di antaranya:

  • Mendapatkan Aktivasi senilai Rp. 125.000 Gopay coins
  • Mendapatkan welcome bonus berupa gopay coins sebesar Rp. 125.000,- saat melakukan transaksi tokopedia card dengan total Rp. 5 juta dalam jangka waktu 60 hari. Dan bonus ini akan di berikan setelah setiap tanggal 7 pada bulan berikutnya
  • Berpeluang dapatkan kupon belanja hingga 1.5 juta gopay coins setiap bulannya asalkan kamu gunakan kupon atau kode promo Tokopedia card yang tertera di halaman Tokopedia Card
  • Akan dapatkan banyak Promo tahunan
  • Dana Tunai
  • Program belanja ringan dengan bunga mulai dari 0% hingga 0,79% untuk setiap transaksi dengan menggunakan kartu kamu

Bukan hanya itu saja yang akan kamu dapatkan dari kelebihan – kelebihan tokopedia card namun ternyata masih banyak lagi yang bisa kamu dapatkan setelah kamu menggunakan layanan Tokopedai card atau jika sudah lakukan Aktivasi tokopedia.

Kekurangan Tokopedia Card

Namun yang namanya kartu kredit tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan baik itu dari sebuah fitur atau juga layanan yang diberikan dari kebijakan kartu kredit yang digunakan. Begitu juga jika kamu gunakan Tokopedia Card akan dapat kekurangan di banding jika gunakan kartu kredit yang lain.

Dan di antara kekurangan yang kamu dapatkan dari Tokopedia Card adalah sebagai berikut ini.

1. Harus Bayar Iuran Tahunan

Kekurangan yang pertama yaitu harus bayar iuran pertahun sebesar Rp. 250.000,- rupiah hal ini terjadi jika program belanja minimal 3 kali dalam satu bulan gagal dilakukan.

2. Tidak Ada Kartu Supplement

Kekurangan yang selanjutnya tidak ada kartu suplemen atau saat ingin mendapatkan 2 kartu kredit kamu tidak bisa lakukan pengajuan. Berbeda dengan kebijakan kartu kredit yang lainnya yang bisa membuat kartu kredit nya lebih dari satu.

3. Benefit Yang Kurang Menarik

Kekurangan selanjutnya yaitu benefit nya yang kurang menarik yaitu bagi kamu yang sudah memiliki kartu kredit premium. Dan memang kartu kredit ini hanya untuk entri level. Dan memang kartu kredit ini cocok untuk pengguna pemula credit card.

Jika kamu kamu telah gunakan kartu kredit premium tentunya tidak akan cocok kamu gunakan kartu kredit ini karena benefit nya yang kurang menari bagi setiap pengguna kartu kredti. Berbeda dengan kebijakan kartu kredit card yang lainnya.

Syarat Memiliki Aplikasi Tokopedia Card

Jika kamu tertarik dan ingin memiliki layanan kartu kredit Tokopedia ini, tentunya akan sangat mudah sekali kamu dapatkan di aplikasi Tokopedia. Karena cara pengajuan untuk memiliki aplikasi Tokopedia card ini sangat mudah sekali dan proses acc nya sangat cepat jika sudah memenuhi syarat.

Adapun syarat yang harus kamu siapkan untuk pengajuan memiliki layanan Tokopedia Card adalah sebagai berikut ini.

  • Usia minimal 21 Tahun, dan ini menjadi syarat yang mutlak bagi kamu yang ingin mendapatkan layanan tokpedia card
  • Memiliki e-KTP, Juga merupakan salah satu syarat mutlak untuk proses pengajuan tokopedia card
  • Memiliki NPWP, dan ini merupakan syarat opsional. namun dengan memiliki NPWP peluang acc yang akan kamu terima semakin besar
  • Minimal Penghasilan Rp. 3 juta, yaitu untuk kamu yang ingin mengajukan kartu kredit entri level maka minimal penghasilan kamu Rp 3 juta per bulannya.

Jadi tunggu apalagi, untuk kamu yang ingin memiliki kartu kredit maka segera ajukan pembuatannya.

Limit Awal Tokopedia Card

Untuk limit, Tokopedia Card ini berbeda bagi setiap pengguna mulai dari 3 juta hingga 50 juta. Tapi jangan khawatir jika limit kartu kamu tidak mencukupi, kamu bisa mengajukan kenaikan limit dengan menghubungi call center BRI di nomor 14017 atau 1 500 017.

Kamu bisa ajukan melalui call center BRI untuk menaikkan limit sesuai dengan kebutuhan kamu. CS akan bantu jelaskan syarat dan ketentuannya.

Biaya Tahunan Tokopedia Card

Dilansir dari halaman resmi situs Tokopedia, berikut adalah rincian biaya tahunan Tokopedia Card:

NoJenisTokopedia Card
1Annual Fee pertahun
a. BasicGratis untuk tahun pertama, untuk tahun kedua dan seterusnya dapat bebas biaya tahunan selama melakukan transaksi min 3 kali setiap bulan* atau Pemegang Kartu akan dikenakan biaya tahunan sebesar Rp 250.000.
*Syarat & Ketentuan Berlaku
b. SupplementTidak ada kartu suplemen
2Maximum Cash Advance60% dari sisa limit atau Maksimal Rp 10.000.000,- per hari
3Biaya Over LimitRP. 50.000,-
4Biaya Keterlambatan Pembayaran1% dari tagihan atau maks. Rp 100.000 sesuai kebijakan relaksasi Covid-19 Bank Indonesia.
Biaya keterlambatan akan kembali menjadi 3% dari tagihan atau maks. Rp 150.000 setelah kebijakan relaksasi Covid-19 berakhir.
5Biaya Penggantian KartuRp 50.000,-
6Biaya Pencetakan Billing StatementRp 15.000,- sd 28 Februari 2022
Rp 20.000 berlaku per 1 Maret 2022
7Biaya Pencetakan Ulang Billing StatementRp 15.000,-
8Biaya Copy Sales Draft LokalRp 25.000,-
9Biaya Copy Sales Draft InternasionalRp 125.000,-
10Biaya Penggantian PIN MailerRp 25.000,-
11Biaya Ringkasan Transaksi TahunanRp 100.000,-
12Biaya Kenaikan LimitRp 75.000,-
13Biaya PenagihanRp 50.000,-
14Bunga Transaksi Ritel1,75% per bulan sesuai kebijakan relaksasi Covid-19 Bank Indonesia.
Bunga akan kembali menjadi 2,25% setelah kebijakan relaksasi Covid-19 berakhir.
15Bunga Pengambilan Tunai1,75% per bulan sesuai kebijakan relaksasi Covid-19 Bank Indonesia.
Bunga akan kembali menjadi 2,25% setelah kebijakan relaksasi Covid-19 berakhir.
16Pembayaran Minimum per Bulan (selama Pandemi)5% dari tagihan sesuai kebijakan relaksasi Covid-19 Bank Indonesia.
Minimum payment akan kembali menjadi 10% dari tagihan setelah kebijakan relaksasi Covid-19 berakhir. Khusus transaksi cicilan, minimum pembayaran sesuai tagihan cicilan per bulan.
17Biaya Administrasi Pengambilan Tunai3% atau minimal Rp 60.000
18Biaya Materai Atas Lembar Tagihan:
Untuk Tagihan Rp 0 – Rp 5.000.000,-Gratis
Untuk Tagihan diatas Rp 5.000.000Rp 10.000,-
19Biaya NotifikasiGratis
20Biaya e-Billing5.000
21Biaya Refund Saldo KreditMinimum refund Rp 500.000
Transfer rekening BRI: Rp 25.000
Transfer rekening Bank Lain: Rp 50.000
22Jatuh Tempo17 hari sejak tanggal cetak tagih

Akhir Kata

Dan itulah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai review Tokopedia card mengenai kelebihan dan kekurangan dari Tokopedia card yang sudah dibahas di atas. Semoga informasi yang telah kami sampaikan bermanfaat untuk kamu semua dan akhir kata kami ucapkan terimakasih.

Artikel Menarik Lainnya: