[Resensi] Sinopsis Novel Ancika Beserta Intrinsik dan Ekstrinsik

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Kamu pasti sudah tidak asing lagi kan dengan tokoh Dilan di novelnya Pidi Baiq? Novel Ancika ini merupakan kelanjutan kisah cinta Dilan yang telah putus dengan Milea di artikel ini akan dijelaskan sinopsis novel Ancika secara lengkap.

Di artikel ini akan dijelaskan identitas novel, sinopsis novel Ancika, unsur intrinsik, kutipan menarik hingga kelebihan, kekurangan dan juga pesan moral yang terkandung dalam novel Ancika: Dia yang Bersamaku Tahun 1995.

Identitas Novel Ancika

Judul NovelAncika: Dia yang Bersamaku Tahun 1995
PenulisPidi Baiq
PenerbitPastel Books
Jumlah Halaman344 halaman
Ukuran Buku14 x 21 cm
KategoriRomance
Tahun terbit2021
Harga BukuRp.83.000,-

Kisah Dilan ini memang cukup terkenal karena Dilan memiliki karakteristik yang cukup spesial di hati pembacanya bahkan sosok Dilan yang digambarkan oleh Ikbal Rhamadhan begitu cukup kuat.

Novel ini merupakan kisah kelanjutan cinta Dilan dimana setelah ia berhasil move on dari Milea dan tentunya kisah ini akan begitu menarik karena menghadirkan sosok baru bernama Ancika.

Hanya saja di film Ancika ini sosok Dilan digantikan oleh sosok artis baru Arbani Yazid namun perannya juga tidak kalah baik dengan Iqbal Rhamadan.

Sinopsis Novel Ancika

Novel ini merupakan kelanjutan dari Trilogi dari novel sebelumnya dimana kali ini mengisahkan Ancika yang merupakan kekasih baru setelah putus dari Milea di bangku SMA.

Cerita bermula saat Ancika berusia 17 tahun saat itu, dia sudah menjalin hubungan dengan Dilan dan menyandang status sebagai kekasih baru mantan anggota geng motor tersebut.

Cerita ini di mulai pada tahun 1995 silam. Saat Dilan sudah kuliah dan merupakan mahasiswa tingkat tiga di sebuah perguruan tinggi.

Dan suatu hari, dia bertemu dengan seorang siswi SMA bernama Ancika yang ternyata menjadi tokoh penting dalam kisah cinta selanjutnya.

Meski memiliki usia yang berbeda dan berada di jenang pendidikan yang berbeda pula, tetapi takdir mempertemukan mereka untuk membuat sebuah cerita yang menarik untuk terus diikuti.

Dan pada awalnya, Ancika memandang Dilan sebagai orang yang selalu bertingkah aneh dan menyebalkan. Tetapi seiring berjalannya waktu, pemikiran tersebut berubah

Setelah beberapa peristiwa, Ancika mulai berpikir jika Dilan sebenarnya adalah orang yang cukup baik dan menyenangkan. Dan perlahan perasaan tersebut membuat hubungan Ancika dan Dilan pun akhirnya semakin dekat.

Dilan yang merupakan mahasiswa cerdas dan kreatif mulai sering datang ke rumah Ancika untuk membantunya mengerjakan tugas sekolah di ruang tamu.

Dan bahkan, karena kedekatan Dilan dan keluarga Ancika, dia sudah dianggap sebagai anak oleh orang tua Ancika. Dan Ancika yang pada awalnya tidak mudah jatuh cinta ternyata di buat berhasil tergila-gila pada Dilan.

Meski begitu, hubungan asmara keduanya tidaklah mudah. karena banyak rintangan dan juga halangan dan mereka harus melewati untuk mempertahankan hubungannya tersebut. Apakah berhasil? Simak langsung di bukunya secara lengkap ya!

Unsur Intrinsik Novel Ancika

Di sinopsis novel Ancika akan di bahas juga unsur intrinsik novel secara lengkap dan berikut penjelasan lengkapnya:

1. Tema

Tema yang diangkat dari novel ini adalah percintaan.

2. Tokoh dan Penokohan

  • Dilan: ia sosok yang humoris, keras kepala, nakal, pintar, kreatif, dan baik
  • Ancika: tomboy dan memiliki kepribadian tegas
  • Indri: sahabat Ancika yang sabar dan pengertian
  • Bono: percaya diri dan tidak sabaran
  • Bagas: teman Ancika yang baik dan cemburuan
  • Bunda: ia merupakan sosok ibu yang sangat perhatian dan juga sangat baik kepada anak dan lainnya

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel ini yaitu alur campuran ada alur maju dan alur mundur di dalamnya.

4. Latar Waktu dan Tempat

Latar waktu yang digunakan yaitu pagi, siang sore dan malam hari tahun 1995-1999. Dan latar tempat yang digunakan adalah kota Bandung.

5. Sudut Pandang

Sudut pandang yang digunakan yaitu sudut pandang orang pertama selaku pelaku utama yaitu Ancika.

6. Gaya bahasa

Gaya bahasa yang digunakan cukup ringan dan mudah dipahami dan cocok untuk remaja dengan setting tahun 1995 an.

7. Amanat

Jika sudah menjalin sebuah hubungan kamu harus tetap jujur dan jangan ada hal yang kamu sembunyikan termasuk kisah percintaan masa lalumu karena kejujuran merupakan pondasi kuat dalam sebuah hubungan.

Kutipan Menarik dari Novel Ancika

Berikut beberapa kutipan menarik yang banyak mengandung pesan moral dalam novel ini diantaranya adalah:

“ Bunda tau, tak mudah harus sepenuhnya menghapus ingatan masa lalu, tapi kalian harus bisa menempatkan masa lalu dan masa kini secara terpisah.”

“Kebersamaanmu dengan Cika sekarang, tidak perlu dianggap sebagai uji kecocokan untuk memilih mana yang terbaik di antara Cika dan Lia, atau dengan siapa pun, lah di dunia ini.”

“Kamu sudah cerita ke Cika soal Lia? Tanya Bunda”

“Dilan berhak atas sejarah hidupnya Cika juga sama begitu, Dilan punya waktunya sendiri bersama orang-orang di dalam hidupnya, baik sekarang maupun di masa lalu, sebagai sesuatu yang mungkin Dilan lalui”

“Masa lalu tak perlu disikapi sebagai hal yang mengganggu. Tapi kalau kamu tetap memandangnya begitu, silahkan saja, tak ada yang melarang. Hanya saja, itu pasti akan membuat hidupmu runyam dan akan membuat hidupmu tak nyaman.”

“Cinta sejati adalah kenyamanan, kepercayaan, dan dukungan. Kalau kamu tidak setuju, aku tidak peduli.”

“Cinta lebih mudah dirasakan daripada harus dimengerti, itulah mungkin daripada alasan”

“Dulu, nama besar kampus disebabkan oleh karena kehebatan mahasiswanya. Sekarang, mahasiswanya ingin hebat karena nama besar kampusnya.

“ Cinta itu indah, jika bagimu tidak, mungkin kamu salah milih pasangan.”

Kelebihan dan Kekurangan Novel Ancika

Seperti halnya novel lainnya novel Ancika ini juga memiliki kelebihan dan juga kekurangan dan berikut penjelasan lengkapnya:

1. Kelebihan

Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki oleh novel Ancika, diantaranya adalah

  • Pertama basaha yang mudah dan ringan
  • Animasi sederhana dan sangat bagus di beberapa halaman
  • Semua tokoh tergambar jelas
  • Alur cerita menarik
  • Font yang digunakan sangat baik
  • Cover cukup menarik

2. Kekurangan

Selain kelebihan tentunya novel ini juga memiliki kekurangan dan berikut beberapa kekurangannya adalah:

  • Ada part yang membosankan
  • Ada beberapa tyfo
  • Tidak terlalu romantis dibandingkan dengan kisah Dilan sebelumnya
  • Mudah ditebak endingnya kemana

Pesan Moral Novel Ancika

Novel ini mengajarkan tentang kedewasaan menyikapi masa lalu dan berusaha menerima keadaan dan membuka hati dengan orang yang sama-sama memiliki perasaan dan menjadikan sebuah kejujuran sebagai landasan sebuah hubungan.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai sinopsis novel Ancika mulai dari indentitas novel, unsur intrinsik, kutipan menarik hingga pesan moral yang tersimpan dalam novel. Dan tak lupa kami juga jelaskan kelebihan dan kekurangan dari novel ini.

Semoga apa yang kami sampaikan dapat membantu ya!

Artikel Menarik Lainnya: