Daftar Urutan Nama Android dari Pertama A-Z Dulu-Sekarang

Daftar Urutan Nama Android dari Pertama A-Z Dulu-Sekarang

Pahamilah urutan nama android dari pertama A-Z. Dengan memahami urutan nama berdasarkan abjad tersebut, kita akan lebih mudah mengenali android mana yang paling lama dan paling baru. Hal ini berguna ketika akan membeli hp android baru.

Android memang menggunakan istilah abjad untuk menamai sistem operasinya dari tahun ke tahun. Jadi, proses membedakannya bisa dilihat dari abjad yang dituangkan dalam istilah makanan. Berikut ini adalah urutan nama hp android dari pertama berdasarkan Abjad A – Z.

Urutan Nama Android dari Pertama A-Z

Berikut adalah daftar urutan nama seri Android dari pertama A-Z hingga sekarang :

1. Android 1.0 (Alpha)

Dalam sejarah berdirinya Android pertama dinamakan Alpha. Android 1.0 atau Alpha ini diluncurkan pada tahun 2008 silam. Saat pertama kali diluncurkan, Blackberry masih jadi penguasa ponsel di dunia.

2. Android 1.1 (Beta)

Berikutnya ada Android 1.1 dengan kode nama Beta. Ini adalah versi penyempurnaan dari Alpha. Saat Android Beta diluncurkan pada 2009, belum banyak hp di dunia yang menggunakan sistem operasi ini.

3. Android 1.5 (Cupcake)

Berikutnya ada Android 1.5 dengan nama Cupcake. Google meluncurkan sistem operasi ini pada September 2009. Di sistem operasi ini dikenalkan keyboard virtual.

4. Android 1.6 (Donut)

Berikutnya ada android 1.6 atau biasa disebut juga dengan Donut. Android Donut ini diluncurkan beberapa bulan setelah Cupcake.

5. Android 2.0 (Éclair)

Android 2.0 Eclair jadi nama berikutnya setelah Donut. Android Eclair ini memiliki 3 versi. Yakni Elclair 2.0, 2.0.1 dan 2.1 yang rilisnya berdekatan.

6. Android 2.2 (Frozen Yoghurt)

Generasi berikutnya adalah Android 2.2 Frozen Yogurt yang dikenal juga dengan singkatan Froyo. Android Froyo ini mulai banyak dipakai oleh produsen Hp android.

7. Android 3.0 (Gingerbread)

Berikutnya adalah Android 3.0 atau Gingerbread yang diluncurkan pada tahun 2010. Android Gingerbread mulai dipakai banyak produsen Hp untuk semua produknya. Mulai dari Samsung, Lenovo higga Acer.

8. Android 3.0 (Honeycomb)

Android berikutnya adalah Honeycomb (Android 3.0). Ini adalah penyempurnaan dari Gingerbread dengan berbagai macam fitur baru yang canggih.

9. Android 4.0 (Ice Cream Sandwich)

Setelah Honeycomb ada android 4.0 yang diberi nama Ice Cream Sandwich. Android ini dirilis pada 2011 silam dan mempunyai banyak fitur canggih yang sangat berkualitas.

10. Android 4.1 (Jelly Bean)

Berikutnya ada Android 4.1 yang diberi nama Jelly Bean. Ini adalah sistem operasi yang dibuat pada tahun 2012 dan terus diperbaharui sampai sekarang.

11. Android 4.4 (KitKat)

Android 4.4 atau KitKat jadi penerus dari Jelly Bean. Sistem operasi Android 4.4 ini diluncurkan pada tahun 2013 dengan pembaharuan hingga 2014.

12. Android 5.0 (Lollipop)

Selanjutnya ada Andrid 5.0 atau biasa disebut dengan Lollipop. Android Lollipop ini ini dirilis pada 2015. Sistem operasi ini merupakan penyempurnaan dari KitKat.

13. Android 6.0 (Marshmallow)

Setelah Lollipop, ada Android 6.0 atau biasa disebut dengan nama Marshmallow. Android Marshmallow ini diluncurkan pada 2018 dan masih bisa terus dipakai sampai saat ini.

14. Android 7.0 (Nougat)

Pada 2019 ada sistem operasi baru Android 7.0 atau Nougat. Ini adalah sistem android yang dipakai oleh Hp buatan Google seperti Nexus.

15. Android 8.0 (Oreo)

Android 8.0 menjadi sistem operasi berikutnya penerus Nougat. Android 8.0 atau Oreo yang menawarkan beragam fitur canggih ini masih bisa digunakan sampai sekarang.

16. Android 9 (Pie)

Pada pertengahan 2018 ada Android 9 yang biasa disebut dengan Pie. Android 9 atau Pie ini jadi sistem operasi yang terdapat di berbagai Hp canggih saat ini.

17. Android 10 (Android Q)

Berikutnya ada android 10 atau Quincie Tart. Ini adalah android yang masih terbilang cukup baru karena diluncurkan pada 2019.

18 Android 11 (Red Velvet Cake)

Selanjutnya ada Android 11 atau Red Velvet Cake yang diluncurkan pada September 2020 silam Android ini banyak dipakai pada berbagai hp canggih tahun ini.

19. Android 12 (Snow Cone)

Selanjutnya ada Android 12 yang diberi kode Snow Cone. Ini adalah salah satu sistem operasi yang diluncurkan pada masa pandemi lalu.

20. Android 13 (Tiramisu)

Android 13 atau Tiramisu merupakan sistem operasi yang terbilang masih baru. Dihadirkan pada 2022, Android 13 jadi sistem operasi yang banyak ditambahkan di banyak Hp sekarang.

21. Android 14 (Upside Down Cake)

Sistem operasi berikutnya adalah Android 14 yang kerap disebut dengan Upside Down Cake. Ini adalah sistem operasi terbaru yang diluncurkan pada 2023.

FAQ | Urutan Nama Android

Kenapa nama android dibuat berdasarkan makanan manis?

Tujuan utamanya adalah agar mudah diingat oleh para pengguna.

Nama android apa yang paling lama?

Android paling lama dan yang pertama kali muncul adalah Android 1.0 (Alpha).

Apakah perlu memperbaharui sistem operasi Android?

Perlu. Tujuannya agar Hp bisa digunakan secara maksimal.

Artikel Menarik Lainnya: