5 Cara Cek SK Inpassing Kemenag untuk Guru Non-ASN

5 Cara Cek SK Inpassing Kemenag untuk Guru Non-ASN

Sudah tahu belum belum cara cek SK inpassing Kemenag tahun ini? Jangan-jangan, nama kamu ada di dalam daftar 98.972 SK Inpassing yang telah diterbitkan. Inpassing Kemenag merupakan program untuk menyetarakan jabatan guru madrasah.

Melalui penyetaraan ini, guru Madrasah yang tadinya bukan ASN termasuk ke dalam golongan yang sama seperti ASN. Kalau kamu memenuhi syarat kualifikasi akademik dan sertifikat lainnya, cek SK Inpassing sekarang juga.

Mengenal SK Inpassing Kemenag dan Prosesnya

Guna meningkatkan mutu pendidikan, pemerintah melalui Kemenag menyediakan program Inpassing untuk guru honorer agar lebih sejahtera. Pada tanggal 23 September 2023, Kemenag menerbitkan 98.972 SK Inpassing guru Madrasah.

Guru-guru yang tadinya kurang sejahtera dalam jenjang karir dan pendapatan kini terbantu melalui program ini salah satunya memiliki pendapatan tinggi. Pendapatan yang sebelumnya sangat kecil bertambah jadi lebih besar. Berikut ini sistem program Inpassing guru Madsarah non-ASN:

1. Guru Non-ASN Harus Lolos Kualifikasi Pendidikan

Hal pertama yang harus kamu pahami adalah memenuhi kualifikasi dalam aspek pendidikan agar berhasil mendapatkan SK. Pihak Kemenag akan melakukan penilaian untuk memastikan guru tersebut layak atau tidaknya menerima Inpassing.

2. Guru harus Membuat Pengajuan

Setelah itu, pengajar honorer harus membuat pengajuan Inpassing ke dinas pendidikan atau Kemenag, pengajuan dilakukan secara online. Pengajuan dapat dilakukan saat Kemenag membuka SK Inpassing.

3. Pengajar Harus Menunggu Evaluasi

Pihak dari Kemenag akan melakukan evaluasi berdasarkan data yang diajukan untuk menilai guru tersebut layak atau tidaknya menerima SK. Selain dinilai dari data pendidikan, dinilai juga partisipasi maupun kontribusi ke instansi pendidikan. 

Pengajar juga akan dinilai dalam hal mengajar maupun pengembangan kurikulum. Semua hal tersebut sangat penting guna meningkatkan mutu pendidikan dalam hal mengajar.

Syarat Mendapatkan SK Inpassing Guru Honorer Madrasah

Sebelum ke cara cek SK Inpassing Kemenag, kamu harus mempersiapkan persyaratan. Inilah daftar persyaratan SK Inpassing yang harus dipersiapkan:

  1. Untuk mengikuti program kesetaraan SK Inpassing, pengajar harus memenuhi syarat-syarat berikut ini.
  2. Telah menjadi guru tetap di instansi pendidikan yang disediakan masyarakat atau pemerintah daerah
  3. Memenuhi kualifikasi akademik dengan standar pendidikan minimal Diploma Empat atau Strata 1
  4. Memiliki SERDIK atau sertifikat pendidik sudah Verval NRG hingga 31 Agustus 2023 
  5. Pengajar memiliki NUPTK (Nomor Unit Pendidik dan Tenaga Kependidikan)
  6. Masih aktif mengajar
  7. Usia pendidik maksimal 55 tahun ketika mengajukan Inpassing
  8. Bertanggung jawab mengajar sesuai bidang study yang dipilih
  9. Telah memenuhi tanggung jawab mengajar maksimal 24 jam per minggu

Cara Mendapatkan SK Inpassing Kemenag 2023

Setelah memahami persyaratan penyetaraan jabatan dan pangkat atau Inpassing, kamu dapat mengajukannya dengan cara-cara ini:

  1. Akses halaman https://simpatika.kemenag.go.id lalu login PTK
  2. Masukkan user ID (NUPTK/NPK/PegID) serta password yang benar
  3. Pilih menu ajukan Inpassing kemudian pilih formulir
  4. Lengkapi data formulir dengan informasi yang benar meliputi nama sesuai NIK, nomor NIK, tanggal masa tugas, maPel sertifikasi, dll
  5. Unggah hasil scan KTP dan SK penugasan
  6. Baca dan pahami semua syarat dan ketentuan
  7. Centang di bagian “saya telah membaca dan setuju dengan pernyataan”
  8. Kalau sudah, klik simpan ajukan
  9. Tunggu proses verifikasi dari Kemenag Kota, Kabupaten, maupun Kanwil Provinsi hingga Pusat
  10. Kalau sudah pengajuan kamu bisa langsung memahami cara cek SK Inpassing Kemenag untuk melihat hasilnya

Cara Cek Sk Inpassing Kemenag Guru Madrasah Non-ASN

Kalau sudah mengirimkan berkas pengajuan Inpassing, kamu bisa periksa hasilnya siapa tahu nama kamu ada di dalam daftar. Berikut ini cara cek SK Inpassing Kemenag untuk guru Madrasah non-ASN.

  1. Pertama buka browser Google Chrome di handphone, laptop, atau komputer
  2. Cari situs simpatika.kemenag.go.id
  3. Login menggunakan akun SIMPATIKA
  4. Lihat halaman utama situs simpatika
  5. Kalau SK telah terbit langsung download file tersebut

Perkiraan Gaji Setelah Mendapatkan SK Inpassing Kemenag

Guru non-ASN yang sudah Inpassing akan menerima tunjangan profesi satu kali gaji pokok setiap bulannya. Kalau sebelumnya hanya mendapatkan gaji senilai Rp 1.000.000, gaji yang diterima setelah Inpassing bisa mencapai 2 juta bahkan lebih.

Gaji guru Inpassing Kemenag hampir sama dengan ASN dan ditentukan berdasarkan golongan. Berikut ini sekilas gambaran gaji yang akan diperoleh setelah guru menerima SK Inpassing Kemenag.

  1. Golongan II A masa kerja 0-5 menerima bayaran Rp 1.926.000 – Rp 2.081.500
  2. Untuk golongan III A dengan masa kerja 0-4 akan mendapatkan gaji Rp 2.456.700- Rp 2.613.800
  3. Golongan I B masa kerja 3-5 akan dibayar Rp 1.692.400 – Rp 1.819.200
  4. Golongan II B masa kerja 3-5 dibayar Rp 2.103.300 – Rp 2.357.000
  5. Golongan III B masa kerja 0-4 menerima Rp 2.560.000- Rp 2.724.400

Manfaat SK Inpassing Kemenag Bagi Guru Non-ASN

Apabila pengajar telah terdaftar di SK Inpassing, guru tersebut berhak menerima manfaat yang sama seperti PNS. Berikut ini beberapa keuntungan yang akan diperoleh guru-guru yang termasuk ke dalam daftar SK Inpassing.

1. Akan Memperoleh Tambahan Gaji

Manfaat dari program Inpassing Kemenag ini salah satunya penambahan gaji kepada guru honorer. Selama ini, pengajar non-ASN hanya mengandalkan dana BOS dan gaji honorer yang nilainya terbilang kecil.

2. Meningkatkan Motivasi Dalam Mengajar

Setiap guru Madrasah, TK/PAUD, SD, dan pengajar honorer lainnya akan merasa termotivasi untuk meningkatkan kualitas pengajaran. Melalui SK ini, pengajar bisa lebih semangat lagi sebab tunjangan profesi yang diberikan nilainya sama dengan PNS.

3. Dapat Meningkatkan Status Sosial Pengajar Honorer di Masyarakat

Melalui program ini, pendidik non-ASN akan merasa dihargai di masyarakat karena mendapatkan kesetaraan dengan PNS. Dengan peningkatan status pengajar, masyarakat bisa lebih mempercayai pengajaran di sekolah.

4. Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Indonesia

Dengan program Inpassing yang diberikan Kemenag, mutu pendidikan berbasis Madrasah akan lebih meningkat. Hal ini akan meningkatkan kualitas pendidikan bagi generasi muda Indonesia.

FAQ: Pertanyaan Seputar Cara Cek SK Inpassing Kemenag

Berapa Lama Proses Verifikasi Inpassing?

Program penyetaraan Inpassing tahun ini dibuka mulai dari tanggal 22 Agustus 2023 – 22 September 2023. Hasilnya pun telah ditandatangani secara digital dan hasilnya sudah bisa dibuka pada tangga 23 September 2023.

Apakah Pengajuan SK Inpassing Kemenag Dipungut Biaya?

Proses pengajuan penyetaraan jabatan dan profesi pengajar tidak dipungut biaya alias gratis. Kalau kamu merasa memenuhi persyaratan sebaiknya ikuti program ini untuk menerima manfaat yang lebih menguntungkan.

Kapan SK Inpassing Kemenag 2024 Dibuka?

Untuk pendaftaran tahun depan belum dipastikan tanggalnya, melihat dari tahun ini dibuka pada Agustus, kamu bisa mempersiapkan di Agustus 2024. Selain itu, kamu harus menunggu surat edaran dari Dirjen Pendis Kemenag.

Seberapa Penting SK Inpassing untuk Guru Non-ASN?

Program ini sangat penting untuk pengakuan kualifikasi akademik, masa kerja, maupun sertifikat guru yang bukan ASN. Dengan SK ini, guru honorer lebih diakui dan menjadi setara dengan PNS.

Apakah SK Inpassing Dapat Dibatalkan?

Pencabutan status Inpassing bisa dicabut jika guru yang telah mendapatkan SK melakukan pelanggaran norma kepada murid maupun instansi.

Content writer teknologi yang sudah mulai menulis sejak tahun 2017. Terimakasih sudah membaca tulisan saya di sini. Jangan lupa share!

Artikel Menarik Lainnya: