7 Alasan Kenapa Pengajuan Home Credit Ditolak dan Tipsnya

7 Alasan Kenapa Pengajuan Home Credit Ditolak dan Tipsnya

Umumnya pengajuan kredit tanpa agunan bisa cepat diselesaikan dengan KTP. Namun sering terjadi pengajuan ditolak salah satunya saat mau menggunakan home credit. Kenapa pengajuan home credit ditolak? Pahami alasan-alasannya berikut ini.

Kenapa Pengajuan Home Credit Ditolak?

Walaupun syaratnya hanya KTP, ternyata masih ada faktor lain yang membuat pengajuan home credit disetujui salah satunya credit score. Sistem akan memeriksa credit score kamu melalui KTP. Kalau memiliki riwayat kredit yang buruk misalnya di bank atau aplikasi lain pasti berpengaruh.

Bagi kamu yang gagal mengajukan kredit, inilah alasan pengajuan Home Credit ditolak:

1. Tidak Lolos Skor BI Checking

Home Credit telah diawasi lembaga resmi yakni OJK, jadi setiap pengguna pasti harus memberikan KTP untuk memastikan BI Checking bagus. Kalau pengajuan Home Credit ditolak mungkin salah satunya karena riwayat kredit kamu kurang baik berdasarkan BI Checking.

2. Data Kamu Masuk ke Internal Blacklist

Ketika pembayaran kredit menunggak, data-data kamu biasanya masuk ke dalam daftar hitam. Hal tersebut menyebabkan pengajuan kredit selanjutnya ditolak. Salah satu syarat menggunakan layanan ini adalah membayar tagihan tepat waktu.

3. Kode OTP yang Diberikan Salah

Salah satu penyebab registrasi dan pengajuan kredit ditolak bisa juga disebabkan oleh kode OTP yang salah. Informasi ini sangat penting untuk verifikasi, gunakan data yang akurat salah satunya memastikan nomor handphone yang terhubung masih aktif.

4. Foto KTP dan Verifikasi Wajah Kurang Jelas

Pada saat verifikasi, calon pengguna wajib memberikan data verifikasi yakni foto KTP dan verifikasi wajah. Apabila kedua data penting ini kurang jelas, biasanya pengajuan akan ditolak. Lakukan verifikasi wajah dan KTP saat jaringan sedang stabil dan didukung pencahayaan bagus.

5. Tidak Mengizinkan Akses pada Perangkat

Ketika menggunakan aplikasi kredit online, biasanya pengguna harus menyalakan GPS dan mengizinkan aplikasi mengakses perangkat. Jika kamu belum melakukan 2 hal ini otomatis pengajuan akan terhambat.

6. Data Antara KTP serta Rekening Berbeda

Kemungkinan pengajuan Home Credit ditolak bisa juga karena perbedaan data di KTP dan rekening. Gunakan data milik sendiri ketika kamu registrasi atau mengajukan kredit agar tidak ditolak.

7. Tidak Lulus Survey Tentang Penghasilan Tetap Per Bulan

Syarat wajib mengajukan kredit tanpa agunan adalah penghasilan tetap minimum 3 jutaan. Kalau kurang dari itu artinya belum memenuhi kriteria. Sistem wajib memeriksa hal ini untuk menghindari pembayaran menunggak.

Tips Menghindari Pengajuan Home Credit Ditolak

Home Credit akan kembali mempertimbangkan pengajuan kamu kalau memenuhi syarat minimum setelah 3 bulan ditolak. Apa saja tips yang harus dilakukan agar pengajuan kali ini disetujui?

1. Bayar Cicilan Tepat Waktu

Bagi kamu yang aktif berlangganan KTA di berbagai aplikasi maupun memiliki cicilan di Bank sebaiknya bayar tagihan tepat waktu. Cara ini dapat meningkatkan credit score kamu untuk menghindari pengajuan Home Credit ditolak lagi.

2. Miliki Tabungan atau Tingkatkan Penghasilan

Guna meningkatkan kepercayaan, kamu harus meningkatkan penghasilan guna menghindari gagal bayar. Kamu harus mencicil barang sesuai kemampuan guna menghindari riwayat kredit buruk di SLIK OJK.

3. Hubungi Call Center

Berikutnya, bisa kamu coba yakni meminta bantuan call center Home Credit resmi. Kamu dapat mengakses menu help center di situs atau aplikasi Home Credit. Berikan bukti kalau kamu tidak memiliki masalah dengan credit score agar dapat diselesaikan dengan mudah.

4. Perbarui Informasi

Agar pengajuan Home Credit tidak ditolak, kamu harus memperbarui aplikasi salah satunya gunakan nomor handphone aktif. Dengan cara ini, kamu akan menerima OTP secara akurat sehingga verifikasi lancar.

5. Buat Tanda Tangan Elektronik yang Sama dengan KTP

Agar pendaftaran Home Credit lancar, kamu juga harus menggunakan tanda tangan yang sama dengan KTP. Informasi ini sangat penting sebagai bagian dari perjanjian kontrak.

Kamu dapat menggunakan layanan kredit tanpa agunan ini kalau sudah cukup umur minimal 19 tahun ke atas. Buat rekening sendiri untuk memudahkan pembayaran cicilan supaya terhindar dari tunggakan. Demikianlah beragam alasan serta tips agar terhindar pengajuan Home Credit ditolak sistem. Kalau kamu sudah berhasil registrasi, kebutuhan kredit barang elektronik secara offline maupun online jadi lebih mudah.

Artikel Menarik Lainnya: