10 Aplikasi Menghitung Luas Tanah Tidak Beraturan [Mudah]

10 Aplikasi Menghitung Luas Tanah Tidak Beraturan

Menghitung tanah yang tidak beraturan bentuknya kadang membuat kita pusing kepala. Namun sekarang ada aplikasi menghitung luas tanah tidak beraturan yang bisa kita manfaatkan. Aplikasi ini dapat dipasang di ponsel android ataupun IOS.

Kamu tinggal input saja data-data yang diminta pada aplikasi tersebut. Secara otomatis aplikasi tersebut akan menghitungnya secara akurat.

Kamu yang berencana membeli atau menjual tanah, perlu banget install aplikasi ini. Karena sudah pasti akan sangat kemu butuhkan.

Aplikasi Menghitung Luas Tanah Tidak Beraturan

Beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk menghitung tanah yang tidak beraturan di antaranya yaitu:

1. Geo Measure Area Calculator

Aplikasi ini menggunakan GPS ponsel untuk mengukur luas tanah dengan menggambar batas tanah menggunakan peta. Kelebihannya adalah kemampuan pengukuran berbasis GPS yang akurat.

2. Planimeter

Aplikasi ini memungkinkan kamu mengukur luas tanah dengan menggambar garis sepanjang tepi tanah yang ingin diukur. Kelebihannya adalah kemudahan penggunaan dan kemampuan menggambar garis langsung di dalam aplikasi.

3. GPS Fields Area Measure

Aplikasi ini menggunakan GPS untuk mengukur luas tanah dengan menandai titik-titik di sekitar tanah yang ingin diukur. Kelebihannya adalah kemampuan menggunakan GPS untuk pengukuran yang akurat.

4. Land Calculator

Aplikasi ini memungkinkan kamu mengukur luas tanah tidak beraturan dengan menggambar bentuk tanah di dalam aplikasi. Kelebihannya adalah kemampuan mengukur area dengan berbagai bentuk dan ukuran yang kompleks.

5. Map Pad GPS Land Surveys & Measurements

Aplikasi ini memungkinkan kamu mengukur luas tanah dengan menggunakan peta dan GPS. Kamu dapat menandai titik-titik di sekitar tanah untuk menghitung luasnya. Kelebihannya adalah kemampuan menggunakan peta dan GPS untuk pengukuran yang akurat.

6. MagicPlan

Aplikasi ini memungkinkan kamu membuat denah rumah atau tanah dengan mengambil gambar menggunakan kamera ponsel. Kelebihannya adalah kemampuan menghitung luas area berdasarkan gambar yang diambil.

7. Land Area Calculator and Converter

Aplikasi ini membantu kamu menghitung luas tanah dengan menggambar bentuk tanah di dalam aplikasi. Kelebihannya adalah kemampuan menghitung luas dengan berbagai unit pengukuran yang berbeda.

8. Field Area Measure

Aplikasi ini menggunakan GPS untuk mengukur luas tanah dengan menandai titik-titik di sekitar tanah yang ingin diukur. Kelebihannya adalah kemampuan menggunakan GPS untuk pengukuran yang akurat.

9. Land Measure – GPS Area Measurement

Aplikasi ini menggunakan GPS ponsel untuk mengukur luas tanah dengan menggambar batas tanah pada peta. Kelebihannya adalah kemampuan pengukuran berbasis GPS yang akurat.

10. GPS Area Measurement

Map & Land Area Calculator: Aplikasi ini memungkinkan kamu mengukur luas tanah dengan menggunakan GPS dan peta. Kamu dapat menandai titik-titik di sekitar tanah untuk menghitung luasnya. Kelebihannya adalah kemampuan menggunakan GPS dan peta untuk pengukuran yang akurat.

Kelebihan Menghitung Luas Tanah Tidak Beraturan Pakai Aplikasi

Menghitung luas tanah tidak beraturan dengan menggunakan aplikasi memiliki beberapa kelebihan, antara lain:

1. Akurasi yang lebih tinggi

Aplikasi yang menggunakan teknologi GPS atau pengolahan gambar memiliki kemampuan untuk memberikan hasil pengukuran yang lebih akurat dibandingkan dengan metode manual. Hal ini membantu mengurangi kesalahan dalam mengukur luas tanah.

2. Kemudahan penggunaan

Aplikasi umumnya dirancang untuk menjadi mudah digunakan, bahkan bagi pengguna yang tidak memiliki latar belakang dalam pengukuran tanah. Mereka sering dilengkapi dengan antarmuka yang intuitif dan panduan langkah demi langkah.

3. Efisiensi waktu

Dibandingkan dengan metode manual yang melibatkan pengukuran dan perhitungan manual, menggunakan aplikasi dapat menghemat waktu secara signifikan. Aplikasi dapat melakukan perhitungan secara otomatis dengan cepat, sehingga kamu tidak perlu lagi melakukan perhitungan manual yang rumit.

4. Fleksibilitas dalam bentuk tanah

Aplikasi mengizinkan pengukuran luas tanah dengan berbagai bentuk yang tidak beraturan, termasuk sudut yang tajam atau lengkungan yang kompleks. Mereka dapat mengakomodasi berbagai jenis tanah dan struktur, yang sulit diukur dengan metode manual.

5. Konversi unit

Beberapa aplikasi memiliki fitur konversi unit yang memungkinkan kamu untuk mengubah luas tanah dalam berbagai satuan pengukuran, seperti meter persegi, hektar, kaki persegi, dan lainnya. Hal ini membantu dalam memenuhi persyaratan atau preferensi pengguna yang berbeda.

6. Fungsi tambahan

Beberapa aplikasi juga dapat memberikan fitur tambahan, seperti membuat denah atau menggambar garis batas tanah pada peta. Fitur tambahan ini dapat berguna dalam merencanakan atau berbagi informasi tentang properti tanah.

Kekurangan Menghitung Luas Tanah Tidak Beraturan Pakai Aplikasi

Meskipun menghitung luas tanah tidak beraturan dengan menggunakan aplikasi memiliki banyak kelebihan, ada beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan, antara lain:

1. Ketergantungan pada teknologi

Penggunaan aplikasi untuk mengukur luas tanah memerlukan perangkat elektronik, seperti ponsel atau tablet, serta koneksi internet (tergantung pada aplikasinya). Kekurangan ini berarti kamu perlu memastikan perangkat kamu dalam kondisi baik dan memiliki akses ke internet saat mengukur tanah. Jika perangkat mengalami masalah atau sinyal internet tidak stabil, dapat mempengaruhi akurasi dan ketersediaan pengukuran.

2. Kesalahan pengukuran

Meskipun aplikasi menggunakan teknologi yang canggih, kesalahan pengukuran masih mungkin terjadi. Faktor seperti akurasi GPS, ketidaksempurnaan sensor ponsel, atau kesalahan manusia dalam menandai titik pengukuran dapat mempengaruhi hasil pengukuran. Oleh karena itu, penting untuk tetap berhati-hati dan mengikuti petunjuk aplikasi dengan cermat saat mengukur luas tanah.

3. Keterbatasan dalam pengukuran kompleks

Meskipun banyak aplikasi memiliki kemampuan untuk mengukur tanah dengan bentuk yang tidak beraturan, beberapa tanah yang sangat kompleks atau memiliki struktur yang rumit mungkin sulit untuk diukur secara akurat menggunakan aplikasi. Beberapa sudut tajam atau detail kecil mungkin sulit ditangkap oleh teknologi yang ada, yang dapat mempengaruhi akurasi pengukuran.

4. Keterbatasan fitur pada aplikasi gratis

Banyak aplikasi menghitung luas tanah tidak beraturan tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Versi gratis sering memiliki batasan dalam hal jumlah pengukuran yang dapat kamu lakukan, fungsi tambahan yang tersedia, atau kualitas akurasi yang lebih rendah. Jika kamu membutuhkan fitur tambahan atau akurasi yang lebih tinggi, kamu mungkin perlu mempertimbangkan untuk membeli versi berbayar atau aplikasi premium.

5. Keamanan data

Saat menggunakan aplikasi yang membutuhkan akses ke data pribadi, seperti GPS atau pengolahan gambar, ada risiko keamanan terkait privasi. Pastikan untuk menggunakan aplikasi dari sumber terpercaya dan membaca kebijakan privasi mereka dengan cermat untuk melindungi data pribadi kamu.

Akhir Kata

Itulah beberapa aplikasi menghitung luas tanah tidak beraturan yang bisa kamu gunakan di ponsel android ataupun IOS dengan mudah.

Dengan aplikasi ini, kamu tidak perlu lagi menghitung tanah secara manual. Kamu sudah bisa menghitungnya secara otomatis.

Artikel Menarik Lainnya: