Promo Shopee

Bagaimana Cara Mengubah Izin Aplikasi di OPPO Reno?

Bagaimana Cara Mengubah Izin Aplikasi di OPPO Reno

Setiap ponsel memiliki fitur keamanan masing-masing yang meliputi layar kunci, pola atau fingerprint satu akun untuk satu HP hingga keamanan sistem lainnya seperti izin aplikasi atau app permission.

Tentunya OPPO Reno juga memiliki fitur izin aplikasi dipengaturannya ini bertujuan untuk keamanan aplikasi apa saja yang bisa diizinkan masuk ke HP kamu. Tapi, tidak sedikit orang yan masih belum tahu cara mengubah izin aplikasi OPPO Reno.

Promo hijab murah

Tenang, kamu yang belum tahu, bisa simak artikel ini sampai selesai. Tak hanya itu kamu juga akan mengenal apa itu izin aplikasi, cara mengatur hingga manfaat dari fitur izin aplikasi. Simak ya!

Apa Itu Izin Aplikasi di OPPO Reno?

Baik, sebelum beranjak ke cara mengubah izin aplikasi di OPPO Reno alangkah baiknya kita pahami terlebih dahulu apa itu izin aplikasi di OPPO Reno?

Izin aplikasi atau app permission ini merupakan sebuah fitur keamanan android yang membuat kita bisa membatasi akses aplikasi terhadap sistem.

Fungsi dan manfaatnya tentu agar sistem bisa lebih terjaga, serta meminimalisir resiko eror tiba-tiba yang biasanya terjadi akibat dampak dari terisntalnya suatu aplikasi di HP kita.

Dan fitur izin aplikasi ini umumnya hanya ditemukan di sistem-sistem android keluaran baru saja, tepatnya di Android versi Nougat ke atas pasti memiliki fitur izin aplikasi.

Cara Mengubah Izin Aplikasi di OPPO Reno

Masih banyak orang yang belum mengetahui cara mengubah izin aplikasi di OPPO Reno saya memakluminya karena bagaimana pun juga fitur ini tersembunyi dan perlu beberapa langkah untuk mencarinya.

Untuk itu, di sini saya akan menjelaskan langkah-langkah lengkap mengenai cara mengubah izin aplikasi di OPPO Reno, begini langkah-langkah yang bisa kamu ikuti:

1. Buka Kunci HP

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah membuka kunci dari OPPO Reno yang kamu miliki jika memang ponsel kamu di kunci baik menggunakan pola atau pingerprint.

2. Buka Pengaturan HP

Selanjutnya setelah kamu membuka kunci HP yang kamu miliki kamu selanjutnya bisa buka pengaturan HP atau “Settings” atau setelan. Dengan mudah kamu bisa melihat di stastus bar dan geser ke bawah dan klik ikon pengaturannya.

Atau cara kedua kamu bisa buka langsung di menu pengaturan silahkan kamu cari di deretan menu utama di ponsel OPPO Reno yang kamu miliki.

3. Buka Keamanan

Setelah kamu membuka pengaturan kamu bisa klik “Keamanan” atau “Security” yang ada di menu pengaturan tersebut.

4. Klik Permession

Dan setelah itu kamu bisa klik “Permession” dan ketuk izin untuk mengizinkan di menu permession ini akan muncul “Tab Apps”

5. Pilih Tab Apps

Setelah mengklik “Tab Apps” sekarang kamu dapat memilih aplikasi dan izin yang ingin kamu periksa misalnya facebook atau aplikasi lainnya yang ingin kamu ubah pengaturan aplikasinya.

Di sini juga ada kamu bisa memilih izinkan phone, contact, sms, location info, camera, microphone dan lain sebagainya kamu bisa ubah izin aplikasi untuk apa saja.

6. Selesai

Dan cara mengubah izin aplikasi di OPPO Reno telah selesai dilakukan mudah bukan selamat mencoba.

Cara Mengatur Izin Aplikasi dan Limit Pengguna Aplikasi

Setelah mengunduh aplikasi di android umumnya akan muncul notifikasi berupa aplikasi yang meminta izin untuk mengakses data tertentu dari perangkat. Biasanya aplikasi akan membutuhkan akses kamera, lokasi, sampai kontak pengguna.

OPPO Reno memiliki pengaturan yang memungkinkan pengguna mengatur opsi apa saja yang bisa di akses suatu aplikasi.

Pengguna bisa masuk ke setting> lalu klik permessions> dan pengguna bisa mengatur opsi apa saja yang boleh di akses aplikasi tersebut.

Dan jika aplikasi lama tidak digunakan, perangkat akan secara otomatis menghentikan izin aplikasi secara manual pengguna bisa masuk ke halaman dan klik pause “App Activity If Unused”.

Untuk membatasi waktu kamu bisa mengatur dengan menu “Wellbeing and Parental Control” dan pilih dashboard.

Manfaat Mengaktifkan Fitur Izin Aplikasi

Setelah mengetahui beberapa cara mengubah izin aplikasi di OPPO Reno kamu juga perlu mengetahui apa saja sih manfaat dari mengaktifkan fitur izin aplikasi ini.

Seperti yang telah kita ketahui fitur izin aplikasi ini untuk menjaga keamanan sistem. Namun ternyata tak hanya itu, berikut manfaat lainnya yang belum kamu ketahui. Diantaranya adalah:

  • Sistem aplikasi otomatis bakal jadi lebih aman
  • Selain itu, menghindari sistem yang rusak tiba-tiba
  • Kemudian HP bisa lebih terhindar dari gangguan virus atau malware yang bisa muncul dari aplikasi yang tidak di kenal
  • Lalu bisa membuat performa HP jadi semakin meningkat
  • Dan masih banyak lagi manfaat lainnya yang tentunya sangat menguntungkan sistem HP agar lebih terjaga lagi

Akhir Kata

Nah, itu dia cara mengubah izin aplikasi di OPPO Reno serta manfaat mengaktifkan fitur ini. semoga artikel ini bisa membantu bagi kamu yang belum mengetahui caranya.

Artikel Menarik Lainnya: