Cara Bayar Akulaku Lewat ATM CIMB Niaga Beserta Biayanya

Cara Bayar Akulaku Lewat ATM CIMB Niaga Beserta Biayanya

Cara bayar Akulaku lewat ATM CIMB Niaga ini merupakan salah satu alternatif bagi kamu yang ingin melakukan pembayaran tagihan Akulaku dan ini sangat membantu bagi kamu yang tidak memiliki akses online pembayaran jadi bisa lewat ATM.

Bagi kamu yang tidak mengetahui cara bayar Akulaku lewat ATM CIMB Niaga ini kamu perlu menyimak artikel ini sampai selesai karena tim Mustakim Media akan menjelaskan caranya secara lengkap.

Syarat Bayar Akulaku Lewat ATM CIMB Niaga

Bagi kamu pengguna Akulaku pastinya kamu perlu mengetahui cara bayar Akulaku lewat ATM CIMB Niaga karena siapa tahu kamu memerlukan cara ini di kemudian hari jika pembayaran melalui online tidak bisa dilakukan.

Sebelum beranjak ke cara pembayaran melalui ATM CIMB Niaga ini kamu juga perlu mengetahui beberapa syarat di dalamnya yang perlu kamu  penuhi, diantaranya adalah:

1. Memiliki Aplikasi Akulaku

Jadi, untuk syarat bayar yang pertama kamu perlu memiliki aplikasi Akulaku terlebih dahulu dan kamu memiliki tagihan pembayaran yang belum di lunasi atau belum di bayarkan. Dan aplikasi ini berguna untuk melihat kode pembayaran nantinya.

2. Menjadi Nasabah Bank CIMB Niaga dan Memiliki Kartu ATM

Selain memiliki aplikasi Akulaku kamu juga perlu menjadi nasabah Bank CIMB Niaga dan untuk mendapatkan kartunya dengan memesan secara online atau offline dan buka rekening pun bisa dilakukan secara online dan offline.

3. Memiliki Saldo yang Mencukupi

Selanjutnya kamu perlu menyediakan dana untuk membayar tagihan Akulaku yang kamu miliki dimana saldo tersebut harus mencukupi nominal pembayaran tagihan Akulaku dan jangan sampai kurang.

4. Memiliki Kode Pembayaran

Selanjutnya kamu perlu memiliki kode pembayaran dan kode pembayaran atau kode virtual account ini akan kamu dapatkan ketika kamu memilih metode pembayaran yang ada di aplikasi Akulaku.

5. Memiliki Jaringan Internet yang Stabil

Meskipun menggunakan ATM kamu tidak memerlukan jaringan internet tapi kamu perlu memiliki internet ketika kamu menggunakan aplikasi Akulaku saat melihat nominal tagihan dan membuat kode pembayaran ini harus online.

Cara Bayar Akulaku Lewat ATM CIMB Niaga

Jadi, cara bayar Akulaku lewat ATM CIMB Niaga ini cukup mudah kamu hanya perlu mendapatkan kode VA di aplikasi Akulaku kemudian kamu bisa salin kode tersebut dan memasukkan di ATM CIMB Niaga nanti.

Agar lebih jelasnya kamu bisa simak langkah-langkah berikut secara lengkap untuk caranya, diantaranya adalah:

  • Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah kamu bisa membuka aplikasi Akulaku di smartphone yang kamu miliki
  • Lalu ketika aplikasi sudah terbuka maka kamu bisa pilih menu “Keuangan” di bagian bar bawah di halaman utama aplikasi Akulaku
  • Selanjutnya kamu harus menekan “Tagihanku” di halaman keuangan untuk mengecek tagihan yang belum dibayar
  • Nantinya, akan muncul tagihan Akulaku kamu lalu kamu bisa menekan “Lunasi Sekarang” untuk melanjutkan proses pembayaran tagihan
  • Berikutnya rincian tagihan Akulaku kamu akan ditampilkan dan kamu bisa klik “Bayar Sekarang” untuk melanjutkan prosesnya di bagian bahwa untuk membayar tagihan
  • Dan kamu bisa memilih metode pembayaran Akulaku dan pilihlah CIMB Niaga Virtual Account
  • Kemudian kamu bisa salin kode bayar Akulaku akan ditampilkan, kamu bisa mengklik tombol salin dibagian nomor virtual account CIMB Niaga
  • Selanjutnya kamu bisa kunjungi ATM CIMB Niaga terdekat dengan rumahmu
  • Kemudian setelah itu masukkan kartu ATM
  • Dan masukkan PIN ATM
  • Berikutnya pilih menu “Pembayaran” lalu tekan lanjut
  • Dan kemudian kamu pilih “Virtual Account” sebagai metode pembayaran Akulaku
  • Kamu harus memasukkan kode bayar/nomor VA CIMB Niaga yang tadi sudah didapatan di aplikasi Akulaku
  • Dan klik lanjutkan dengan klik “OK”
  • Kamu bisa cek rincian tagihan dan input nominal pembayaran sesuai jumlah tagihan Akulaku. Jika sudah makan lanjutkan dengan menekan “OK”
  • Dan cara bayar Akulaku lewat ATM CIMB Niaga sesudah berhasil dilakukan
  • Dan jangan lupa ambil struk pembayaran sebagai bukti pembayaran yang sah

Nah, itu dia cara bayar Akulaku lewat ATM CIMB Niaga cukup mudah bukan? namun, perlu kamu pastikan nomor kode virtual account kamu benar maka pembayaran pun akan selesai dan berhasil kamu lakukan.

Biaya Admin cara Bayar Akulaku Lewat ATM CIMB Niaga

Untuk biaya admin menggunakan cara ini kamu akan dikenakan biaya admin sebesar Rp.1000,- untuk setiap kali melakukan transaksi. Dan biaya admin ini cukup terjangkau di bandingkan dengan biaya admin lainnya.

Denda Telat Bayar Cicilan Akulaku

Nah, sebelum kamu tahu cara membayar cicilannya, kamu harus tahu juga bahwa tagihan di Akulaku tetap di bayar tepat waktu sekalipun bayar tagihan Akulaku ini gratis biaya admin.

Sebagai informasi tambahan, pengguna bisa membayar tagihan muncul yakni setiap tanggal 11. Adapun batas paling akhir pembayran tagihan Akulaku adalah setiap tanggal 25 di setiap bulannya.

Nah, jika kamu telat bayar tagihan Akulaku alias melewati batas akhir pembayaran pada tanggal 25 maka kamu akan dikenai biaya denda Akulaku minimal sebesar 2%. Dan akan terus bertambah sesuai dengan lamanya keterlambatan..

Maka dari itu, sebaiknya kamu membayar tagihan ini secara tepat waktu agar kamu tidak kehilangan banyak uang hanya untuk membayar biaya denda keterlambatan membayar. Lebih baik uang tersebut kamu bisa gunakan untuk membayar total tagihannya saja.

Kelebihan Cara Bayar Akulaku Lewat ATM CIMB Niaga

Bagi kamu yang akan menggunakan cara bayar Akulaku lewat ATM CIMB Niaga kamu perlu mengetahui jika menggunakan cara ini kamu akan mendapatkan kelebihan yang mungkin belum kamu ketahui diantaranya adalah:

  • Kelebihan pertama yaitu cara ini merupakan alternatif bagi kamu yang tidak memiliki mobile banking atau akses online lainnya
  • Selanjutnya ATM CIMB Niaga sudah banyak beredar dimana-mana jadi kamu tidak susah mencarinya
  • Selain itu, bukti transaksi akan langsung kamu dapatkan
  • Tidak memerlukan jaringan internet jadi bisa tanpa internet juga lancar
  • Bisa bayar uang cash atau saldo ATM CIMB Niaga yang kamu miliki

Kekurangan Cara Bayar Akulaku Lewat ATM CIMB Niaga

Selain kelebihan tentunya menggunakan cara bayar Akulaku lewat ATM CIMB Niaga ini kamu juga akan mendapatkan kekurangan dan berikut kekurangannya adalah:

  • Kekurangan cara ini kamu perlu mengunjungi ATM CIMB Niaga terdekat dan harus ke luar rumah dan tentunya mengeluarkan tenaga
  • Memerlukan waktu yang lumayan apa lagi jika di ATM CIMB Niaga terdapat antrian
  • Resiko lainnya jika kartu ATM CIMB Niaga hilang karena kelalaian atau pihak yang tidak bertanggungjawab kamu pasti akan kesulitan mencarinya
  • Risiko fraud yang sengaja dilakukan oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab dengan mencuri data nasabah pengguna tersimpan dalam kartu ATM CIMB Niaga
  • Tidak cukup efektif karena lama dan membutuhkan waktu

Nah, itu dia beberapa kelebihan dan juga kekurangan yang perlu kamu ketahui agar menjadi referensi ketika kamu akan menggunakan cara ini sehingga lebih bersiap apa yang perlu kamu persiapkan.

Akhir kata

Demikian penjelasan mengenai cara bayar Akulaku lewat ATM CIMB Niaga mulai dari syarat bayar, cara bayar, biaya admin hingga kelebihan dan kekurangan semoga artikel ini bermanfaat!

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: