Cara Bayar BPJS Lewat Internet Banking BCA dan Biayanya

Cara Bayar BPJS Lewat Internet Banking BCA dan Biayanya

Cara bayar BPJS lewat Internet Banking BCA bisa kamu lakukan jika kamu sudah menjadi nasabah BCA dan telah mengaktifkan layanan Internet Banking BCA. Cara mengaktifkan nya cukup mudah kamu tinggal konsultasi dengan pihak Bank BCA.

Namun jika kamu sudah memiliki layanan Internet Banking BCA dan akan melakukan pembayaran iuran BPJS maka kamu harus mempelajari metode nya di Media Mustakim. Ikuti saja metode nya dengan membaca artikel ini sampai akhir.

Syarat Bayar BPJS Lewat Internet Banking BCA

Banyak sekali metode pembayaran BPJS bisa kamu gunakan termasuk dengan menggunakan Bank BCA dan kamu manfaatkan layanan Bank BCA seperti ATM BCA, Mobile Banking BCA, SMS Banking BCA dan termasuk menggunakan metode bayar BPJS dengan Internet Banking BCA.

Selain itu layanan perbankan sudah bisa digunakan dan sudah bekerjasama dengan pihak BPJS mengenai pembayaran iuran guna mempermudah melakukan pembayaran dimanapun dan kapanpun. Dan juga kamu bisa memanfaatkan layanan pembayaran dengan menggunakan e-wallet.

Namun jika kamu pengguna layanan Bank BCA dan akan membayar iran BPJS melalui metode bayar lewat Internet Banking BCA maka kamu harus mempersiapkan beberapa syarat pembayaran. Dan syarat pembayarannya itu adalah:

  • Sudah mengaktifkan layanan Internet Banking BCA dan telah bisa digunakan sebagai mana mestinya
  • Terdapat saldo yang cukup untuk pembayaran iuran BPJS
  • Mengetahui kode pembayaran BPJS yaitu 88888 dan berlaku untuk semua metode pembayaran iuran
  • Memiliki nomor peserta BPJS yang bisanya terdapat pada kartu BPJS
  • Saat proses pembayaran jaringan internet dalam keadaan normal

Kode Bayar BPJS Lewat BCA

Kode pembayaran iuran BPJS memang dibuat khusus untuk nasabah dan bisa digunakan secara umum dalam metode pembayaran melalui berbagai layanan Bank, dan menggunakan metode pembayaran lainnya, Kode tersebut adalah 88888.

Sementara jika kamu memiliki tunggakan dan akan membayar denda keterlambatan bayar maka kamu bisa gunakan kode pembayarannya yaitu 88881 yang diikuti dengan nomor peserta BPJS yang di miliki oleh masing masing peserta.

Mana jika kamu akan melakukan pembayaran nomor yang di gunakan yaitu nomor virtual account yang tersusun dari nomor BPJS 88888 dan dilanjutkan dengan nomor peserta BPJS, yang akan menjadi rekening pembayaran di metode pembayaran.

Cara Bayar BPJS Lewat BCA

Setelah kamu mengetahui tentang syarat dan kode pembayaran maka langkah selanjutnya kamu tinggal melakukan metode bayar iuran BPJS yang akan dilakukan dengan menggunakan layanan Internet Banking BCA yang sudah aktif.

Adapun langkah – langkah untuk melakukan pembayaran BPJS melalui layanan Internet Banking BCA adalah sebagai berikut ini.

  • Silahkan buka aplikasi Mobil Banking BCA di HP kamu
  • Selanjutnya pilih menu KilkBCA
  • Dan kamu akan di arahkan pada halaman internet Banking BCA
  • Pada Halaman awal silahkan lakukan login dengan menggunakan User ID dan PIN BCA yang terdaftar
  • Langkah selanjutnya silahkan kamu pilih menu Pembayaran
  • Selanjutnya silahkan pilih pembayaran BPJS
  • Lalu kamu akan diminta untuk mengisi kode pembayaran maka silahkan kamu isi dengan kode virtual account pembayaran dengan format 88888 + 11 Nomor Peserta PBJS dan klik Lanjut
  • Jika rekening virtual account di isi dengan benar maka pada halaman selanjutnya akan muncul informasi data diri kamu, tagihan, jumlah tagihan yang harus di bayar, jumlah peserta, dan biaya admin proses pembayaran.
  • Jika data sudah benar maka silahkan masukkan PIN Internet Banking BCA dan pilih APPLI 1 lalu masukan kode respon pada kolom yang sudah tersedia
  • Jika data sudah terisi dengan benar maka kamu tinggal klik Kirim
  • Pembayaran pun telah selesai dilakukan. Kamu tinggal simpan bukti pembayaran jika di butuhkan dengan cara screenshot pada layar atau bisa juga kamu download

Pembayaran BPJS memang tidak perlu memasukkan nominal uang yang harus di bayar karena memang asalkan data di isi dengan benar maka akan dengan otomatis nominal uang akan muncul sesuai dengan jumlah tagihan yang harus di bayar.

Biaya Admin bayar BPJS Lewat Internet Banking BCA

Dalam melakukan transaksi pembayaran memang sudah bisa harus membayar biaya admin transaksi dan biaya admin tersebut mengenai nominal besar dan kecilnya tergantung kebijakan pada layanan itu sendiri bahkan ada yang tanpa biaya admin untuk proses pembayaran.

Sama halnya jika kamu melakukan pembayaran BPJS dengan layanan Internet Banking BCA akan dikenakan biaya admin. Dan biaya admin yang harus kamu bayar dalam satu kali transaksi yaitu sebesar Rp. 2.500,- per transaksi pembayaran iuran BPJS.

Maka untuk kamu yang memilih melakukan pembayaran dengan layanan BPJS jangan khawatir mengenai biaya administrasi pembayaran karena biaya nya relatif sangat murah. Dan memang rekomendasi menggunakan pembayaran dengan layanan BCA.

Keuntungan Menjadi Peserta BPJS

Bukan tanpa alasan pemerintah mengadakan program BPJS kesehatan bagi masyarakat. Salah satu alasan kenapa pemerintah mengadakan program seperti ini yaitu untuk mengurangi beban masyarakat saat terkena musibah dan harus bayar biaya kesehatan yang begitu mahal.

Untuk itu pemerintah menyarankan agar menabung dan menjadi peserta BPJS. Dan ini sudah di cadangkan dan menjadi program pemerintah yang sesuai dengan Undang – undang Nomor 40 Tahun 2004.

Dan manfaat yang bisa dirasakan menjadi Anggota BPJS kesehatan adalah sebagai berikut ini.

  1. Mendapatkan penyuluhan kesehatan mengenai bagaimana perilaku hidup sehat maupun pengelolaan lingkungan hidup sehat
  2. Tiap anak peserta BPJS akan memperoleh hak untuk mendapatkan imunisasi dasar yang meliputi BCG, DPT-HB, Campak, dan Polio
  3. Memperoleh pelayanan KB seperti kontrasepsi, konseling kandungan, hingga tubektomi dan vasektomi
  4. Mendapatkan pemeriksaan untuk gagal ginjal, kanker, hingga bedah jantung
  5. Skrining kesehatan menurut risiko penyakit dan dampak lanjutannya

Dan tentunya yang menentukan mendapatkan layanan full dari BPJS yaitu mengenai kelas yang di pilih masyarakat. Karena pada umumnya masyarakat mendapat layanan kesehatan tingkat pertama baik berupa rawat inap intensif maupun non – intensif.

Jumlah Iuran BPJS Kesehatan

Jumlah iuran BPJS memang berbeda beda dan besar kecilnya iuran yang harus dibayar tergantung pada pilihan kelas yang kamu pilih. Mulai dari kelas dengan harga terkecil hingga harga yang cukup besar. Dan pelayanan yang akan di dapat pun tentunya akan sedikit berbeda.

Terdapat tiga pilihan untuk kelas di BPJS dan pilihan itu di antaranya:

  • Untuk Peserta BPJS yang memilih kelas 1 maka iuran per bulan yang harus di bayar nya sebesar Rp. 150.000,- per orang
  • Untuk Peserta BPJS yang memilih kelas 2 maka iuran per bulan yang harus di bayar nya sebesar Rp. 100.000,- per orang
  • Dan terakhir untuk Peserta BPJS yang memilih kelas 3 maka iuran per bulan yang harus di bayar nya sebesar Rp. 35.000,- per orang

Akhir Kata

Dan itulah informasi yang bisa kami sampaikan di Media Mustakim yang membahas mengenai cara Bayar BPJS dengan menggunakan layanan Internet Banking BCA dan juga dengan pembahasan lainnya yang mendukung pada metode pembayaran.

Semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat untuk kamu semua dan akhir kata saya ucapkan terimakasih.

Artikel Menarik Lainnya: