Cara Bayar BPJS Lewat Internet Banking BNI dan Kodenya

Cara Bayar BPJS Lewat Internet Banking BNI dan Kodenya

Halo semuanya kali ini tim media Mustakim akan memberikan tips bagaimana cara bayar BPJS lewat Internet Banking BNI. Karena memang salah satu metode/ cara bayar BPJS bisa dilakukan melalui layanan BNI dan salah satunya dengan menggunakan layanan Internet Banking BNI.

Maka untuk kamu yang penasaran atau baru bergabung menjadi Nasabah Bank BNI dan ingin mengetahui bagaimana cara bayar iuran BPJS lewat BNI Internet Banking, kamu bisa simak pembahasan nya di bawah ini sampai tuntas.

Kode Bayar BPJS Lewat BNI

Perlu kamu ketahui mengenai pembayaran BPJS pihak BPJS memberikan kode pembayaran khusus bagi peserta BPJS dan kode ini bisa digunakan untuk mengecek pembayaran dan juga digunakan untuk proses pembayaran iuran BPJS.

Kode BPJS yang harus kamu gunakan yaitu 88888 dan ini berlaku untuk berbagai layanan yang di jadikan sebagai media pembayaran seperti menggunakan layanan Bank, e-wallet dan lainnya. termasuk digunakan pembayaran menggunakan layanan Bank BNI.

Namun bukan hanya sampai pada kode pembayaran kamu juga haru mengetahui nomor peserta BPJS karena kode pembayaran tersusun dari Kode BPJS 88888 + Nomor Peserta BPJS dan menjadi nomor rekening virtual account berjenis fixed atau digunakan secara berulang.

Syarat bayar BPJS Lewat Internet Banking BNI

Cara bayar BPJS memang bukan hanya bisa dilakukan lewat layanan Bank BNI saja, namun masih banyak bank yang telah bekerjasama untuk melakukan proses pembayaran dan selain dengan layanan bank bisa juga kamu gunakan dompet digital, pusat perbelanjaan dan lainnya.

Tapi jika kamu kebetulan memilih pembayaran dengan menggunakan layanan Bank BNI dan akan melakukan proses pembayaran BPJS lewat Internet banking BNI, maka perlu kamu persiapkan beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi. Dan persyaratan itu di antaranya:

  • Sudah mengaktifkan layanan internet Banking BNI, dan bisa digunakan sebagai mana mestinya
  • Terdapat saldo di Bank BNI yang akan digunakan untuk pembayaran iuran BPJS
  • Mempersiapkan kode Virtual Account pembayaran yaitu Kode BPJS 88888 dan juga 11 nomor peserta BPJS yang biasanya terdapat di kartu peserta BPJS
  • Saat melakukan proses pembayaran jaringan internet dalam keadaan stabil agar dalam proses pembayaran tidak gagal karena jaringan

Cara bayar BPJS Lewat Internet Banking BNI

Sesudah kamu menyiapkan beberapa persyaratan untuk melakukan pembayaran dengan menggunakan layanan Bank BNI untuk pembayaran iuran BPJS dengan metode bayar lewat Internet Banking BNI. Maka selanjutnya kamu tinggal lakukan proses pembayarannya.

Dan untuk kamu yang akan lakukan metode pembayaran dengan menggunakan layanan Internet Banking BNI, Kamu bisa ikuti langkah – langkah nya di bawah ini.

  • Pertama silahkan kamu masuk browser baik google atau pun google chrome di HP/ Laptop kamu
  • Selanjutnya silahkan kunjungi halaman http://bni.co.id
  • Selanjutnya silahkan login dengan menggunakan User ID dan Password lalu masukkan kode yang muncul di bawah kolom password. Selanjutnya pilih Bahasa dan klik Login
  • Selanjutnya pilih menu Transaksi
  • Selanjutnya pilih menu Pembayaran Dan Pembelian
  • Selanjutnya kamu akan di arahkan pada kolom pencarian di menu pembayaran. Dan silahkan klik pilih dan temukan BPJS Kesehatan dan selanjutnya klik OK
  • Selanjutnya kamu akan dipinta mengisi data. yaitu mengisi nomor virtual account maka masukkan kode BPJS 88888 dilanjutkan dengan nomor peserta BPJS. Lalu pilih jumlah bulan pembayaran dan juga pilih rekening yang akan di gunakan untuk pembayaran lalu klik Lanjutkan
  • Selanjutnya akan muncul halaman konfirmasi pembayaran. Dan jika data yang muncul sudah benar maka kamu tinggal masukkan kode Token BNI klik menu Bayar
  • Dan proses pembayaran BPJS pun berhasil
  • Silahkan kamu simpan bukti pembayarannya dengan cara screenshot atau klik menu exel yang ada di bagian kanan bawah jika kamu membuka halaman di Komputer/ laptop

Hal yang paling penting untuk metode pembayaran yaitu terdapat saldo yang cukup, sudah mempersiapkan kode pembayaran dan juga nomor peserta BPJS, dan juga jaringan internet yang bagus. Maka jika semuanya siap kamu tinggal mengikuti langkah – langkah diatas.

Biaya Admin bayar BPJS Lewat Internet Banking BNI

Seriap transaksi pembayaran tentunya kamu memerlukan biaya transaksi pembayaran dan besarnya biaya transaksi tergantung pada kebijakan layanan yang digunakan. Begitu juga jika kamu melakukan pembayaran dengan menggunakan layanan BNI.

Namun salah satu keunggulan membayar BPJS kesehatan lewat Internet Banking BNI yaitu kamu tidak harus membayar biaya transaksi atau biaya admin karena biaya admin nya Rp 0,- dalam satu kali transaksi pembayaran.

Selain itu metode pembayaran dengan internet Banking BNI sangat mudah dan bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun asalkan tidak melebihi batas jatuh tempo pembayaran iuran BPJS baik untuk BPJS kesehatan atau BPJS ketenagakerjaan.

Apakah Bisa Digunakan Layanan BPJS Saat Status pembayaran Terlambat?

Penting sekali kamu ketahui mengenai ketentuan yang berlaku dari BPJS bagi peserta yang telat membayar iuran BPJS karena berikut ini beberapa ketentuan jika peserta BPJS telat dalam pembayaran iurannya.

  • Jika peserta terlambat dalam 1 minggu maka status kepesertaan BPJS akan di Non aktifkan dan tidak harus membayar denda keterlambatan
  • Jika peserta telat pembayaran dalam 1 tahun 2 tahun maka status kepesertaan akan di nonaktifkan dan akan dikenakan denda sebesar 5% x diagnosis awal x jumlah bulan tertunggak (Maksimal 12 Bulan) dan ini dihitung saat peserta membayar iuran dan akan menggunakan BPJS untuk bayar perawatan setelah 45 terhitung dari pembayaran yang dilakukan
  • Dan jika pembayaran telat lebih dari 2 tahun pun aturan yang berlaku sama saja dengan terlambat dalam 2 tahun

Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan

Agar pembayaran tidak terlambat atau kamu lupa apakah bulan ini kamu telah melakukan pembayaran atau belum maka tentunya kamu harus melakukan pengecekan mengenai status pembayaran, dan ada beberapa metode untuk melakukan pengecekan status pembayaran.

Dan berikut ini bisa kamu lakukan pengecekan pembayaran:

  • Kamu bisa cek tagihan BPJS kamu lewat SMS dengan membuat format TAGIHAN (spasi) Nomor Kartu BPJS dan krim SMS ke 0877-7550-0400
  • Kamu juga bisa cek tagihan BPJS lewat Aplikasi Mobile Banking JKN . Dan Kamu tinggal download saja aplikasinya lewat Play story atau APP Story.
  • Kamu juga bisa tanyakan tagihan BPJS lewat WhatsAPP di nomor 0811 8750 400

Untuk melakukan pengecekan tagihan BPJS kamu hanya mempersiapkan nomor peserta BPJS agar tim cek bisa dengan langsung memproses apa yang kamu maksud. Tapi selain dengan nomor peserta BPJS kamu juga bisa lakukan pengecekan dengan menggunakan NIK.

Akhir Kata

Dan informasi yang Media Mustakim sampaikan mengenai cara bayar BPJS lewat internet Banking BNI dengan penjelasan – penjelasan yang relevan dan mendukung terhadap metode pembayaran bisa kamu pelajari di artikel ini.

Semoga apa yang telah kamu sampaikan bermanfaat untuk kamu semua, dan bisa di realisasi kan saat ada cara yang percis dan mencari informasi.

Akhir kata saya ucapkan terimakasih.

Artikel Menarik Lainnya: