Cara Bayar Tiket Kereta Lewat OVO Beserta Biayanya

Cara Bayar Tiket Kereta Lewat OVO Beserta Biayanya

Cara bayar tiket kereta sekarang sudah tidak perlu ribet ngantri di loket pemesanan tiket. Kamu cukup memesan lewat aplikasi KAI Acces atau websitenya dan membayar melalui aplikasi dompet digital salah satunya OVO.

Bagi kamu yang belum mengetahui cara bayar tiket kereta lewat OVO sebaiknya kamu bisa artikel ini sampai selesai tim Mustakim Media akan menjelaskan secara lengkap mulai dari syarat bayar, cara bayar, biaya admin hingga kelebihan dan kekurangan.

Syarat Bayar Tiket Kereta Lewat OVO

Ada banyak cara metode bayar tiket kereta seperti melalui ATM, mobile banking, minimarket, BRILink, e-commerce hingga dompet digital. Nah, sebelum ke pembahasan utama kita mengenai cara bayar tiket kereta lewat OVO.

Kamu perlu pahami terlebih dahulu beberapa syarat yang perlu kamu penuhi agar transaksi dapat berjalan dengan lancar. Dan berikut syarat yang perlu kamu penuhi, diantaranya adalah:

1. Memesan Tiket Online

Bagi kamu yang ingin menggunakan cara bayar ini kamu perlu memesan tiket dulu secara online melalui aplikasi KAI Access atau websitenya dan memilih jadwal keberangkatan serta tempat duduk.

2. Memiliki Kode Pembayaran

Sebelum melakukan cara bayar tiket kereta lewat OVO kamu juga perlu memiliki kode pembayaran atau kode booking dan kode tersebut akan kamu masukkan ke aplikasi pembayaran nantinya.

3. Memiliki Aplikasi OVO Beserta Saldo

Selanjutnya kamu perlu mendownload aplikasi OVO dan jangan lupa untuk mengisi saldo OVO yang kamu miliki agar bisa melakukan pembayaran tiket kereta api nantinya.

4. Membayar Biaya Admin

Selain membayar nominal pembayaran tiket kereta kamu juga perlu memiliki saldo untuk membayar biaya admin dan nantinya jangan sampai kurang karena jika kurang transaksi kamu akan gagal.

5. Memiliki Jaringan Internet Stabil

Dan syarat yang terakhir yang perlu kamu penuhi adalah kamu perlu memiliki jaringan internet yang cukup stabil karena cara ini menggunakan cara online jadi perlu pastikan jaringan internet sedang bagus.

Cara Bayar Tiket Kereta Lewat OVO

Sebetulnya cara ini cukup mudah kamu tidak perlu keluar rumah untuk melakukan pemesanan melalui aplikasi KAI Access dan mudahnya lagi sekarang bagi kamu pengguna OVO bisa langsung membayar tiket tersebut secara mudah.

Nah, bagi kamu yang belum memahami caranya seperti apa kamu bisa simak langkah-langkah berikut di bawah ini untuk cara lengkapnya, diantaranya adalah:

  • Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah buka terlebih dahulu aplikasi KAI Access yang kamu miliki
  • Selanjutnya kamu bisa melakukan pemesanan dan memilih jadwal keberangkatan dengan mengisi data diri dan lain sebagainya
  • Setelah yakin telah mengisi semuanya kamu bisa klik “Metode Pembayaran Saya”  
  • Dan tambahkan metode pembayaran dan kamu tambahkan dan pilih “OVO”
  • Selanjutnya masukkan kode OTP yang dikirim ke nomor HP yang terdaftar OVO dan kamu bisa masukkan PIN OVO yang kamu miliki
  • Dan e-wallet OVO milikmu telah berhasil di daftarkan sebagai metode pembayaran tiket
  • Dan apabila sudah tersimpan pada saat pembayaran kamu bisa pilih OVO
  • Otomatis saldo OVO kamu akan terpotong untuk pembayaran tiket KAI Acces tinggal masukkan PIN OVO untuk transaksi pembayaran dan klik “Bayar”
  • Dan pembayaran pun telah selesai di lakukan jangan lupa untuk rekam layar bukti pembayaran tersebut

Biaya Admin Bayar Tiket Kereta Lewat OVO

Nah, berbicara mengenai biaya admin pastinya kamu bertanya-tanya apakah cara bayar tiket kereta lewat OVO ini menggunakan biaya admin? Dan jawabannya adalah ya.

Jadi, jika kamu ini menggunakan cara ini kamu akan dikenakan biaya admin yaitu sekitar Rp.2.500,- untuk setiap kali melakukan transaksi. Dan biaya admin ini cukuplah murah dibandingkan dengan biaya admin lainnya.

Sebelum melakukan pembayaran tiket kereta lewat OVO pastikan juga kamu ada saldo untuk membayar biaya admin tersebut agar transaksi berhasil dilakukan.

Batas Pembayaran Kode Booking Tiket Kereta Online

Bagi kamu yang memilih memesan tiket secara online maka kamu perlu ketahui bahwa pemesanan tiket ini memiliki batas pembayaran dan untuk pembayaran booking KAI Access yang sebelum 7 hari keberangkatan.

Yaitu batas pembayarannya kode booking adalah sekitar 60 menit. Jika 60 menit itu telah berlalu dan kamu belum melakukan pembayaran maka kamu pemesanan kamu akan dibatalkan oleh sistem.

Sedangkan bagi kamu yang melakukan pemesanan 3 sampai 1 jam sebelum keberangkatan maka kamu akan diberi waktu untuk menyelesaikan pembayaran sekitar 15 menit untuk segera melakukan pembayaran.

Jika tidak atau terlambat membayar maka pemesanan tiket kereta api online kamu akan dibatalkan dan kamu perlu melakukan pemesanan secara online lagi.

Kelebihan Cara Bayar Tiket Kereta Lewat OVO

Bagi kamu yang ingin melakukan cara bayar tiket kereta lewat OVO tentunya kamu akan mengetahui apa saja kelebihan yang kamu dapatkan ketika menggunakan cara ini, diantaranya adalah:

  • Menggunakan cara ini mudah dan juga praktis kamu tidak perlu keluar rumah untuk melakukan pembayaran
  • Sangat membantu bagi kamu yang jauh dari ATM dan tidak memiliki rekening atau mobile banking
  • Cepat hanya membutuhkan waktu hitungan detik saja maka transaksi dapat dilakukan dengan mudah
  • Biaya admin yang cukup terjangkau menurut saya pribadi ini sangat mudah dibandingkan dengan biaya admin lainnnya
  • Tidak perlu mengantri dan membuat kaki pegal menunggu

Kekurangan cara Bayar Tiket Kereta Lewat OVO

Selain kelebihan cara bayar tiket kereta lewat OVO ini juga memiliki kekurangan dan berikut tim Mustakim Media telah mengumpulkan beberapa kekurangan dari cara ini, diantaranya adalah:

  • Menggunakan cara ini kamu perlu menyediakan jaringan internet yang cukup stabil karena banyak transaksi yang gagal karena jaringan internet jelek jadi perlu dipastikan jaringan internet dalam keadaan stabil atau baik
  • Selanjutnya kamu juga perlu memiliki smartphone yang mendukung untuk melakukan download aplikasi KAI Access dan juga aplikasi OVO jika HP biasa-biasa saja biasanya tidak support
  • Harus membayar biaya admin memang tidak seberapa tapi ini harus dibayar dan jika kurang maka transaksi yang kamu lakukan tidak bisa dilakukan
  • Rentan terkena penipuan jadi perlu hati-hati jika menggunakan cara online banyak oknum tidak bertanggung jawab yang meretas sistem keamanan kita hingga saldo raip tergondol hacker

Cara Lain Bayar Tiket Kereta online

Selain menggunakan e-wallet OVO kamu juga bisa menggunakan e-wallet lainnya dan ini cukup lengkap loh. Kamu bisa menggunakn Dana, selain itu kamu juga bisa menggunkan LinkAja.

Tidak hanya aplikasi e-wallet kamu juga bisa memanfaatkan e-commerce loh bagi kamu yang tidak memiliki rekening bank. E-commerce yang bisa kamu gunakan yaitu Shopee, Tokopedia, Blibli, Lazada dan masih banyak lagi yang lainnya.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai cara bayar tiket kereta lewat OVO mulai dari syarat bayar, cara bayar, biaya admin hingga kelebihan dan juga kekurangan yang bisa kamu lakukan semoga apa yang Mustakim Media bagikan ini dapat bermanfaat terimakasih!

Artikel Menarik Lainnya: